Langkah Strategis BRI untuk Ciptakan Inklusi Finansial

2 Agustus 2021

Insan BRILiaN sedang memberikan sosialisasi terkait bank BRI untuk tingkatkan inklusi finansial Indonesia

Inklusi keuangan merupakan sebuah kondisi dimana setiap masyarakat memiliki akses untuk menjangkau berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas, tepat waktu, lancar, dan aman dengan biaya terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Berdasarkan Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, indeks inklusi keuangan Indonesia berada di angka 76,19%. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 8,39% jika dibandingkan dengan 3 tahun sebelumnya. Kenaikan indeks inklusi keuangan ini tentunya menjadi pertanda positif terkait pemerataan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sebagai institusi keuangan mikro terbesar di dunia, BRI turut andil dalam melakukan upaya mengakselerasi inklusi finansial di Indonesia. Upaya ini terbukti dengan diterimanya penghargaan sebagai bank terbaik dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk merealisasikan inklusi finansial di Indonesia, BRI melakukan berbagai langkah strategis. Misalnya, di tahun 2016 BRI meluncurkan satelit yang diberi nama BRIsat. BRI menjadi bank pertama di dunia yang memiliki satelit sendiri untuk menopang kegiatan operasional. Peluncuran satelit ini membuat BRI bisa menjangkau seluruh area Indonesia, termasuk ke daerah-daerah terpencil sekalipun, sehingga pertumbuhan ekonomi pun dapat menjangkau wilayah tersebut.

Di kalangan pelajar, BRI juga selalu aktif mensosialisasikan Simpel atau Simpanan Pelajar yang memiliki fitur bebas biaya administrasi dan nilai setoran yang terjangkau. Harapannya, semua siswa di masa depan akan memiliki akses perbankan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi para siswa

Selain itu, demi mewujudkan ekosistem keuangan yang inklusif, BRI juga menghadirkan BRIAPI, platform Open API yang memungkinkan pihak ketiga untuk menggunakan fitur atau fungsi layanan finansial dari Bank BRI dalam platform milik mereka dengan cepat dan aman. Berbagai startup dan fintech telah memanfaatkan BRIAPI untuk mengembangkan bisnis mereka.

Anda pun dapat menggunakan berbagai layanan API dari BRIAPI misalnya untuk memudahkan proses transaksi, Anda dapat menggunakan API BRIVA atau Direct Debit dari BRIAPI. Sedangkan untuk kebutuhan manajemen keuangan perusahaan, Anda dapat menggunakan API Informasi Saldo, Informasi Mutasi ataupun Bank Transfer dari BRIAPI.