Berita
Dapatkan informasi terbaru untuk pengembangan aplikasi Anda.

Di dunia yang bergerak cepat menuju era digital, di mana informasi harus mengalir tanpa hambatan, Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah membuktikan dirinya sebagai kekuatan utama yang tidak hanya mengikuti tren tetapi juga menciptakannya. BRIAPI Developer Portal telah menerima penghargaan bergengsi ‘Best API Initiative’ pada Global Retail Banking Innovation Awards 2024, menegaskan posisi BRI sebagai pemain utama dalam inovasi keuangan global.
Baca Lebih LanjutBRIAPI API Certification yang kami kembangkan memudahkan otomasi tahap pengujian SIT tersebut. Kami menyediakan pengujian runner melalui test case yang telah disiapkan, sehingga para developers hanya perlu memasukkan request API sesuai dengan test case tersebut dan menjalankan hit API endpoint untuk proses pengujian SIT sesuai dengan produk yang dipilih. Jika request API yang dikirimkan oleh partner sesuai dengan expected result yang telah kami tetapkan, maka test case tersebut dinyatakan berhasil. Jika semua test case telah berhasil dijalankan, dan semua request API tersebut telah berstatus passed, maka proses pengujian SIT yang dilakukan oleh partner dianggap selesai. Partner kemudian dapat mengunduh dokumen sertifikat online sebagai bukti keabsahan pengujian yang telah dilakukan tersebut.
Baca Lebih LanjutBRIAPI DevStudio adalah sebuah platform berbasis Integrated Development Environment (IDE) yang memudahkan developers mengintegrasikan bisnisnya dengan layanan BRIAPI. Platform ini diharapkan dapat membantu partner BRIAPI dalam mengatasi lack of knowledge saat proses awal integrasi, seperti kesulitan implementasi teknis, kesulitan memahami spesifikasi teknis atau alur layanan API, dan lain-lain. Dalam mengatasi masalah tersebut, tentunya dapat membantu partner BRIAPI dalam mempercepat peluncuran produk atau layanan yang dikembangkan.
Baca Lebih LanjutPenghargaan BRIAPI Awards 2022 ini merupakan salah satu bentuk manifestasi dari komitmen BRI dalam memberikan layanan perbankan digital yang prima dan optimal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Hal ini juga dimaksudkan untuk turut berkontribusi dalam terciptanya perluasan implementasi layanan inklusi ekonomi di seluruh bidang keuangan Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan nantinya layanan BRIAPI dapat turut memajukan perekonomian Indonesia melalui ekosistem digital yang efisien, aman, dan andal.
Baca Lebih LanjutMelalui kompetisi Hackathon ini, BRI ingin mengajak para pegiat teknologi di Indonesia untuk berkontribusi secara inline dalam mendorong digitalisasi ekonomi bersama UMKM. Hal ini juga sejalan dengan tema yang diambil dalam kompetisi ini, yaitu Supporting Indonesia Digital Economy based on Small Medium Enterprises (SME) untuk Indonesia BRilian. BRI berharap kegiatan ini dapat memunculkan aplikasi-aplikasi yang menjawab permasalahan para pelaku UMKM, dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat umum yang ada di Indonesia.
Baca Lebih LanjutMeskipun BRIVA telah menjadi salah satu produk yang memiliki profitabilitas tinggi bagi bank BRI, namun BRIAPI terus berusaha meningkatkan optimalisasi pada layanan tersebut, salah satunya dengan menghadirkan sosialisasi terkait pengajuan BRIVA sesuai ketentuan SNAP untuk meningkatkan pemahaman pekerja BRI dalam proses onboarding pengajuannya. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang prima dan optimal bagi bagi seluruh mitra BRIAPI dan seluruh nasabah BRI di seluruh Indonesia
Baca Lebih LanjutPenggunaan SNAP memiliki potensi yang baik untuk menjaga ekosistem pembayaran di Indonesia. Implementasi SNAP tidak hanya bermanfaat bagi pelaku usaha saja, tetapi juga dapat bermanfaat bagi nasabah. Selain itu, implementasi penggunaan dari SNAP juga beragam, mulai dari penyedia jasa pembayaran (PJP), perbankan, non-PJP, merchant yang meliputi UMKM hingga nasabah individual. Dengan adanya standardisasi ini, pemerintah dapat melakukan pengawasan secara kontinu dalam mekanisme pembayaran di Indonesia untuk melindungi konsumen, nasabah, dan para penyelenggara dari kemungkinan cybercrime dan fraud.
