Apa Itu API: Pengertian, Cara Kerja, hingga Manfaat API

24 Agustus 2021

hasil browsing pengguna gadget dengan kata kunci apa itu API

Saat ini, semua kebutuhan manusia dapat dipenuhi hanya melalui satu perangkat: gadget. Ingin membeli tiket pesawat? Cukup akses aplikasi online travel agent melalui gadget Anda. Ingin membeli berbagai barang? Tinggal pilih saja di marketplace favorit Anda. Atau Anda ingin melakukan pembayaran online di outlet makanan favorit? Beragam platform e-wallet dapat menjadi pilihan. Hanya dalam beberapa klik, semua kebutuhan dan keinginan berada di tangan Anda.

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana proses pemilihan tujuan penerbangan, sistem pembayaran di marketplace, hingga barcode untuk e-wallet berjalan? Apa yang sebenarnya terjadi dalam setiap klik yang kita lakukan?

Di dalam proses yang sepertinya tak kasat mata itulah, API bekerja. Bagi para pengembang aplikasi maupun pemilik bisnis, API berperan penting untuk memudahkan pekerjaan sekaligus mencapai tujuan bisnis.

Salah satu contoh API khususnya di ranah open banking API adalah BRIAPI, API yang dikembangkan oleh Bank BRI. Dengan BRIAPI, berbagai layanan BRI dapat Anda temukan dengan mudah di aplikasi-aplikasi yang Anda install di gadget.

Namun sebenarnya, apa itu API, manfaat, cara kerja, hingga jenis-jenisnya? Artikel ini akan membahas semua tentang API khusus untuk Anda.

Apa Itu API?

pengguna gadget sedang mencari apa itu API

API adalah singkatan dari Application Programming Interface atau dapat diartikan sebagai perangkat lunak yang berfungsi menghubungkan suatu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Dengan API, dua aplikasi yang awalnya sama sekali tidak berhubungan dapat terkoneksi dan terintegrasi sehingga mampu mengkomunikasikan fitur-fitur di antara keduanya.

Jika diibaratkan secara sederhana, API adalah jembatan antara dua daratan yang terpisah. Jembatan ini dibangun dengan sekumpulan kode yang menyediakan berbagai access point sehingga informasi dari aplikasi A dapat menyeberang ke aplikasi B secara mulus.

Dalam pengembangan aplikasi, API berperan penting karena memungkinkan suatu aplikasi dapat mengakses data, fitur, layanan, atau sistem operasi yang digunakan oleh aplikasi yang terhubung. Dengan begitu, API dapat menghemat waktu, tenaga, dan uang yang digunakan dalam pengembangan aplikasi. Dapat disimpulkan bahwa API merupakan ‘jalur tikus’ yang memudahkan penggunanya untuk mencapai tujuan.

Manfaat API

Penggunaan API dalam pengembangan aplikasi memiliki berbagai manfaat, di antaranya adalah:

  1. Mengembangkan aplikasi lebih cepat dan efektif

    Dari sisi pengembangan aplikasi, integrasi dua aplikasi dengan API jelas dapat membantu komunikasi tanpa perlu repot-repot menghubungkan keduanya secara manual. API juga akan menginformasikan pembaruan (update) fitur sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan efektif.

  2. Menciptakan aplikasi yang fungsional

    Tidak ada lagi memasukkan informasi secara manual dan melelahkan; semua teratasi apabila Anda memakai API. Berfokus pada fungsi, API dapat menampilkan fitur yang sama dengan aplikasi tujuan.

  3. Meringankan beban kerja server

    Dengan menggunakan API, maka server tidak perlu lagi mencari dan menyimpan data yang sangat banyak jumlahnya. Jika sewaktu-waktu ada data yang diperlukan, maka cukup dengan meminta API untuk mengambilnya dari server asal.

Semua manfaat di atas juga akan Anda dapatkan ketika menggunakan BRIAPI sebagai jembatan integrasi aplikasi. Apa pun bisnis yang Anda jalankan, BRIAPI akan memudahkan pengalaman bertransaksi bagi pelanggan Anda.

Cara Kerja API

 pengguna sedang memasang puzzle dengan tema ‘‘apa itu API’

Secara garis besar, cara kerja API adalah sebagai berikut:

  1. Aplikasi mengakses API

    Di tahap ini, pengguna mengakses sebuah aplikasi. Misalnya, Anda ingin membeli suatu barang di marketplace. Ketika Anda ingin membayar, salah satu opsi pembayaran yang tersedia adalah melalui BRIVA atau BRI Virtual Account. Anda kemudian memilih BRIVA sebagai opsi pembayaran. Selanjutnya, marketplace tersebut akan mengakses API BRIVA yang sudah terintegrasi dengannya

  2. API melakukan request ke server

    Setelah aplikasi berhasil mengakses alamat API BRIVA, permintaan tersebut akan diteruskan ke server BRIAPI. API BRIVA menginformasikan kepada server BRIAPI bahwa BRIVA dipilih sebagai opsi pembayaran yang butuh ditindaklanjuti.

  3. Server memberi respon ke API

    Ketika menemukan data yang sesuai permintaan, server kembali menghubungi API BRIVA. Data tersebut berupa nomor unik institusi, nama Anda selaku nasabah BRI, dan jumlah nominal yang harus dibayarkan.

  4. API menyampaikan respon ke aplikasi Selanjutnya, API BRIVA meneruskan informasi tersebut dari server ke marketplace.

Jenis API

Ada tiga jenis API yang paling umum digunakan oleh pengembang aplikasi maupun pemilik bisnis. Ketiganya adalah:

  1. Private API

    Private API adalah API yang digunakan dalam pengembangan aplikasi secara terbatas. Contohnya, API dari back end yang digunakan untuk mengakses front end sebuah website.

  2. API partners

    Partner API adalah API yang dibagikan kepada mitra bisnis yang telah memiliki izin penggunaan. Caranya adalah dengan mendaftar pada penyedia API untuk mendapatkan izin tersebut.

  3. Public API

    Public API atau Open API adalah API yang dapat diakses oleh siapa pun untuk platform apa pun. API jenis ini juga merupakan yang paling mudah dari sisi penggunaan. Salah satu API jenis ini adalah BRIAPI.

    Sebagai open API pertama di Asia Tenggara yang mendapat sertifikasi PA-DSS (Payment Application Data Security Standard), BRIAPI telah berkolaborasi dengan lebih dari 200 perusahan mitra, mulai dari marketplace seperti Tokopedia dan Shopee, ride-hailing, fintech seperti Gopay, OVO, dan LinkAja, hingga instansi pemerintahan seperti Kemendikbud dan Koperasi Jaringan Masyarakat Indonesia.

Nah, sudah lebih paham mengenai API? Sebagai jembatan integrasi antaraplikasi, API memudahkan semua pihak mulai dari pemilik bisnis, pengembang aplikasi atau website, hingga konsumen produk selaku pengguna aplikasi maupun website tersebut. Dan sebagai penyedia layanan API, BRIAPI dapat meningkatkan fleksibilitas layanan bisnis Anda dan membuat Anda selangkah lebih dekat dengan 70 juta nasabah BRI di Indonesia.