Samsung Indonesia, perusahaan multinasional di bawah naungan Samsung Group dari Korea Selatan, merupakan salah satu pemimpin dalam industri elektronik di Indonesia. Beroperasi melalui PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN), Samsung Indonesia telah memperluas pangsa pasarnya dengan berbagai produk dan teknologi yang canggih, seperti smartphone, tablet, laptop, televisi, serta peralatan rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, dan AC. Dengan berbagai produk tersebut, Samsung Indonesia selalu memberikan inovasi dan desain yang stylish, serta menjaga komitmen terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Dalam tujuannya menjadi pelopor inovasi teknologi, saat ini Samsung tengah mengusung visi: "Together for Tomorrow! Enabling People", yaitu selalu berupaya memenuhi tanggung jawab sosial dan etika yang diterapkan untuk keberlanjutan perusahaan di masa mendatang. Hal ini tentunya linier dengan misi dan pendekatan filosofis yang telah dilakukan sejauh ini, dengan selalu mendedikasikan bakat dan teknologi yang dimiliki untuk menciptakan produk dan layanan unggul bagi masyarakat global yang lebih baik.

Samsung Indonesia menyadari bahwa keunggulan inovasi dapat memperkuat jaringan distribusi produknya secara luas, sehingga menambah kepercayaan pelanggan melalui kualitas produk dan layanan yang unggul. Oleh karena itu, Samsung Indonesia terus berinisiatif dan berkolaborasi dengan berbagai pihak guna meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan. Salah satu inisiatif terbaru adalah berkolaborasi dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam menghadirkan Samsung BRI Credit Card. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperluas ekspansi Samsung Indonesia dalam pasar elektronik dan dapat menguatkan peran BRI dalam membantu inklusi finansial di Indonesia.

 

Tantangan Penguatan Pasar Samsung di Pasar Elektronik Indonesia

Dalam upayanya menjadi inovator teknologi, Samsung Indonesia saat ini menghadapi beberapa tantangan signifikan dalam memperkuat pangsa pasarnya, khususnya di sektor elektronik. Salah satu tantangan utama adalah persaingan inovasi yang ketat dari merek-merek elektronik lain. Merek lain cenderung menawarkan produk berkualitas dengan harga yang lebih kompetitif, mengingat banyak klaster pelanggan kelas menengah ke bawah yang sangat sensitif terhadap harga. Hal ini membuat preferensi pelanggan tersebut cenderung cepat bergeser, sehingga membutuhkan upaya lebih kompleks dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, Samsung Indonesia terus berinovasi dalam mempertahankan posisinya sebagai pemimpin teknologi, yang tentunya memerlukan investasi besar dalam riset, inovasi dan pengembangan. 

Samsung Indonesia telah berupaya mengatasi berbagai tantangan tersebut dengan beberapa pendekatan: pemasaran yang lebih adaptif dan berbasis customer-oriented, peningkatan investasi dalam infrastruktur distribusi dan layanan purna jual, serta memperluas jaringan distribusinya ke daerah yang lebih jauh dan terpencil untuk meningkatkan availability produk yang baik. Selain itu, Samsung Indonesia juga terus melakukan inovasi produk untuk menarik pelanggan dengan berbagai fitur yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan menghadirkan beragam solusi yang inovatif, dan tentunya  linier dengan menciptakan produk berkualitas tinggi, Samsung Indonesia nantinya dapat memperkuat posisinya di pasar elektronik Indonesia dan dapat mempertahankan kontinuitas dari loyalitas pelanggan.

 

Potensi Penguatan Brand Samsung Indonesia melalui Layanan Kartu Kredit Co-branding

API Kartu Kredit Co-Branding adalah mekanisme yang memungkinkan partner bisnis BRI untuk mengelola dan mengajukan kartu kredit dengan merek mereka sendiri melalui antarmuka Application Programming Interface (API). Dengan menggunakan mekanisme ini, Samsung Indonesia dapat memperkuat identitas merek dan menyediakan layanan keuangan tambahan kepada pelanggan. Layanan ini telah disediakan oleh BRIAPI secara end-to-end, mencakup seluruh proses dari pengajuan hingga manajemen pembayaran tagihan kartu kredit, secara otomatis mengoptimalkan efisiensi administrasi.

Mekanisme API Kartu Kredit Co-Branding berpotensi memberikan keuntungan signifikan bagi Samsung Indonesia, yaitu dapat memperluas cakupan layanan finansial perusahaan dan memperkuat brand mereka di kalangan pelanggan. Hal ini menjadikan Samsung tidak hanya dikenal sebagai pemimpin pasar dalam industri elektronik saja, tetapi juga menjadi salah satu inovator dalam industri finansial yang relatable dengan produknya. Selain itu, integrasi API ini juga memungkinkan pertukaran data yang aman dan mematuhi regulasi keuangan, serta memastikan keamanan dan privasi nasabah terjaga selama seluruh proses transaksi. Hal ini tentunya dapat memperkuat kepercayaan pelanggan terhadap pengelolaan data yang baik dari Samsung Indonesia.