Baca Lebih LanjutBRI menyadari bahwa dalam mendukung perkembangan layanan SNAP BI di Indonesia, tidak hanya dilakukan dengan mengoptimalkan teknologi yang digunakan. Oleh karena itu, BRI juga melakukan optimalisasi terhadap sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan sosialisasi SNAP BI kepada para pegawai di lingkungan kantor wilayah kerjanya, khususnya kepada pegawai yang bersinggungan langsung dengan implementasi layanan SNAP BI pada level operasional.
Baca Lebih LanjutBRIAPI menjawab tantangan perkembangan teknologi digital pada perbankan dengan kemudahan dalam bertransaksi, proses yang aman dan cepat, juga patuh pada sistem regulasi pemerintah yang terjamin aman.
Baca Lebih LanjutSetiap negara memiliki sistem pembayarannya masing-masing, termasuk di Indonesia. Sistem pembayaran menjadi hal penting dalam kegiatan transaksi. Jika tidak ada transaksi, maka proses jual beli tidak akan berjalan. Lantas, apa pengertian sistem pembayaran?
Baca Lebih LanjutPeran Lembaga Keuangan Mikro (LKM) terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki dampak yang cukup signifikan. LKM berperan sebagai jembatan yang menjadi akses pendanaan, pengelolaan, hingga fasilitas konsultasi bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah.
Baca Lebih LanjutPerkembangan teknologi digital saat ini semakin masif, salah satunya adalah di bidang perbankan. Perbankan digital terus berevolusi dan melahirkan berbagai inovasi guna menjawab kebutuhan dan memenuhi gaya hidup masyarakat yang kini telah bertransformasi ke dalam bentuk digital.
Baca Lebih LanjutSaat ini sudah banyak mitra-mitra perusahaan yang bekerjasama dengan BRIAPI. BRIAPI memberikan kemudahan dengan menawarkan alat pembayaran digital. Dengan begitu, dapat terlihat bahwa memang BRIAPI turut berperan serta dalam evolusi sistem pembayaran di Indonesia.
Baca Lebih LanjutPerkembangan perbankan di era digital semakin pesat. Bagi perusahaan, universitas, pemerintah, atau pihak ketiga sejenis, layanan BRIAPI dapat menjadi pilihan utama agar bisnis dapat terdigitalisasi dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi.
Baca Lebih LanjutTingkatkan produktivitas peran lembaga keuangan mikro (LKM) di Indonesia dalam membantu UMKM dengan transformasi digital. Inilah produk BRIAPI yang memudahkan proses go digital bagi LKM.
Baca Lebih LanjutSNAP merupakan pedoman tata kelola sebagai standar sistem pembayaran digital. Kegunaan SNAP tidak hanya sebagai standarisasi bahasa, tetapi juga berguna sebagai pengawasan dan peningkatan layanan keuangan.
Baca Lebih LanjutSNAP Bank Indonesia tercipta untuk menyeragamkan bahasa, tata kelola, protokol keamanan, dan data pembayaran. Tujuannya adalah membentuk ekosistem pembayaran digital yang andal, kompetitif, dan melindungi data konsumen.
