Mengenal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2006, merupakan salah satu direktorat di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang bertugas dalam pengelolaan kekayaan negara. Selain itu, DJKN juga bertanggung jawab dalam melakukan koreksi nilai neraca pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL). Kedua peran tersebut diharapkan dapat meningkatkan upaya Penertiban Barang Milik Negara (BMN) yang terdiri dari kegiatan inventarisasi, penilaian, dan pemetaan permasalahan BMN.

Mengingat tanggung jawab pengelolaan aset negara yang merupakan pos terbesar neraca pada LKPP, dan sebagai kontributor perkembangan perekonomian nasional, saat ini DJKN tengah berupaya melakukan transformasi kelembagaan untuk meningkatkan dan mempertajam fungsi DJKN yang berkaitan dengan manajemen aset dan special mission pengelolaan kekayaan negara.

Sejalan dengan upaya tersebut, saat ini DJKN tengah berfokus melakukan optimalisasi dan transformasi digital untuk mendukung kemudahan dalam pengamanan aset negara, mengingat saat ini teknologi digital dan layanan e-government yang reliabel telah menjadi salah satu kebutuhan utama dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Salah satu upaya transformasi digital yang dilakukan adalah optimalisasi layanan pada Portal Lelang Indonesia. Oleh karena itu, dalam mendukung pengembangan portal tersebut, DJKN berkolaborasi dengan BRIAPI dalam menyediakan layanan BRIVA Web Service (WS) dan BRIVA Push Notification untuk mempermudah mekanisme pembayaran dan upaya percepatan penerimaan negara dari sisi pelaksanaan lelang.

 

Potensi dan Tantangan Penerimaan Negara melalui Mekanisme Portal Lelang Indonesia

Berdasarkan data Road Map dan Rencana Kerja Direktorat Lelang tahun 2019-2028, DJKN memiliki target kinerja lelang berupa Pokok Lelang dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) selalu naik setiap tahunnya. Hal ini didasarkan pada data historis kinerja lelang, terjadi lonjakan target pokok lelang yang signifikan terjadi mulai tahun 2018, yakni 30 triliun rupiah. Untuk mencapai target lelang yang sangat potensial tersebut, DJKN berupaya melakukan pembaharuan, pengembangan, serta penguatan untuk mendukung keberlangsungan layanan lelang selaras dengan konsep digitalisasi proses bisnis lewat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang adaptif, efisien, dan berkelanjutan.

Dalam upaya peningkatan dari sisi teknis pengembangan aplikasi bagi Portal Lelang Indonesia, situs lelang.go.id menjadi aplikasi utama layanan DJKN yang perlu mendapatkan perhatian agar aplikasi senantiasa sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang bertumbuh semakin cepat. Dilihat dari potensi penerimaan negara, pelaksanaan lelang mempunyai potensi yang sangat besar dalam menyumbang PNBP dan juga menyumbang Penerimaan Pajak Pusat (PPh) serta Penerimaan Pajak Daerah (BPHTB). Oleh karena itu, upaya pengembangan aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan potensi penerimaan dan aset negara melalui mekanisme pelelangan pada platform tersebut.

 

Solusi untuk Mempermudah Pelaksanaan Lelang 

BRI Virtual Account (BRIVA) adalah sebuah metode pembayaran digital melalui Virtual Account (VA) yang bersifat unik dan dibuat khusus untuk masing-masing pelanggan. Untuk setiap transaksi, pelanggan akan dirujuk ke nomor VA yang telah dibuat tersebut untuk melakukan pembayaran.

Dalam mekanisme transaksinya, pelanggan tinggal memilih opsi pembayaran BRIVA sebagai metode pembayaran. Kemudian, kode pembayaran berbentuk customer ID akan dikirimkan ke pelanggan secara otomatis. Langkah selanjutnya adalah pelanggan bisa langsung melakukan transfer ke nomor VA tersebut. Jika transaksi yang dilakukan telah valid, maka transaksi tersebut pun selesai.

Dalam kolaborasi dengan BRI, DJKN menggunakan layanan BRIVA WS dan BRIVA Push Notification. BRIVA WS digunakan untuk mempermudah dan mempercepat transaksi pembayaran pada Portal Lelang Indonesia, dimana fitur ini memiliki keunggulan dibandingkan transfer manual, yaitu tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran lelang secara manual karena datanya akan terverifikasi secara otomatis. Sedangkan BRIVA Push Notification digunakan untuk memberikan notifikasi dari sistem BRI kepada DJKN ketika terdapat pembayaran transaksi lelang dari nomor VA pelanggan. 

