"Kami mengintegrasikan API BRIVA untuk semakin memperkaya pilihan pembayaran di berbagai channel kami, sehingga customer jadi punya lebih banyak pilihan pembayaran."
- Indogrosir
Perilaku belanja masyarakat telah bergeser di masa pandemi, termasuk dalam belanja ritel dan grosir, dimana semua menjadi serba digital. Berdasarkan data Bank Indonesia, tercatat transaksi melalui e-commerce meningkat hingga 42%, sedangkan transaksi di toko fisik berkurang hingga 49%. Transaksi digital berperan penting untuk meningkatkan aktivitas perekonomian, terlebih dengan berbagai pembatasan aktivitas selama pandemi.
Meski demikian, peningkatan transaksi digital ini harus didukung para peritel dan jaringan perkulakan melalui sistem pembayaran yang inklusif, mudah, dan aman, salah satunya dengan open banking.
Indogrosir, perusahaan jaringan pusat perkulakan yang melakukan distribusi ke pedagang ritel tradisional dan modern, menyadari bahwa pengintegrasian open banking akan menambah value customer experience dalam berbelanja ritel. Indogrosir menjadi partner BRIAPI untuk semakin melengkapi pilihan pembayaran untuk transaksi online dengan memanfaatkan API BRIVA.
Saat ini Indogrosir memiliki lebih dari 600 jaringan supplier dan distributor, dan bekerja sama dengan 130.000 UMKM. Indogrosir juga telah go digital dengan menghadirkan berbagai aplikasi belanja online hingga PPOB. Dengan mengimplementasikan API BRIVA, konsumen Indogrosir hingga UMKM partner dapat melakukan pembayaran yang lebih simpel, otomatis, dan lebih aman menggunakan kode unik (Virtual Account number). Konsumen tidak lagi melakukan konfirmasi pembayaran secara manual.
Sedangkan dari sisi pebisnis, implementasi API BRIVA dapat mendeteksi pembayaran secara otomatis dan real time oleh sistem, sehingga pelanggan tidak perlu konfirmasi pembayaran secara manual. Pebisnis akan langsung mendapatkan informasi transaksi dan penerimaan dana dengan mudah dan cepat.