Baca Lebih LanjutPelaksanaan open banking menggunakan sistem API. Dengan adanya manfaat API, perusahaan yang melakukan kerjasama dengan bank bisa mendapatkan akses ke data konsumen untuk penggunaan pelayanannya dan memberi beragam manfaat untuk industri.
Baca Lebih LanjutInovasi semakin masif berkat berbagai integrasi melalui open banking. Namun di sisi lain, terjadi peningkatan pertukaran dan pemrosesan data nasabah. Bagaimana BRI menerapkan manajemen risiko perbankan dalam layanan BRIAPI?
Baca Lebih LanjutPada dasarnya, open banking
Baca Lebih LanjutPada dasarnya, disrupsi teknologi digital pada perbankan merupakan salah satu dampak dari Revolusi Industri 4.0. Maka dari itu, teknologi digital ini penting untuk layanan perbankan agar bisa dengan cepat memenuhi harapan masyarakat Indonesia. Salah satu di antaranya adalah dengan menggunakan layanan BRIAPI dari Bank BRI.
Baca Lebih LanjutEra disrupsi adalah masa di mana terjadi banyak perubahan yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk perbankan. Inilah cara BRI bersaing di era ini, dengan BRIAPI.
Baca Lebih LanjutDisrupsi teknologi adalah transformasi mendasar secara menyeluruh yang berkaitan dengan sistem perkembangan teknologi digital. Contohnya peran manusia mulai tergantikan oleh robot yang membawa kebaikan, yaitu memudahkan pekerjaan. Namun, disrupsi teknologi juga mempunyai pengaruh buruk bagi bisnis.
Baca Lebih LanjutBRIAPI merupakan sebuah pemrograman sistem pembayaran untuk e-commerce dengan API milik Bank BRI. Sistem ini memungkinkan proses integrasi antara sistem bank BRI dengan berbagai aplikasi pihak ketiga. Hingga tahun 2022, BRIAPI sudah bekerja sama dengan lebih dari 700 mitra, baik instansi pemerintahan, institusi pendidikan, hingga marketplace dan perusahaan fintech. Kehadiran teknologi ini akan mempermudah Anda untuk menggunakan fitur pembayaran dengan layanan BRI.
Baca Lebih LanjutE-commerce adalah teknologi canggih yang kita dengar saat ini. Pertumbuhan e-commerce di Indonesia meningkat tajam setelah pandemi. Pada awal tahun 2020, transaksi bisnis online meningkat sekitar 33% dan diproyeksikan akan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini terjadi lantaran ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh e-commerce.
Baca Lebih LanjutDengan maraknya aplikasi transaksi digital di Indonesia, BRI melalui pengembangan BRIAPI berupaya untuk mendukung penggunaan payment gateway yang semakin masif di Indonesia.
Baca Lebih LanjutSolusi perbankan digital seperti payment gateway telah dikembangkan selama satu dekade terakhir untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat akan transaksi online yang aman bagi semua pihak.
Baca Lebih LanjutAkhir-akhir ini, financial technology atau FinTech sedang booming. Semakin tingginya kebutuhan pendanaan menjadi salah satu alasan industri FinTech berkembang pesat. Sejalan dengan visi inklusi keuangan tersebut, BRI turut mendukung perkembangan FinTech di Indonesia melalui BRIAPI, teknologi open banking dari BRI. Dengan mengintegrasikan BRIAPI, perusahaan FinTech dapat memiliki akses menuju layanan perbankan digital BRI
Baca Lebih LanjutMasa depan open banking di Indonesia diperkirakan akan semakin cerah. Ini karena open banking mengubah cara bertransaksi sekaligus membantu tata kelola keuangan bisnis. Sebagai penggerak open banking, BRIAPI mampu menyediakan akses ke layanan perbankan yang lebih nyaman, cepat, mudah, dan aman bagi bisnis dan nasabah.
Baca Lebih LanjutKebutuhan masyarakat yang terus meningkat membuat mereka semakin memanfaatkan transaksi elektronik. Inilah yang dinamakan dengan cashless society, sebuah fenomena ekonomi di mana masyarakat menggunakan alat pembayaran non-tunai untuk setiap transaksi finansial.
