Dalam merespon kompleksitas kebutuhan nasabah akan sistem pembayaran yang cepat, mudah, dan aman di era open finance saat ini, Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) menjadi salah satu solusi yang inovatif. Hal ini disadari oleh BRI, sebagai salah satu pioner implementasi open API di Indonesia, maka perlu melakukan sosialisasi secara kontinu terkait pemahaman SNAP kepada para pekerjanya. Hal ini juga dilakukan untuk mendukung perluasan dan eksistensi SNAP di lingkungan perbankan Indonesia. Setelah sebelumnya sudah melakukan sosialsiasi di wilayah regional kerja, kali ini BRI melakukan sosialisasi secara online di beberapa wilayah kantor cabangnya, yaitu Kantor Cabang Malang dan Padang (12/22/2023).

Apa saja hal menarik yang dilakukan BRI dalam rangka perluasan implementasi SNAP di kantor cabangnya? Yuk simak artikel ini selengkapnya…

 

Sosialisasi di Kantor Cabang BRI untuk Mendukung Pemahaman Layanan SNAP

1. Sosialisasi SNAP 

Kehadiran SNAP saat ini telah meningkatkan efisiensi dan keamanan pada sistem pembayaran di Indonesia, khususnya dalam hal pembayaran digital dari berbagai bank. SNAP tidak hanya mengamankan transaksi keuangan saja, tetapi juga dapat membantu melindungi nasabah dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sosialisasi ini merupakan sebuah langkah strategis untuk meningkatkan pemahaman terkait SNAP dalam mendukung sistem pembayaran open API BRI, terutama bagi para pekerja BRI yang berperan dalam membantu pengajuan mitra API. Hal ini dilakukan agar proses integrasi pengajuan mitra BRIAPI nantinya dapat lebih terarah, cepat dan efisien. Kondisi ini nantinya dapat bermanfaat baik bagi Bank BRI sebagai penyedia layanan, dan juga bagi pelaku usaha dalam memberikan layanan transaksi digital yang optimal kepada pelanggannya.

 

2. Sosialisasi BRI Virtual Account (BRIVA) dengan mekanisme SNAP

BRI Virtual Account (BRIVA) adalah sebuah metode pembayaran digital melalui virtual account BRI yang dibuat khusus untuk masing-masing pelanggan, dimana account tersebut bersifat unique. Untuk setiap transaksi, pelanggan akan dirujuk ke nomor virtual account yang telah dibuat tersebut untuk melakukan pembayaran. 

Dalam mekanisme transaksinya, pelanggan tinggal memilih opsi pembayaran BRIVA sebagai metode pembayaran. Kemudian, kode pembayaran berbentuk customer ID akan dikirimkan ke pelanggan secara otomatis. Langkah selanjutnya adalah pelanggan bisa langsung melakukan transfer ke nomor virtual account melalui  BRImo. Jika transaksi yang dilakukan telah valid, maka transaksi tersebut pun selesai.

Meskipun BRIVA bukan lagi sebuah produk baru di lingkungan BRI, namun dalam kesempatan ini, BRIAPI kembali memberikan sosialisasi terkait bagaimana mekanisme pengajuan layanan BRIVA yang efisien dan sesuai dengan SOP yang berlaku. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan yang membuat proses pengajuan mitra BRIAPI berjalan semakin lama. Karena pemahaman yang kuat terkait proses pengajuan dari sisi pekerja BRI di level operasional, nantinya dapat menjadi enabler dalam pengajuan BRIVA SNAP dari mitra sehingga berjalan lebih efisien, cepat dan terarah.

 

3. Diskusi terkait permasalahan pengajuan BRIVA SNAP

BRIVA saat ini telah menjadi salah satu layanan API dengan intensitas transaksi yang tinggi di BRI, namun proses pengajuan mitra terkait produk ini masih memiliki kendala. Melalui sosialisasi ini, BRIAPI mendengarkan keluh kesah, serta menerima saran dan masukan dari pekerja level operasional di kantor cabang yang bersinggungan langsung dengan implementasi pengajuan BRIVA SNAP. Dalam diskusi ini, BRIAPI dan para pekerja kantor cabang juga berkomitmen untuk berkolaborasi secara kontinu dalam meningkatkan layanan pengajuan mitra BRIAPI dalam setiap produk open API, salah satunya BRIVA.

 

Kesimpulan

BRI menyadari bahwa dalam mendukung perluasan SNAP di Indonesia, tidak hanya dilakukan dengan mengoptimalkan teknologi yang digunakan. Oleh karena itu, BRI juga melakukan optimalisasi terhadap sumber daya manusia (SDM) melalui sosialisasi SNAP. Kegiatan ini ditujukan bagi seluruh pekerja BRI, terutama pegawai yang bersinggungan langsung dengan implementasi layanan SNAP di level operasional, seperti Relationship Manager Funding and Transaction (RM FT), Relationship Manager Lending (RM Lending), dan lain-lain.

Kemudian, meskipun BRIVA telah menjadi salah satu produk yang memiliki profitabilitas tinggi bagi bank BRI, namun BRIAPI terus berusaha meningkatkan optimalisasi pada layanan tersebut, salah satunya dengan menghadirkan sosialisasi terkait pengajuan BRIVA sesuai ketentuan SNAP untuk meningkatkan pemahaman pekerja BRI dalam proses onboarding pengajuannya. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang prima dan optimal bagi bagi seluruh mitra BRIAPI dan seluruh nasabah BRI di seluruh Indonesia.

Untuk memperluas jangkauan bisnis Anda di era disrupsi open finance saat ini, mari bergabung dengan BRIAPI dan buat bisnis Anda selangkah lebih dekat dengan lebih dari 150 juta nasabah BRI yang tersebar di seluruh Indonesia