7 Manfaat API Bank bagi Pebisnis dan Developer

13 September 2021

API Bank untuk mengembangkan bisnis

Teknologi yang terus berkembang harus dimanfaatkan dengan baik untuk keperluan usaha. Pemanfaatan teknologi ini dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja bisnis Anda. Terutama di era digital ini, penting bagi suatu bisnis untuk tetap up to date dengan perkembangan teknologi. Berbagai produk teknologi yang ada kini hadir dan menjawab segala kesulitan Anda dalam berbisnis untuk mencapai target yang dituju. 

API adalah Application Programming Interface yang memiliki fungsi untuk menghubungkan aplikasi satu dengan yang lain. API mampu mengintegrasikan beberapa fitur dari aplikasi yang berbeda. API bank merupakan salah satu produk teknologi yang mampu mendukung pengembangan bisnis Anda. Dalam pemanfaatannya, API memiliki banyak kelebihan bagi pelaku bisnis dari sisi sistem pembayaran di perusahaan, maupun pada sistem pengembangan yang dilakukan oleh developer. Jika Anda termasuk pelaku bisnis, kemudahan yang ditawarkan oleh API bank akan sangat penting untuk Anda ketahui. 

Manfaat API Bank bagi Pebisnis

Manfaat API bagi Pebisnis

  1. Meningkatkan kenyamanan pengaturan keuangan

    Dalam berbisnis tentunya tidak lepas dari adanya kegiatan finansial. Penggunaan API bank mampu mempermudah kegiatan keuangan seperti pengaturan cash flow atau pembayaran lainnya. Terlebih lagi jika dalam perusahaan memiliki kebutuhan untuk menggunakan banyak jenis akun untuk melakukan transaksi. Cukup dengan API bank, Anda dapat mengelola berbagai macam transaksi perusahaan dari berbagai bank. 

  2. Menyuguhkan user experience yang lebih memuaskan

    API bank memungkinkan perusahaan untuk memberikan user experience yang lebih memuaskan. Hal ini karena API bank sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan keperluan dan preferensi penggunanya..

  3. Membuka peluang inovasi

    Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh API bank, Anda dapat lebih fokus pada pengembangan inovasi bisnis Anda. API bank akan memudahkan berbagai aktivitas keuangan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda akan tidak akan lagi merasa kerepotan mengurus keuangan secara manual.

  4. Memiliki tingkat keamanan yang tinggi

    Seluruh informasi yang berkaitan dengan keuangan akan lebih aman jika Anda menggunakan API bank. Berbagai aktivitas perbankan akan lebih aman karena pengguna API bank dapat mengatur data mana saja yang dapat diakses oleh pihak ketiga. Anda tidak perlu lagi khawatir akan berbagai kemungkinan kebocoran data.

  5. Memudahkan pengaturan

    API bank dapat memudahkan berbagai pengaturan perbankan yang dapat disesuaikan dengan keperluan bisnis Anda. Hal ini tentu akan memberi aktivitas keuangan bisnis jika Anda memanfaatkannya dengan baik. Kegiatan keuangan bisnis akan menjadi lebih fleksibel dan tidak perlu dioperasikan secara manual.

  6. Akses transaksi yang real-time

    Berbagai jenis transaksi dalam bisnis Anda dapat berlangsung dengan cepat. Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam pembukuan setiap transaksi. Karena prosesnya yang cepat dan otomatis oleh sistem, maka akan meminimalisir terjadinya kesalahan.

  7. Menghemat biaya

    API bank dapat meningkatkan efisiensi keuangan pada bisnis Anda. Karena tidak perlu membangun sistem yang rumit dari awal, maka tidak diperlukan biaya yang besar dalam penggunaannya.

Manfaat API Bank bagi Developer

API mempermudah Developer dalam pengembangan sistem

Selain memiliki banyak manfaat di sisi bisnis, penggunaan API bank juga memiliki nilai tambah tersendiri dari sisi pengembangan oleh developer. Berbagai manfaat yang didapatkan oleh developer dengan menggunakan API bank antara lain adalah:

  1. Efisiensi pengembangan aplikasi

    Integrasi dua aplikasi dengan API dapat membantu komunikasi tanpa perlu dihubungkan secara manual. API juga dapat memberi informasi pembaruan fitur sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan efektif.

  2. Aplikasi yang lebih fungsional

    Developer tidak perlu memasukkan informasi secara manual satu demi satu karena semua dapat terbantu dengan memakai API. API dapat menampilkan fitur yang sama sesuai dengan aplikasi tujuan.

  3. Mempermudah kerja server

    Dengan API bank, server tidak perlu mencari dan menyimpan banyak data yang Anda perlukan. Cukup dengan meminta API mengambil data tersebut dari server asal ketika Anda memerlukannya.

  4. Meningkatkan otomasi perusahaan

    Dengan API, seluruh kerja dapat diintegrasikan pada suatu sistem sehingga tidak memerlukan banyak tenaga kerja. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.

  5. Cakupan yang lebih luas

    Pendistribusian konten atau informasi dapat dilakukan dengan lebih mudah karena lapisan aplikasi dapat dibuat dengan mudah. Sehingga informasi juga dapat disesuaikan dengan target pelanggan yang dituju.

  6. Integrasi yang lebih mudah

    API memungkinkan Anda untuk melakukan embedded dari berbagai website ataupun aplikasi dengan lebih mudah. Dengan demikian informasi dapat disampaikan lebih mudah dan dengan tampilan baik.

  7. Mudah melakukan adaptasi

    API membantu mengantisipasi perubahan dari waktu ke waktu. Dengan API, migrasi data dapat dilakukan dengan lebih baik. Dengan demikian API dapat meningkatkan fleksibilitas pengaturan layanan.

Penggunaan API bank ternyata memang memiliki banyak manfaat baik untuk kegiatan finansial pada suatu bisnis maupun pengembangan sistem oleh developer. Jika Anda berniat untuk mengembangkan bisnis Anda lebih jauh, Anda dapat mempertimbangkan inovasi teknologi seperti API bank untuk menunjang kegiatan finansial bisnis di era digital.

Kemudahan yang ditawarkan oleh API bank akan sangat membantu pengaturan keuangan bisnis Anda dengan performa integrasinya yang baik. BRIAPI menyediakan layanan API bank untuk memudahkan semua pihak mulai dari pebisnis, developer, hingga pelanggan Anda. Segera tingkatkan performa bisnis Anda bersama BRIAPI dan nikmati pengalaman baru dalam berbisnis.