Pembayaran Virtual Account untuk Transaksi Digital yang Lebih Cepat dan Aman

10 Maret 2022

Nasabah BRI menggunakan Virtual Account sebagai metode pembayaran

Dewasa ini, Virtual Account menjadi salah satu metode pembayaran digital yang kerap dimanfaatkan masyarakat. Kepraktisan dan keamanan sistem pembayaran Virtual Account menjadi dua di antara berbagai alasan pelanggan menggunakannya. 

Nyatanya, sebagai opsi pembayaran digital, Virtual Account turut mendukung ekosistem ekonomi digital Indonesia yang terus tumbuh. Bahkan, riset kolaboratif dari Bain, Google, dan Temasek di tahun 2020 menyatakan bahwa Indonesia berpeluang menjadi negara dengan perkembangan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Maka sebagai pebisnis, Anda perlu mengetahui infrastruktur pembentuk ekonomi digital ini, salah satunya adalah Virtual Account. Dengan memahaminya, Anda bisa mempertimbangkan Virtual Account untuk melengkapi metode pembayaran di bisnis Anda.  

Apa Itu Virtual Account

Virtual Account adalah metode pembayaran digital melalui akun virtual yang dibuat khusus untuk masing-masing pelanggan. Untuk setiap transaksi, pelanggan akan dirujuk ke Virtual Account tersebut untuk melakukan pembayaran. 

Virtual Account terdiri dari nomor ID pelanggan (customer ID) yang unik bagi setiap pelanggan. Artinya, tidak ada nomor Virtual Account yang benar-benar sama di antara mereka. Hal ini bertujuan supaya transaksi dapat teridentifikasi secara otomatis untuk setiap pelanggan yang berbeda. Ketika transaksi selesai, pelanggan juga tidak perlu mengirimkan bukti transfer.

Cara Kerja Virtual Account

Nasabah BRI memilih opsi pembayaran Virtual Account

Perlu diingat bahwa cara kerja Virtual Account berbeda dengan rekening biasa. 

Rekening biasa mengharuskan pelanggan untuk menulis nomor rekening tujuan, nominal transfer, dan informasi penyerta secara manual. Pelanggan perlu memasukkan data-data tersebut satu per satu agar bisa melakukan transaksi. Di akhir proses, pelanggan masih perlu menyetor bukti transaksi.

Virtual Account jauh lebih sederhana dari itu. Pelanggan cukup memilih opsi pembayaran Virtual Account sebagai metode pembayaran. Kemudian, kode pembayaran berbentuk customer ID akan dikirimkan ke pelanggan secara otomatis. Langkah selanjutnya adalah pelanggan bisa langsung melakukan transfer ke nomor rekening virtual, dan transaksi pun selesai.  

Manfaat Virtual Account

Selain kemudahan sistem pembayaran bagi pelanggan, Virtual Account juga memberikan berbagai kemudahan lainnya. Manfaat-manfaat tersebut di antaranya adalah sebagai berikut: 

1. Memudahkan Pencatatan Keuangan

Virtual Account membuat transaksi dari pelanggan Anda tercatat secara otomatis di pembukuan. Berkat customer ID, Anda dapat mengetahui setiap rekening yang sudah melakukan pembayaran. Anda tidak perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengecek bukti transfer secara manual dan bisa segera menindaklanjuti pesanan.

2. Melayani Berbagai Jenis Transaksi 

Apa pun bisnisnya, pembayaran Virtual Account adalah solusi yang tepat untuk meningkatkan efektivitas transaksi. Virtual Account dapat diintegrasikan dengan mudah di berbagai platform, mulai dari aplikasi, website, hingga marketplace. Ini menjadi alasan Virtual Account menjadi salah satu opsi pembayaran terpenting bagi bisnis.

3. Memudahkan Pelanggan untuk Bertransaksi 24 Jam 

Virtual Account memberikan fleksibilitas transaksi bagi pelanggan Anda. Ini karena akses Virtual Account terbuka 24 jam non-stop. Dengan begitu, Virtual Account membuka kesempatan bagi pelanggan untuk membayar bahkan di luar jam operasional Anda. 

4. Pembayaran Lebih Terkontrol

Dengan Virtual Account, Anda dapat mengatur jumlah pembayaran dan pembagian akun rekening bank. Ini karena satu rekening pelanggan bisa dibagi menjadi beberapa Virtual Account yang memiliki nomor, laporan transaksi, dan saldo sendiri. 

Anda akan memperoleh data transaksi yang masuk ke setiap akun virtual dengan segera karena seluruh transaksi tercatat secara real-time. Semua transaksi itu dapat Anda pantau melalui satu API Virtual Account. 

5. Keamanan Lebih Terjamin

Apabila transaksi telah selesai, Anda bisa mengatur nomor Virtual Account menjadi kadaluarsa. Ini sebagai upaya pencegahan atas penyalahgunaan nomor tersebut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

BRIVA untuk Mendukung Bisnis Anda

Logo BRIVA

BRI Virtual Account atau BRIVA adalah layanan pembayaran Virtual Account dari BRI. Sebagai opsi pembayaran, BRIVA menerapkan mekanisme real-time online. Artinya, semua transaksi yang terjadi melalui BRIVA akan otomatis tercatat secara real-time.

Anda dapat mengaplikasikan BRIVA sebagai opsi pembayaran digital melalui penggunaan API BRIVA dari BRIAPI. Dengan mengintegrasikan API BRIVA, Anda dapat mengaktifkan fitur Virtual Account BRI dan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. 

Nyatanya, API BRIVA telah digunakan oleh perusahaan partner BRI untuk membuat proses transaksi semakin mudah. Salah satunya adalah PT USSI, perusahaan penyedia micro core banking untuk lembaga keuangan mikro.

Sejak awal 2021, PT USSI menggunakan API BRIVA untuk memperkuat kanal pembayaran mereka melalui Virtual Account BRI. Sehingga, nasabah tidak perlu mendatangi lembaga keuangan untuk melakukan transaksi. Cukup melalui ATM atau aplikasi mobile banking BRI, BRImo, transaksi dapat diselesaikan.

Serupa dengan PT USSI, Indogrosir juga memakai API BRIVA untuk memperkaya pilihan metode pembayaran. Perusahaan yang bergerak di bidang retail ini menyadari bahwa integrasi open banking akan menambah nilai mereka di mata pelanggan, terutama dari aspek customer experience dalam berbelanja. 

Untuk itu, Indogrosir mengaplikasikan API BRIVA dan menyediakan pengalaman berbelanja yang unik. Akhirnya, pembayaran konsumen hingga partner UMKM Indogrosir pun menjadi lebih simpel, mudah, dan aman melalui BRIVA. 

 

Kini, Anda telah mengetahui mengenai apa itu Virtual Account, cara kerjanya, hingga manfaat bagi bisnis yang menggunakannya. Anda pun melihat bagaimana BRIVA sebagai layanan Virtual Account dari BRI mampu mendukung kelancaran proses transaksi bagi partner BRI. Maka, jika Anda sedang mencari layanan Virtual Account, BRIVA adalah produk yang tepat untuk Anda. Integrasikan sekarang dan nikmati manfaatnya!