Baca Lebih LanjutPercepatan transformasi digital menjadi kunci untuk beradaptasi terhadap kebutuhan zaman. Sebagai bank terdepan, BRI juga terus mendorong transformasi digital. Hasilnya, nasabah BRI kini bertransformasi ke arah digital dengan pesat. Simak bagaimana BRI mendorong penerapannya melalui BRIAPI.
Baca Lebih LanjutSandbox berfungsi sebagai ekosistem virtual untuk melangsungkan berbagai uji coba terkait pengembangan produk hingga pengujian keamanan siber. Uji coba di dalam sandbox dapat menggaransi produk dari berbagai risiko keamanan. Sehingga, sandbox turut menjaga inovasi teknologi finansial di bisnis sistem pembayaran digital.
Baca Lebih LanjutInisiatif open banking bertujuan untuk mendorong transformasi digital di perbankan dan menjamin bank sebagai lembaga utama dalam ekonomi keuangan digital. Sebagai turunan dari inisiatif tersebut, BI turut merumuskan Framework Open API Indonesia. Framework ini merupakan kerangka program yang digunakan untuk membantu pengembangan open banking di Indonesia secara terstruktur dan sistematis untuk mencapai agar upaya interlink bank dengan fintech dapat terjamin.
Baca Lebih LanjutDewasa ini, Virtual Account menjadi salah satu metode pembayaran digital yang kerap dimanfaatkan masyarakat. Dengan memahaminya, Anda bisa mempertimbangkan Virtual Account untuk melengkapi metode pembayaran.
Baca Lebih LanjutBerkat pembayaran digital, pengguna dapat bertransaksi tanpa perlu lagi mendatangi teller bank sambil membawa uang tunai. Kemudahan dan keamanan metode ini nyatanya menjadi faktor kunci sistem pembayaran digital semakin dilirik oleh masyarakat.
Baca Lebih LanjutUMKM mengalami dampak yang cukup parah akibat pandemi Covid-19. Alhasil, digitalisasi UMKM dilakukan untuk mempertahankan bisnis. Bahkan, 8 dari 10 pebisnis UMKM mengatakan bahwa penggunaan platform digital telah membantu mereka menjalankan usahanya di masa-masa sulit.
Baca Lebih LanjutSaat ini, e-commerce dan semua bisnis sudah go digital. Riset kolaboratif menunjukkan, 8 dari 10 merchant memperkirakan bahwa dalam 5 tahun ke depan, lebih dari 50 persen pendapatan bisnis digital akan berasal dari sumber online. Namun, nyatanya bisnis digital bukan sekadar ‘jualan online’. Lebih dari itu, bisnis digital mengutamakan penggunaan teknologi agar perusahaan dapat menawarkan keunggulan dibanding kompetitornya.
Baca Lebih LanjutOpen banking di 2022 diprediksi akan semakin menjanjikan. Ini karena open banking menjadi wujud nyata digitalisasi perbankan untuk menghadapi berbagai tantangan yang menunggu di masa depan. Salah satu penyebabnya adalah karena sebagai salah satu pilar digitalisasi perbankan, open banking memungkinkan bank membuka data dan informasi keuangan nasabahnya kepada pihak ketiga.
Baca Lebih LanjutSistem pembayaran terus berevolusi dari waktu ke waktu, diikuti dengan evolusi alat pembayaran. Alat pembayaran yang dahulu berupa tunai (cash-based) berevolusi ke alat pembayaran non-tunai berbasis kertas (paper-based) dan berbasis kartu (card-based). Perubahan sistem serta alat pembayaran menuntut semua pemain di sektor ekonomi dan bisnis untuk turut berevolusi dan lebih fleksibel dalam menyediakan opsi pembayaran, tidak terkecuali bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).
