Tingkatkan Nilai Transaksi Bisnis Anda dengan Sistem Pembayaran Online BRIAPI

28 Juli 2021

Seorang pria sedang melakukan pembayaran online menggunakan direct debit BRIAPI

Di masa pandemi, sistem pembayaran online adalah fitur mutlak yang harus Anda berikan kepada konsumen. Hal ini karena konsumen lebih memilih berbelanja online dibanding datang langsung ke toko. Bank Indonesia (BI) melaporkan selama pandemi jumlah transaksi lewat medium digital terus tumbuh. Tercatat, nilai transaksi digital banking telah mencapai Rp 2.774,5 Triliun. Ini artinya nilai transaksi digital banking meningkat sebesar 13,91% per Desember 2020.

Sementara itu BRI sendiri mencatat pertumbuhan transaksi digital yang juga fantastis. Nilai transaksi digital yang terjadi lewat aplikasi BRIMo telah melampaui 409,29 juta transaksi per Maret 2021 atau meroket  402,6% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Oleh karena itu, sebagai pebisnis Anda harus dapat memfasilitasi berbagai metode pembayaran online untuk membantu konsumen Anda melakukan transaksi digital pada bisnis Anda. BRI sebagai bank nomor satu di Indonesia dapat membantu bisnis Anda mempercepat proses transaksi dengan menghadirkan beragam fitur pembayaran online lewat BRIAPI.

Apa itu BRIAPI?

BRIAPI adalah sebuah antarmuka pemrograman aplikasi atau Application Programming Interface (API) yang dikembangkan oleh BRI yang memungkinkan integrasi antara aplikasi pihak ketiga dengan layanan BRI. 

BRIAPI telah digunakan oleh 200 partner mulai dari instansi pemerintahan, marketplace, institusi pendidikan hingga perusahaan ride-hailing dan fintech untuk bekerjasama dengan BRI menghadirkan solusi pembayaran digital yang aman dan praktis. Dengan BRIAPI, Anda dapat menghadirkan berbagai fitur pembayaran online berikut:

1. BRIVA

BRIVA. BRIVA atau BRI Virtual Account adalah layanan pembayaran online dengan menggunakan nomor rekening virtual. Layanan virtual account dapat memberi kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen karena konsumen tidak perlu memasukkan nominal transaksi seperti pada metode lainnya saat melakukan pembayaran. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya kesalahan transaksi seperti misalnya lebih bayar atau kurang bayar.

Transaksi melalui BRIVA dapat terkonfirmasi secara otomatis. Kemudahan ini tentunya membuat proses transaksi lebih praktis dan singkat. Sebagai pebisnis, Anda juga dapat mengecek riwayat transaksi secara real time tanpa harus menunggu waktu tertentu.

Selain itu, konsumen bisnis Anda juga akan mendapatkan kemudahan saat melakukan pembayaran. Konsumen dapat membayar ke nomor rekening BRIVA melalui berbagai channel mulai dari ATM, internet banking, mobile banking, atau pun pembayaran lewat teller dan agen bank. 

2. BRI Direct Debit 

Sistem pembayaran online berikutnya adalah BRI Direct Debit. BRI Direct Debit adalah fitur pembayaran online dari Bank BRI yang menghubungkan akun konsumen dengan kartu debit BRI sebagai sumber dana / Source of Fund (SoF). Dengan direct debit, proses pembayaran transaksi berlangsung cepat dengan sekali proses registrasi. Serupa dengan BRIVA, transaksi melalui direct debit juga terkonfirmasi secara otomatis.

Saat konsumen memilih untuk melakukan pembayaran dengan direct debit, konsumen cukup mendaftarkan nomor 16 digit kartu debit dan nomor telepon yang terhubung dengan kartu debit. Kemudian BRI akan mengirimkan kode verifikasi sebagai tanda untuk konfirmasi bahwa konsumen menyetujui proses tersebut. Untuk transaksi kedua dan seterusnya, konsumen cukup memasukkan kode OTP (One Time Password) yang diterima setiap kali melakukan transaksi.

Fitur direct debit ini banyak digunakan pada bisnis e-commerce, layanan berlangganan, asuransi, hingga investasi. Direct debit cocok diimplementasikan pada berbagai jenis bisnis baik skala kecil, menengah maupun besar karena limit hariannya yang dapat memenuhi kebutuhan transaksi bergantung pada jenis kartu debit yang digunakan:

  • Kartu debit Classic: limit harian Rp. 10.000.000;-
  • Kartu debit Black: limit harian Rp. 20.000.000;-
  • Kartu debit Premium: limit harian Rp 50.000.000;-

3. Fund Transfer

Meningkatnya kebutuhan akan transfer cashless baik ke sesama nasabah BRI maupun ke rekening bank lain tentunya perlu Anda manfaatkan. Karena itulah, Bank BRI menyediakan fitur transfer dana atau fund transfer. Anda dapat menggunakan layanan fund transfer BRI dengan memanfaatkan produk Fund Transfer Eksternal dan API Fund Transfer Internal. 

API Fund Transfer Eksternal membantu Anda dalam melakukan transfer dana dari rekening BRI ke rekening bank lain. Dengan API ini, transfer dana dapat dilakukan tanpa perlu mendatangi kantor cabang BRI maupun mesin ATM. Pelanggan pun akan lebih mudah mengakses sistem pembayaran karena Anda telah menyediakannya dengan API Fund Transfer Eksternal.

Selain itu, BRIAPI juga memiliki API Fund Transfer Internal yang memungkinkan perusahaan Anda melakukan transfer dana ke sesama rekening BRI. Dengan API ini, maka Anda dapat melakukan transaksi bisnis, mengirimkan payroll, hingga melakukan pembayaran administrasi perusahaan yang berujung pada terciptanya ekosistem finansial yang baik di perusahaan Anda. 



Dengan menghadirkan fitur pembayaran online tersebut, konsumen produk Anda tentunya akan semakin mudah bertransaksi lewat website maupun aplikasi Anda, membuat bisnis Anda bisa terus berkembang bersama BRI dan 70 juta nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia.