Apa Itu BRI Virtual Account dan Manfaatnya dalam Pembayaran Online

10 November 2020

Hindari proses transaksi berbelit dengan API BRIVA dari BRIAPI.

Virtual Account adalah nomor rekening virtual yang berfungsi memudahkan proses transaksi antara konsumen dengan merchant. Virtual Account menjawab keresahan konsumen untuk transaksi yang lebih cepat, mudah, dan aman. Apalagi, pandemi Covid-19 semakin mendorong masyarakat untuk bertransaksi melalui alat pembayaran non-tunai.

Riset Visa Consumer Payment Attitudes menyatakan bahwa 66% masyarakat Indonesia merasa tak perlu lagi membawa uang tunai. Alasannya, mereka telah merasakan manfaat dari berbagai instrumen pembayaran non-tunai, termasuk Virtual Account. Mulai dari memudahkan pencatatan keuangan secara otomatis, melayani berbagai jenis transaksi, memungkinkan pelanggan bertransaksi 24 jam, hingga menjamin keamanan rekening asli. 

Namun, sebelum Anda menggunakan Virtual Account, Anda perlu memahami perbedaan antara Virtual Account dengan rekening biasa. 

Perbedaan Virtual Account dan Rekening Biasa

perempuan menggunakan virtual account daripada regular account

Virtual Account berbeda dengan transfer manual melalui rekening biasa, mulai dari bentuk rekening, cara kerja, pelayanan, alur transaksi, hingga pencatatan transaksi. Berikut adalah perbedaan antara virtual account dan rekening biasa:

1. Bentuk Rekening

Rekening bank adalah nomor yang digunakan untuk melakukan berbagai jenis transaksi, mulai dari menabung, tarik tunai, hingga pengecekan saldo. Sementara itu, Virtual Account merupakan rekening virtual yang ditujukan khusus untuk melakukan suatu transaksi pembayaran secara online antara pelanggan dengan merchant

2. Cara Kerja

Saat melakukan transfer melalui rekening biasa, Anda bisa memanfaatkan beberapa cara, seperti setor/terima tunai di teller bank, mesin ATM, atau transfer via aplikasi mobile banking. Namun, cara-cara tersebut masih mengharuskan Anda untuk mengirim bukti transfer secara manual sebagai proses verifikasi pembayaran.

Hal ini berbeda dengan Virtual Account. Ambil contoh dari BRI Virtual Account (BRIVA). Cukup memasukkan kode pembayaran BRIVA di aplikasi BRImo, pembayaran terverifikasi secara otomatis dan Anda tidak perlu lagi mengirim bukti transfer. 

3. Pelayanan

Dari aspek pelayanan, pembayaran Virtual Account membuat Anda melakukan transaksi secara self-service atau pelayanan mandiri. Tentunya, ini membuat transaksi berjalan lebih cepat dan mudah dibandingkan pergi ke teller bank dan menunggu untuk dilayani. 

4. Pencatatan Transaksi

Berbeda dengan transfer manual yang perlu melakukan konfirmasi pembayaran dengan mengirimkan bukti pembayaran, pembayaran via Virtual Account tidak memerlukan proses tersebut. Ini karena akun Virtual Account adalah akun khusus satu pengguna. Sehingga, setiap pembayaran sudah terdeteksi secara otomatis untuk satu nasabah. 

Baca juga: Digitalisasi UMKM Dongkrak Pendapatan UMKM di 2022
 

Sistem Keamanan Virtual Account

ilustrasi sistem keamanan virtual account

Nomor Virtual Account berfungsi sebagai pengganti nomor rekening asli Anda. Nomor itulah yang digunakan untuk melakukan transaksi dengan merchant. Di sisi lain, nomor rekening asli tidak dimunculkan. Ini karena sistem keamanan Virtual Account menggunakan teknologi tokenisasi (tokenization technology). 

Tokenisasi adalah proses mengganti data sensitif dengan simbol identifikasi unik untuk menjaga semua informasi penting dalam data tersebut. Tokenisasi bertujuan untuk mengurangi jumlah data penting yang tersebar di publik, salah satunya data perbankan. Kini, tokenisasi semakin populer, terutama untuk meningkatkan keamanan transaksi digital.

Secara sederhana, tokenisasi membuat angka-angka dihasilkan secara acak di waktu pembelian barang. Angka acak tersebut—yang menjadi nomor Virtual Account—juga hanya berlaku untuk satu kali transaksi. Tentu saja, ini jauh lebih aman dibandingkan bertransaksi dengan rekening biasa.

Jika ada peretas yang berhasil mencuri rekening asli, mereka bisa melakukan transaksi sebanyak apa pun. Sementara itu, jika peretas mencuri nomor Virtual Account, yang mereka dapatkan hanyalah sekelompok angka semata.

Inilah yang membuat transaksi melalui Virtual Account terjamin keamanannya, termasuk transaksi melalui BRI Virtual Account (BRIVA). BRIVA adalah metode pembayaran Virtual Account dari BRI. BRIVA mencatat transaksi secara real-time. Sehingga, transaksi dapat dilakukan secara mudah, cepat, sekaligus aman.