Baca Lebih LanjutTeknologi yang terus berkembang harus dimanfaatkan dengan baik untuk keperluan usaha. Pemanfaatan teknologi ini dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja bisnis Anda. Terutama di era digital ini, penting bagi suatu bisnis untuk tetap up to date dengan perkembangan teknologi. Berbagai produk teknologi yang ada kini hadir dan menjawab segala kesulitan Anda dalam berbisnis untuk mencapai target yang dituju. API adalah Application Programming Interface yang memiliki fungsi untuk menghubungkan aplikasi satu dengan yang lain. API mampu mengintegrasikan beberapa fitur dari aplikasi yang berbeda. API bank merupakan salah satu produk teknologi yang mampu mendukung pengembangan bisnis Anda. Dalam pemanfaatannya, API memiliki banyak kelebihan bagi pelaku bisnis dari sisi sistem pembayaran di perusahaan, maupun pada sistem pengembangan yang dilakukan oleh developer. Jika Anda termasuk pelaku bisnis, kemudahan yang ditawarkan oleh API bank akan sangat penting untuk Anda ketahui.
Baca Lebih LanjutAPI sandbox adalah fitur untuk melakukan simulasi dan pengujian Application Programming Interface (API) dengan data yang telah disediakan. Bagi developer, aktivitas tersebut sangatlah penting. Sebelum benar-benar mengintegrasikan API ke dalam pengembangan produk, developer harus mengetahui celah atau eror yang bisa saja terjadi dalam prosesnya. Maka sebagai penyedia layanan API, BRIAPI membantu developer untuk melakukan simulasi dan uji coba API melalui API sandbox. Fasilitas ini memungkinkan developer untuk menciptakan kondisi yang mirip dengan production behavior di platform mereka.
Baca Lebih LanjutPerputaran ekonomi digital yang terus meningkat membuat bisnis online terutama di marketplace kian menjanjikan. Bank Indonesia telah memproyeksikan transaksi daring melalui marketplace akan tumbuh hingga 33,2% di 2021. salah satu faktor pertumbuhan ini adalah kehadiran Open API untuk support marketplace yang memudahkan pebisnis dalam menyediakan sistem pembayaran online di marketplace pilihan mereka. Lebih lanjut, data dari BI tersebut juga menunjukkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang berpotensi besar di sektor ekonomi digital. Menurut riset Google, Temasek dan Bain yang berjudul E-conomy SEA 2019, nilai ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan mencapai angka US$130 Miliar pada tahun 2025. Ditambah lagi, menurut Bank Indonesia, nilai transaksi digital akan mengalami pertumbuhan double digit dengan e-commerce meningkat 33,2% dan perbankan 19,1% year-on-year pada tahun ini.
Baca Lebih LanjutDi tengah pesatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi, sistem pembayaran turut berevolusi. Mekanisme transaksi yang terus berubah serta menuntut pembayaran yang serba cepat dan praktis membuat peran uang tunai kian tergantikan oleh alat pembayaran non-tunai. Bank Indonesia mencatat bahwa di tahun 2019, nilai transaksi cashless mencapai Rp128 triliun, meningkat hingga lima kali lipat dari tahun 2014 yang ‘hanya’ Rp3,3 triliun rupiah. Artinya, evolusi pembayaran memang sedang terjadi saat ini.
Baca Lebih LanjutKini, sistem pembayaran semakin cepat dan efisien berkat skema open banking. Dengan skema tersebut, sebuah bank dapat memberikan kemudahan akses data dan informasi nasabah kepada pihak ketiga sesuai dengan kewenangannya melalui API (Application Programming Interface). Meskipun demikian, tetap saja faktor keamanan tidak boleh disepelekan, apalagi hal ini menyangkut penggunaan informasi dan data nasabah. Karena itulah, BRIAPI sebagai produk open banking Bank BRI menggunakan API key sebagai gerbang keamanan pertama.
