BRI Jamin Keamanan Open Banking dengan BRIAPI

8 Desember 2020

Sebagai bank nomor satu di Indonesia, BRI turut serta dalam mewujudkan cetak biru Sistem Pembayaran Indonesia 2025 melalui pengembangan open banking dengan menghadirkan BRIAPI. Langkah ini diambil sebagai perwujudan pemanfaatan teknologi digital dan data untuk mendukung bisnis keuangan.

Salah satu langkah pengembangan open banking yang dilakukan BRI adalah dengan mengembangkan layanan open API yaitu BRIAPI. Open API adalah sebuah sistem yang dapat memberikan akses data dan informasi keuangan nasabah melalui Application Programming Interface (API) kepada pihak ketiga yaitu pelaku bisnis yang telah memiliki izin dari nasabah. Dengan izin tersebut, konsumen Anda dapat melakukan transaksi secara mudah dan nyaman langsung lewat aplikasi Anda.

Meski memberikan akses kepada pihak ketiga, BRI tetap berkomitmen untuk menjaga keamanan data nasabah. Langkah kongkrit ini ditunjukkan dengan diraihnya sertifikasi keamanan berstandar internasional yaitu ISO 27001 untuk layanan BRIAPI di tahun 2019 lalu. Sertifikasi ISO 27001 ini menunjukkan bahwa BRIAPI memiliki:

  1. Kejelasan dalam hal alur operasional sistem (clarity)
  2. Proses pengajuan integrasi BRIAPI yang cepat (agility)
  3. Data yang tersimpan di BRIAPI terjamin aman dan tidak akan bocor ke pihak lain (safety)
  4. Menunjukkan kepatuhan akan keamanan sistem informasi terhadap aturan yang berlaku (compliance)
  5. Memiliki manajemen risiko untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat terjadi pada sistem BRIAPI (risk management)
  6. Meminimalisir potensi timbulnya fraud atau penipuan yang dapat membahayakan reputasi BRI (reputation).

Dengan keamanan berstandar internasional tersebut, Anda tak perlu ragu lagi menggunakan berbagai layanan yang tersedia mulai dari fitur pembayaran Direct Debit dan BRIVA, fitur pengisian saldo BRIZZI serta fitur pengecekan lokasi cabang dari BRIAPI untuk membantu pengembangan bisnis Anda.