Nyatanya, sebagai satu di antara layanan open banking BRIAPI, BRIVA telah membantu partner-partner BRI dari berbagai industri untuk menghadirkan metode pembayaran yang praktis dan nyaman melalui Virtual Account. Mulai dari grosir, payment gateway, instansi keuangan dan pendidikan, hingga logistik telah mengintegrasikan BRIVA di bisnis mereka. 

Baca juga: Kembangkan Bisnis Anda dengan Menjangkau 70 Juta Nasabah BRI Bersama BRIAPI
 

Use Case BRI Virtual Account

Contoh riil dari penerapan BRIVA dan dampaknya bagi pertumbuhan perusahaan dapat Anda lihat pada studi kasus BRIVA di Fiberconnect dan PT USSI. 

Fiberconnect

Logo Fiberconnect

PT. Bina Informatika Solusindo atau yang dikenal sebagai Fiberconnect adalah perusahaan penyedia jasa Internet Service Provider (ISP) yang telah berdiri sejak 2014. Konsumen mereka tersebar di wilayah-wilayah yang masih membutuhkan akses internet, seperti Madiun, Cirebon, hingga Bengkulu.
Seiring dengan pertumbuhan pelanggan, Fiberconnect menyadari bahwa pelanggan mereka nyatanya juga merupakan nasabah setia BRI. Namun, akibat belum mengintegrasikan BRIVA, pelanggan yang ingin membayar tagihan internet harus datang langsung ke kantor Fiberconnect. 

Dari sisi internal perusahaan, mereka masih harus melakukan pengecekan mutasi dan konfirmasi pembayaran secara manual. Setiap transaksi membutuhkan waktu hingga 30 menit. Akibatnya, kantor selalu penuh oleh antrean pelanggan yang ingin membayar tagihan. 

Untuk menyelesaikan masalah ini, Fiberconnect mulai mengintegrasikan tiga produk BRIAPI, yakni BRIVA, Informasi Mutasi, dan Informasi Rekening sejak Februari 2022. Ketiganya berperan penting dalam mendigitalisasi sistem pembayaran Fiberconnect.

“Semenjak integrasi dengan BRIAPI, sebanyak 70% dari total pelanggan Fiberconnect kini menggunakan BRIVA sebagai instrumen pembayaran utama.” ujar Alif Banura, General Manager Fiberconnect. 

Kenaikan tersebut dinilai signifikan, mengingat sebelumnya pelanggan harus datang ke kantor hanya untuk membayar tagihan. Dari sisi pemrosesan transaksi, BRIAPI juga membuat Fiberconnect jauh lebih efisien. Kini, seluruh proses konfirmasi, verifikasi, hingga rekonsiliasi pembayaran hanya membutuhkan waktu 1 menit berkat otomasi BRIAPI. 

Ke depannya, Fiberconnect akan terus mengoptimalkan API BRIVA, Informasi Mutasi, dan Informasi Rekening untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan. Maka, dapat dikatakan bahwa digitalisasi pembayaran melalui BRIAPI telah membantu pelanggan untuk menggunakan jasa Fiberconnect.

Baca juga: Wujudkan Cashless Society di Indonesia, BRI Maksimalkan Open Banking BRIAPI
 

PT USSI

logo PT USSI

PT USSI adalah perusahaan pengembangan produk dan penyelenggaraan layanan berbasis teknologi informasi, khususnya untuk industri lembaga keuangan mikro. Sejak berdiri pada 1994, PT USSI fokus menciptakan core micro banking system, sistem yang berfungsi menopang operasional lembaga keuangan dan perbankan mikro.

Namun, di era digitalisasi ini, PT USSI menghadapi berbagai masalah. Di antaranya adalah proses transaksi nasabah lembaga keuangan mikro yang belum terdigitalisasi. Padahal, kanal pembayaran digital semakin dibutuhkan. Ditambah lagi, pandemi Covid-19 membuat pelayanan lembaga secara tatap muka menjadi lebih terbatas.

Demi mengatasi masalah tersebut, PT USSI berkolaborasi dengan BRIAPI sejak awal 2021. Mereka menggunakan BRIVA sebagai API pertama yang terintegrasi. Dengan API BRIVA, PT USSI membantu lembaga keuangan mikro menambah kanal pembayaran digital melalui Virtual Account BRI

“Nasabah lembaga keuangan mikro tidak perlu lagi datang ke lembaga keuangan untuk melakukan transaksi. Mereka bisa melakukannya dari rumah melalui mobile banking atau ATM,” tutur Zul Fahmi, anggota Divisi Bisnis PT USSI. 

Zul melanjutkan bahwa solusi Virtual Account bermanfaat untuk berbagai jenis transaksi, seperti pembayaran, setoran, hingga billing atau tagihan. Selain proses transaksi, BRIVA dari BRIAPI juga memberikan kemudahan dalam melakukan proses rekonsiliasi data transaksi.

Untuk selanjutnya, PT USSI akan melihat potensi BRIVA dan produk-produk BRIAPI lainnya. Hal ini sejalan dengan visi PT USSI sebagai solusi keuangan terdepan bagi lembaga keuangan mikro. 

Fiberconnect dan PT USSI telah membuktikan bahwa BRIVA benar-benar mempermudah sistem pembayaran. Anda pun bisa memperoleh manfaat yang sama dengan menerapkan BRIVA. Integrasikan BRIVA sekarang dan dapatkan manfaatnya.  

***