Baca Lebih LanjutKetika Anda menggunakan metode pembayaran digital, di marketplace, pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana transaksi bisa selesai dalam sekejap? Apakah bank dan marketplace saling terhubung? Jika ya, bagaimana caranya? Di dalam proses yang sepertinya tak kasat mata itulah, Application Programming Interface atau API bekerja.
Baca Lebih LanjutTak bisa dipungkiri lagi, digital disruption akibat Revolusi Industri 4.0 memberikan dampak bagi bisnis lintas industri. Digital disruption yang secara harfiah berarti ‘gangguan digital’ benar-benar menimbulkan kondisi baru bagi bisnis akibat mudahnya akses dan arus informasi mengalir lewat platform digital. Tak sampai disitu, serangan pandemi COVID-19 di tahun 2020 juga seakan-akan semakin memaksa kita untuk mentransformasi bisnis menjadi lebih siap menghadapi era digital. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk mentransformasi bisnis Anda demi menyambut era digital:
Baca Lebih LanjutInklusi keuangan merupakan sebuah kondisi dimana setiap masyarakat memiliki akses untuk menjangkau berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas, tepat waktu, lancar, dan aman dengan biaya terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Berdasarkan Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, indeks inklusi keuangan Indonesia berada di angka 76,19%. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 8,39% jika dibandingkan dengan 3 tahun sebelumnya. Kenaikan indeks inklusi keuangan ini tentunya menjadi pertanda positif terkait pemerataan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Baca Lebih LanjutSeiring dengan bertumbuh pesatnya angka pengguna Internet di Indonesia, jumlah pengguna e-commerce juga mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Menurut data yang dirilis oleh GlobalWebIndex tahun 2019, Indonesia merupakan negara dengan tingkat adopsi e-commerce tertinggi di dunia. Dimana sebanyak 90% dari pengguna internet berusia 16-64 tahun sudah pernah berbelanja secara online. Menurut McKinsey, nilai kapitalisasi pasar e-commerce Indonesia akan mencapai nilai USD 40 miliar pada tahun 2022. Hingga tahun 2020 ini, setidaknya telah ada 50 platform e-commerce di Indonesia. Bahkan, pengguna aktif salah satu e-commerce telah mencapai angka 90 juta. Untuk dapat mengikuti kesuksesan bisnis e-commerce, berikut 3 hal yang harus Anda perhatikan untuk kesuksesan bisnis e-commerce:
Baca Lebih LanjutBerbeda dengan perdagangan dalam negeri yang hanya menggunakan satu mata uang, sebuah bisnis yang telah menembus pasar internasional diharuskan untuk memantau nilai kurs dari negara yang sedang menjalani hubungan dagang dengan bisnisnya. Dikarenakan, nilai mata uang asing kerap kali mengalami fluktuasi setiap harinya. Ada saatnya rupiah mengalami penguatan dibanding dengan mata uang lain atau yang disebut apresiasi, dan ada pula saatnya rupiah melemah dibanding dengan mata uang lain atau yang disebut depresiasi Dengan perkembangan internet dan dunia digital yang sangat pesat, proses pengecekan nilai kurs mata uang asing juga semakin mudah. Anda bisa memantau nilai kurs ini dengan beberapa cara melalui internet, berikut tiga diantaranya:
Baca Lebih LanjutBRI kembali diakui sebagai bank kelas dunia dengan menduduki urutan 112 bank terbaik di dunia dan menjadi bank nomor satu se-Indonesia dalam daftar “1000 Bank Terbaik Dunia Tahun 2020” yang dikeluarkan oleh The Banker. Peringkat ini dinilai berdasarkan angka pertumbuhan, keuntungan, kualitas aset, efisiensi kegiatan operasional, nilai return on risk, likuiditas, dan lain-lain. Kualitas BRI ini juga diakui oleh 70 juta nasabah BRI yang tersebar di seluruh Indonesia, baik di kota-kota besar maupun di pelosok daerah yang belum terjangkau oleh bank lainnya. Hingga saat ini, jumlah nasabah BRI tersebut membuat BRI menjadi bank dengan jumlah nasabah terbanyak se-Indonesia.
