Universitas Gadjah Mada (UGM), sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, merupakan universitas negeri yang didirikan pada masa awal kemerdekaan Indonesia dan telah berperan sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan. Kampus UGM didirikan pada tanggal 16 Desember 1949 dan terletak di Bulaksumur, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DI Yogyakarta). Sebagai universitas tertua di Indonesia, UGM memiliki lebih dari 61.000 mahasiswa dan 374 guru besar, serta menawarkan berbagai program studi dan pusat riset untuk mendukung inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Dalam upaya menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia bahkan di ranah global, UGM mengusung visi untuk menjadi pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan. Hal ini juga linier dengan komitmen misi yang akan dicapai, yaitu menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan komitmen tersebut, UGM terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dan riset untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat.

Sejalan dengan komitmen tersebut, saat ini UGM berupaya melakukan optimalisasi layanan portal pembayaran perkuliahan untuk mendukung kemudahan transaksi mahasiswa. Untuk implementasi pengembangan portal tersebut, UGM berkolaborasi dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI), melalui BRIAPI dalam menyediakan layanan BRIVA Online guna mempermudah mekanisme pembayaran dan mempercepat transaksi bagi mahasiswa.

 

Potensi SNAP dalam Mendukung Mekanisme Pembayaran Digital yang Aman dan Terintegrasi

Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) yang diprakarsai oleh Bank Indonesia (BI) bertujuan untuk menciptakan ekosistem pembayaran digital yang sehat, kompetitif, dan inovatif. Dengan melakukan standarisasi spesifikasi teknis pada mekanisme SNAP, hal ini dapat mendukung terciptanya mekanisme pembayaran yang mampu melindungi keamanan data konsumen, meningkatkan prinsip kehati-hatian bagi penyedia dan pengguna layanan, serta menciptakan ekosistem pembayaran digital yang efisien, aman, dan handal.

Sejalan dengan tujuan Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui layanan BRIAPI, penerapan SNAP di lingkungan perguruan tinggi juga sejalan dengan upaya BRI dalam berkontribusi menciptakan inklusi finansial di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan memperluas ekosistem pembayaran digital yang masif di bidang pendidikan. Oleh karena itu, BRIAPI selalu berkomitmen untuk menjalin kolaborasi dengan banyak merchant, lembaga, instansi, dan bahkan perguruan tinggi di seluruh Indonesia, termasuk UGM.

Komitmen BRIAPI ini juga dilakukan untuk mendukung eksistensi implementasi SNAP yang harus terlaksana sebelum tanggal 30 Juni 2025 untuk usaha mikro, kecil, menengah, serta lembaga nirlaba, termasuk yayasan atau perguruan tinggi. Hasil implementasi layanan SNAP di lingkungan kampus nantinya diharapkan dapat mempermudah mekanisme pembayaran biaya pendidikan, pengelolaan dana pendidikan, dan transaksi keuangan lainnya secara efisien dan terintegrasi.

 

Potensi BRIVA Online untuk Mempermudah Layanan Pembayaran Digital di Universitas Gadjah Mada 

BRI Virtual Account (BRIVA) adalah metode pembayaran digital menggunakan Virtual Account (VA) yang bersifat unik untuk setiap pelanggan. Pelanggan nantinya dapat menggunakan nomor VA tersebut untuk melakukan pembayaran setiap transaksi. Dalam mekanisme penggunaannya, pelanggan perlu memilih BRIVA sebagai metode pembayaran, kemudian pelanggan akan menerima kode pembayaran (customer ID) berupa nomor VA secara otomatis. Setelah itu, pelanggan tinggal melakukan transfer ke nomor VA tersebut melalui aplikasi BRImo. Setelah transaksi divalidasi dan dianggap berhasil, maka proses transaksi selesai.

Dalam kolaborasi dengan BRIAPI, UGM menggunakan layanan BRIVA Online untuk mempermudah mekanisme pembayaran uang perkuliahan pada Portal Mahasiswa. Layanan ini memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan transfer manual, yaitu mahasiswa tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran uang kuliah secara manual karena datanya akan terverifikasi secara otomatis.

Implementasi BRIVA Online diharapkan memiliki dampak positif terhadap efisiensi operasional dan kemudahan layanan pembayaran bagi mahasiswa. Hal ini dikarenakan integrasi sistem kampus UGM dengan mekanisme layanan BRIVA Online BRIAPI memungkinkan otomatisasi proses pembayaran, notifikasi, dan konfirmasi, meningkatkan keterjangkauan melalui fleksibilitas pembayaran, dan memastikan keamanan data melalui proses enkripsi.