 

Kesimpulan

Kolaborasi Samsung Indonesia dengan BRI ini dapat memberikan beberapa keuntungan strategis. Bagi Samsung Indonesia, dengan memanfaatkan infrastruktur BRIAPI, dapat menguatkan identitas mereknya di pasar dengan menyediakan layanan keuangan tambahan yang relevan bagi pelanggan. Hal ini tidak hanya membantu Samsung Indonesia memperluas cakupan layanan finansialnya, tetapi juga memperkuat brand mereka sebagai inovator tidak hanya dalam teknologi elektronik, tetapi juga dalam sektor keuangan. Dampaknya, Samsung Indonesia secara strategis dapat melangkah untuk memperkuat posisi pasar, dan memenuhi tantangan persaingan yang semakin ketat dengan inovasi yang terus berubah di pasar elektronik Indonesia.

Kolaborasi ini juga menunjukkan komitmen kedua perusahaan dalam mendukung transformasi digital di Indonesia, dengan menyediakan solusi finansial yang lebih terjangkau dan terintegrasi untuk pelanggan, serta pelaku usaha di seluruh negeri. Hal ini juga linier dengan strategi BRI untuk menjalankan kerja sama yang dapat berdampak positif untuk perekonomian masyarakat, sehingga BRI dapat berkontribusi dalam pemenuhan capaian inklusi finansial di Indonesia.

We found 130 APIs based on your keyword and filter choices.
BRIApi Icon_Account Information.png Informasi Rekening

Memberikan Informasi mengenai pengecekan nama, status, dan juga saldo rekening anda

Akun Informasional SNAP BI
View More

Informasi Rekening

Notifikasi Transaksi Merchant Presented Mode Notifikasi

Layanan API yang memungkinkan untuk memberikan notifikasi setiap terdapat transaksi QRIS.

Pembayaran Ritel UMKM Transaksional
View More

QRIS

TF TO BRI Transfer Antar Rekening BRI

Fasilitas transfer antar rekening BRI yang praktis dan mudah.

SNAP BI Transfer Transaksional
View More

Transfer Antar Rekening BRI

Related Case Study

Implementasi BRIVA di Universitas Budi Luhur dan Universitas Tompotika: Membantu Peningkatan Eksistensi SNAP di Lingkungan Pendidikan

Kolaborasi kontinu antara UBL dan UNTIKA dengan BRIAPI diharapkan dapat mempercepat adopsi teknologi pembayaran digital, memastikan transaksi yang transparan dan aman, serta meningkatkan kepuasan mahasiswa dan staf. Kolaborasi ini tidak hanya mendukung visi BRI dalam memperluas inklusi keuangan di Indonesia, tetapi juga memperkuat peran perguruan tinggi dalam berkontribusi mengembangkan ekosistem pembayaran digital yang efisien dan terintegrasi di Indonesia.

BRIAPI admin

Juni 07, 2024
Baca Lebih Lanjut
thumbnail-artikel-ubl-dan-untika

Perkuat Upaya Penerimaan Negara dari Portal Lelang Indonesia, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Gunakan Layanan BRIVA WS dan BRIVA Push Notification dari BRIAPI

BRIAPI berupaya terus memberikan layanan yang prima dan optimal berbasis pendekatan bisnis secara customer-oriented, dan akan terus membuka kolaborasi dengan banyak merchant, lembaga, dan instansi di seluruh Indonesia. BRIAPI saat ini sudah memiliki lebih dari 124 layanan API yang digunakan oleh lebih dari 700 mitra, dengan berbagai klasifikasi ekosistem, seperti pendidikan, financial technology, koperasi, pemerintahan, BUMN, dan lain-lain. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu pelanggan dalam mempermudah dan memperluas jaringan pembayaran di setiap bisnisnya, salah satunya DJKN yang saat ini menjadi kontributor perkembangan perekonomian nasional melalui pengelolaan aset dan kekayaan negara.

BRIAPI admin

Maret 21, 2024
Baca Lebih Lanjut
djkn-kemenkeu-ri

Indomaret Gunakan Sistem QRIS BRIAPI untuk Mempermudah Metode Pembayaran ke Pelanggan

BRIAPI berusaha terus mendukung dan mengutamakan pendekatan bisnis berbasis pelanggan, dan akan terus membuka kolaborasi dengan banyak merchant di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat membantu merchant dalam mempermudah dan memperluas jaringan pembayaran di setiap bisnisnya, salah satunya Indomaret yang saat ini telah memiliki lebih dari 22.000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

BRIAPI admin

Desember 04, 2023
Baca Lebih Lanjut
Indomaret Gunakan Sistem Pembayaran QRIS BRIAPI untuk Mempermudah Metode Pembayaran ke Pelanggan

Siap Kembangkan Bisnis Anda?

Masuk Sekarang