Baca Lebih LanjutTransaksi online adalah hal yang umum dilakukan di era digital. Hal ini tak dapat dipungkiri karena pandemi telah mempercepat proses digitalisasi di segala bidang termasuk bisnis. Di saat mobilitas masyarakat semakin terbatas, transaksi online menjadi pilihan untuk memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari kebutuhan primer seperti makanan, minuman, dan perlengkapan rumah tangga lainnya hingga ke kebutuhan tersier seperti belanja gadget, otomotif, atau pun hobi lainnya.
Baca Lebih LanjutDi masa pandemi, sistem pembayaran online adalah fitur mutlak yang harus Anda berikan kepada konsumen. Hal ini karena konsumen lebih memilih berbelanja online dibanding datang langsung ke toko. Bank Indonesia (BI) melaporkan selama pandemi jumlah transaksi lewat medium digital terus tumbuh. Tercatat, nilai transaksi digital banking telah mencapai Rp 2.774,5 Triliun. Ini artinya nilai transaksi digital banking meningkat sebesar 13,91% per Desember 2020.
Baca Lebih LanjutSemakin berkembang suatu bisnis, maka proses transaksionalnya akan semakin kompleks, arus kas perusahaan pun akan semakin bercabang. API Bank menjadi jawaban yang tepat untuk membantu bisnis dalam memudahkan proses pengaturan transaksi perbankan. Hal ini bisa terwujud dengan melakukan integrasi antara dashboard bisnis Anda dengan API Bank BRI, sehingga tercipta kemudahan mengelola keuangan perusahaan sebagaimana pada cash management system (CMS) perbankan.
Baca Lebih LanjutSebagai bank nomor satu di Indonesia, BRI turut serta dalam mewujudkan cetak biru Sistem Pembayaran Indonesia 2025 melalui pengembangan open banking dengan menghadirkan BRIAPI. Langkah ini diambil sebagai perwujudan pemanfaatan teknologi digital dan data untuk mendukung bisnis keuangan. Salah satu langkah pengembangan open banking yang dilakukan BRI adalah dengan mengembangkan layanan open API yaitu BRIAPI. Open API adalah sebuah sistem yang dapat memberikan akses data dan informasi keuangan nasabah melalui Application Programming Interface (API) kepada pihak ketiga yaitu pelaku bisnis yang telah memiliki izin dari nasabah.
Baca Lebih LanjutMaraknya transaksi digital ikut menggerakkan tren Open API Indonesia. Saat ini, tuntutan transformasi digital semakin menguat akibat kondisi pandemi yang mengharuskan banyak aktivitas dilakukan secara virtual. Mulai dari proses pendidikan hingga kegiatan jual beli harus dilakukan secara daring. Menurut Bank Indonesia (BI), di tahun 2021 Indonesia diperkirakan akan mencatat pertumbuhan transaksi digital yang semakin meroket, dengan percepatan yang signifikan dari transaksi perbankan digital dan e-commerce, karena pandemi COVID-19 mendorong konsumen untuk beralih berbelanja di platform digital.
Baca Lebih LanjutVirtual Account adalah nomor rekening virtual yang berfungsi memudahkan proses transaksi antara konsumen dengan merchant. Kini, masyarakat telah merasakan manfaat dari Virtual Account. Mulai dari memudahkan pencatatan keuangan secara otomatis, melayani berbagai jenis transaksi, dan banyak lagi.
Baca Lebih LanjutAdmin
Ajukan pertanyaan atau laporkan permasalahan ke Admin BRIAPI melalui email.
Sabrina
Dapatkan informasi produk dari asisten virtual BRI melalui WhatsApp.