Penggunaan kedua fitur tersebut diharapkan dapat memudahkan transaksi pembayaran yang terjadi di Portal Lelang Indonesia, terutama bagi pengguna yang juga merupakan nasabah bank BRI. Layanan tersebut akan mempercepat proses transaksi pembayaran, karena setelah melakukan transfer, pengguna tidak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran melalui pengiriman bukti transfer. Di sisi lain, DJKN juga akan mendapatkan informasi mengenai transaksi pelelangan yang terjadi dengan lebih mudah dan cepat, seperti informasi transaksi pembayaran masuk dan dana keluar yang lebih real-time.

 

Kesimpulan

BRIAPI berupaya terus memberikan layanan yang prima dan optimal berbasis pendekatan bisnis secara customer-oriented, dan akan terus membuka kolaborasi dengan banyak merchant, lembaga, dan instansi di seluruh Indonesia. BRIAPI saat ini sudah memiliki lebih dari 124 layanan API yang digunakan oleh lebih dari 700 mitra, dengan berbagai klasifikasi ekosistem, seperti pendidikan, financial technology, koperasi, pemerintahan, BUMN, dan lain-lain. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu pelanggan dalam mempermudah dan memperluas jaringan pembayaran di setiap bisnisnya, salah satunya DJKN yang saat ini menjadi kontributor perkembangan perekonomian nasional melalui pengelolaan aset dan kekayaan negara.

Kolaborasi antara BRIAPI dan DJKN ini juga menjadi bagian dari strategi BRI untuk menjalankan kerja sama yang dapat berdampak positif dan berkelanjutan dalam arus perekonomian masyarakat, sehingga BRI dapat berkontribusi dalam pemenuhan capaian inklusi finansial di Indonesia.

 

 

We found 130 APIs based on your keyword and filter choices.
BRIApi Icon_Account Information.png Informasi Rekening

Memberikan Informasi mengenai pengecekan nama, status, dan juga saldo rekening anda

Akun Informasional SNAP BI
View More

Informasi Rekening

Notifikasi Transaksi Merchant Presented Mode Notifikasi

Layanan API yang memungkinkan untuk memberikan notifikasi setiap terdapat transaksi QRIS.

Pembayaran Ritel UMKM Transaksional
View More

QRIS

TF TO BRI Transfer Antar Rekening BRI

Fasilitas transfer antar rekening BRI yang praktis dan mudah.

SNAP BI Transfer Transaksional
View More

Transfer Antar Rekening BRI

Related Case Study

Dukung Eksistensi SNAP di Lingkungan Perguruan Tinggi: UGM Gunakan BRIVA Online untuk Kemudahan Transaksi Mahasiswa

Kolaborasi antara UGM dan BRIAPI akan mendukung eksistensi SNAP di Indonesia dengan mempercepat adopsi teknologi pembayaran digital efisien, aman, dan andal di lingkungan perguruan tinggi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa dan staf, serta mendukung visi BRI dalam memperluas inklusi keuangan di pendidikan. Selain itu, kolaborasi ini juga memperkuat peran UGM dalam berkontribusi mengembangkan ekosistem pembayaran digital yang efisien dan terintegrasi di Indonesia.

BRIAPI admin

Juni 28, 2024
Baca Lebih Lanjut
logo-ugm

Implementasi BRIVA di Universitas Budi Luhur dan Universitas Tompotika: Membantu Peningkatan Eksistensi SNAP di Lingkungan Pendidikan

Kolaborasi kontinu antara UBL dan UNTIKA dengan BRIAPI diharapkan dapat mempercepat adopsi teknologi pembayaran digital, memastikan transaksi yang transparan dan aman, serta meningkatkan kepuasan mahasiswa dan staf. Kolaborasi ini tidak hanya mendukung visi BRI dalam memperluas inklusi keuangan di Indonesia, tetapi juga memperkuat peran perguruan tinggi dalam berkontribusi mengembangkan ekosistem pembayaran digital yang efisien dan terintegrasi di Indonesia.

BRIAPI admin

Juni 07, 2024
Baca Lebih Lanjut
thumbnail-artikel-ubl-dan-untika

Indomaret Gunakan Sistem QRIS BRIAPI untuk Mempermudah Metode Pembayaran ke Pelanggan

BRIAPI berusaha terus mendukung dan mengutamakan pendekatan bisnis berbasis pelanggan, dan akan terus membuka kolaborasi dengan banyak merchant di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat membantu merchant dalam mempermudah dan memperluas jaringan pembayaran di setiap bisnisnya, salah satunya Indomaret yang saat ini telah memiliki lebih dari 22.000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

BRIAPI admin

Desember 04, 2023
Baca Lebih Lanjut
Indomaret Gunakan Sistem Pembayaran QRIS BRIAPI untuk Mempermudah Metode Pembayaran ke Pelanggan

Siap Kembangkan Bisnis Anda?

Masuk Sekarang