Secara jangka panjang, implementasi ini diharapkan dapat mengurangi biaya pemeliharaan, mendukung kepatuhan hukum, dan eksistensi implementasi SNAP di Indonesia.

 

Kesimpulan

BRIAPI fokus pada layanan terbaik berbasis pendekatan bisnis customer-oriented. Kami terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai merchant, lembaga, dan instansi di seluruh Indonesia. Saat ini, BRIAPI telah mengembangkan lebih dari 124 layanan API yang digunakan oleh lebih dari 700 mitra, mencakup berbagai ekosistem seperti pendidikan, financial technology, koperasi, pemerintahan, dan BUMN.

Kolaborasi antara UGM dan BRIAPI akan mendukung eksistensi SNAP di Indonesia dengan mempercepat adopsi teknologi pembayaran digital efisien, aman, dan andal di lingkungan perguruan tinggi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa dan staf, serta mendukung visi BRI dalam memperluas inklusi keuangan di pendidikan. Selain itu, kolaborasi ini juga memperkuat peran UGM dalam berkontribusi mengembangkan ekosistem pembayaran digital yang efisien dan terintegrasi di Indonesia.

We found 130 APIs based on your keyword and filter choices.
BRIApi Icon_Account Information.png Informasi Rekening

Memberikan Informasi mengenai pengecekan nama, status, dan juga saldo rekening anda

Akun Informasional SNAP BI
View More

Informasi Rekening

Notifikasi Transaksi Merchant Presented Mode Notifikasi

Layanan API yang memungkinkan untuk memberikan notifikasi setiap terdapat transaksi QRIS.

Pembayaran Ritel UMKM Transaksional
View More

QRIS

TF TO BRI Transfer Antar Rekening BRI

Fasilitas transfer antar rekening BRI yang praktis dan mudah.

SNAP BI Transfer Transaksional
View More

Transfer Antar Rekening BRI

Related Case Study

Implementasi BRIVA di Universitas Budi Luhur dan Universitas Tompotika: Membantu Peningkatan Eksistensi SNAP di Lingkungan Pendidikan

Kolaborasi kontinu antara UBL dan UNTIKA dengan BRIAPI diharapkan dapat mempercepat adopsi teknologi pembayaran digital, memastikan transaksi yang transparan dan aman, serta meningkatkan kepuasan mahasiswa dan staf. Kolaborasi ini tidak hanya mendukung visi BRI dalam memperluas inklusi keuangan di Indonesia, tetapi juga memperkuat peran perguruan tinggi dalam berkontribusi mengembangkan ekosistem pembayaran digital yang efisien dan terintegrasi di Indonesia.

BRIAPI admin

Juni 07, 2024
Baca Lebih Lanjut
thumbnail-artikel-ubl-dan-untika

Perkuat Upaya Penerimaan Negara dari Portal Lelang Indonesia, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Gunakan Layanan BRIVA WS dan BRIVA Push Notification dari BRIAPI

BRIAPI berupaya terus memberikan layanan yang prima dan optimal berbasis pendekatan bisnis secara customer-oriented, dan akan terus membuka kolaborasi dengan banyak merchant, lembaga, dan instansi di seluruh Indonesia. BRIAPI saat ini sudah memiliki lebih dari 124 layanan API yang digunakan oleh lebih dari 700 mitra, dengan berbagai klasifikasi ekosistem, seperti pendidikan, financial technology, koperasi, pemerintahan, BUMN, dan lain-lain. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu pelanggan dalam mempermudah dan memperluas jaringan pembayaran di setiap bisnisnya, salah satunya DJKN yang saat ini menjadi kontributor perkembangan perekonomian nasional melalui pengelolaan aset dan kekayaan negara.

BRIAPI admin

Maret 21, 2024
Baca Lebih Lanjut
djkn-kemenkeu-ri

Indomaret Gunakan Sistem QRIS BRIAPI untuk Mempermudah Metode Pembayaran ke Pelanggan

BRIAPI berusaha terus mendukung dan mengutamakan pendekatan bisnis berbasis pelanggan, dan akan terus membuka kolaborasi dengan banyak merchant di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat membantu merchant dalam mempermudah dan memperluas jaringan pembayaran di setiap bisnisnya, salah satunya Indomaret yang saat ini telah memiliki lebih dari 22.000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

BRIAPI admin

Desember 04, 2023
Baca Lebih Lanjut
Indomaret Gunakan Sistem Pembayaran QRIS BRIAPI untuk Mempermudah Metode Pembayaran ke Pelanggan

Siap Kembangkan Bisnis Anda?

Masuk Sekarang