Tiga Faktor Kunci Kesuksesan Bisnis E-Commerce

2 Agustus 2021

Keranjang belanja e-commerce di atas laptop

Seiring dengan bertumbuh pesatnya angka pengguna Internet di Indonesia, jumlah pengguna e-commerce juga mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Menurut data yang dirilis oleh GlobalWebIndex tahun 2019, Indonesia merupakan negara dengan tingkat adopsi e-commerce tertinggi di dunia. Dimana sebanyak 90% dari pengguna internet berusia 16-64 tahun sudah pernah berbelanja secara online. Menurut McKinsey, nilai kapitalisasi pasar e-commerce Indonesia akan mencapai nilai USD 40 miliar pada tahun 2022.

Hingga tahun 2020 ini, setidaknya telah ada 50 platform e-commerce di Indonesia.  Bahkan, pengguna aktif salah satu e-commerce telah mencapai angka 90 juta. Untuk dapat mengikuti kesuksesan bisnis e-commerce, berikut 3 hal yang harus Anda perhatikan untuk kesuksesan bisnis e-commerce:

  1. Tampilan situs yang menarik dan mudah dimengerti

    Ketika pelanggan memasuki sebuah toko konvensional, tampilan toko, tata letak barang, dan keramahan penjualnya menjadi salah satu tolak ukur kenyamanan bagi pembeli. Hal yang sama sebenarnya juga terjadi pada sebuah bisnis e-commerce. Oleh karena itu, menjadi suatu hal yang penting untuk membuat tampilan website semenarik mungkin namun harus tetap mudah untuk dimengerti. Jangan sampai pelanggan Anda kesulitan mencari hal yang dibutuhkannya karena tampilan situs yang sulit dipahami.

  2.  Pelayanan yang baik

    Walaupun segala hal bisa dilakukan secara otomatis, namun kehadiran customer service (CS) tetap akan dibutuhkan. Dengan adanya CS, pelanggan akan lebih merasa aman ketika akan berbelanja, karena mereka tahu segala masalah bisa diselesaikan dengan customer service yang memiliki pelayanan yang baik.

  3. Kemudahan pembayaran

    Selain tampilan situs dan pelayanan yang baik, kemudahan dalam menyelesaikan pembayaran pesanan juga menjadi satu hal yang penting untuk diperhatikan saat menjalani bisnis e-commerce. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan beberapa opsi pembayaran yang mudah dan cepat seperti melalui virtual account dan direct debit. 

    Anda dapat menghadirkan kedua opsi pembayaran tersebut dengan menggunakan open application programming interface (API) dari BRI atau BRIAPI. Open API ini akan memungkinkan terjadinya integrasi antara sistem e-commerce Anda dengan service dari BRI. Anda bisa memanfaatkan fitur Direct Debit BRIAPI untuk menghadirkan opsi pembayaran direct debit, dan fitur BRIVA BRIAPI untuk memudahkan pembayaran dengan fasilitas virtual account dari BRI.

    Selain API fitur pembayaran, BRIAPI juga memiliki fitur-fitur API lainnya seperti API Lokasi E-Channel BRIAPI dan API Lokasi Cabang BRIAPI untuk mengetahui dimana letak mesin ATM, CRM, dan kantor cabang BRI pada tempat tertentu, serta API BRIZZI BRIAPI agar pelanggan Anda bisa mengisi ulang uang elektronik BRIZZI langsung dari e-commerce Anda