payment gateway mesin edc

Untuk menjawab kebutuhan yang terus meningkat akan transaksi online yang melindungi semua pihak, teknologi seperti payment gateway pun dikembangkan secara masif selama satu dekade terakhir.

Hadirnya payment gateway ini selaras dengan laporan Experian yang menyatakan bahwa 55% konsumen sepakat bahwa keamanan bertransaksi merupakan aspek terpenting dari pengalaman berbelanja online mereka.

Dari laporan yang sama juga diketahui bahwa 49% dari total responden mengharapkan pemilik bisnis untuk berkomitmen dalam memperkuat keamanan toko mereka. Alhasil, penerapan teknologi ini pun semakin dirasa penting bagi para pelaku e-commerce dewasa ini, entah itu oleh penjual atau pembeli.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas seluk beluk payment gateway, seperti pengertian, ragam, manfaat, dan cara kerjanya. Di samping itu, supaya Anda semakin mengenal teknologi ini dengan baik, kami telah mencantumkan contoh pemain payment gateway di Indonesia.

Pertama-tama, Anda dapat memulai dengan mempelajari terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan payment gateway melalui penjelasan berikut ini.

Apa Itu Payment Gateway ?

pembayaran mesin kasir

Istilah “payment gateway” merujuk pada perangkat lunak yang mengotorisasi pembayaran yang dilakukan secara daring. Software tersebut terhubung ke e-commerce atau yang memproses sistem pembayaran. Contohnya, jaringan pemrosesan kartu kredit atau perbankan digital.

Payment gateway juga merupakan pihak ketiga antara penjual dan pembeli yang secara aman mengirim uang pelanggan ke rekening bank merchant. Anda dapat menjumpainya di sebagian besar gerai ritel dalam wujud terminal point-of-sale (POS), walaupun payment gateway juga mempunyai bentuk lain.

Pada dasarnya, teknologi ini melakukan hal-hal berikut:

  • Terintegrasi dengan rekening pedagang
  • Mencatat rincian pembayaran untuk transaksi konsumen
  • Mengarahkan informasi ke pemroses pembayaran atau pengakuisisi
  • Menyampaikan pemberitahuan persetujuan atau penolakan kembali ke merchant

Bagi pelaku bisnis online, layanan ini merupakan unsur penting yang memudahkan menerima pembayaran online lewat berbagai metode. Misalnya, dengan kartu kredit, cek elektronik, ataupun e-wallet.

Poin plus lainnya dari teknologi ini adalah kemudahan yang diperoleh para merchant untuk menerima pembayaran langsung dari marketplace atau website mereka tanpa perlu mengunduh atau menginstal plug-in tambahan.

Di sisi lain, bagi pembeli, pengalaman transaksi yang tidak bertele-tele adalah sebuah keharusan. Nah, payment gateway memungkinkan kapabilitas ini, menjadikan kegiatan jual beli online semudah mungkin bagi semua pihak.

Alhasil, tidak mengherankan apabila layanan ini semakin marak dalam ekosistem e-commerce di tanah air. Selanjutnya, ketahui fungsi yang dimiliki dari tipe-tipe tertentu dengan melanjutkan ke uraian di bawah ini.

Mengenal Berbagai Macam Payment Gateway

 pembayaran tap nfc ponsel

Ada tiga jenis payment gateway yang umum digunakan, yaitu:

1. Hosted Payment Gateway

Dalam hosted payment gateway, ketika pembeli mengklik gateway link dari halaman checkout, pembeli akan diteruskan ke halaman payment service provider. Setelah pembeli mengisikan data mereka di sana, mereka akan dikembalikan ke website penjual untuk menyelesaikan pembayaran. Contoh dari hosted payment gateway adalah PayPal.

2. Self-hosted Payment Gateway

Dalam metode ini, website penjual memproses sendiri data-data terkait pembayaran yang dilakukan oleh pembeli. Data tersebut kemudian dikirimkan ke link payment gateway dalam format yang terenkripsi untuk menjaga kerahasiaannya. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bisnis Anda bekerja sama dengan provider yang kredibel dan terjamin keamanannya. Contoh self-hosted payment gateway adalah ShopeePay.

3. API Hosted Payment Gateway

Melalui API Hosted Payment Gateway, proses transaksi pembayaran didukung oleh penyedia layanan melalui API. Pembeli memasukkan informasi untuk pembayaran (misalnya kartu debit atau kartu kredit) langsung di halaman checkout di website penjual dan pembayaran diproses menggunakan API milik payment gateway. Melalui API, meskipun terjadi pertukaran data, keamanan data konsumen tetap terjaga karena pihak ketiga tidak dapat mengumpulkan data konsumen tersebut. BRIAPI merupakan salah satu contoh penyedia layanan API payment gateway ini.

 

Apa Saja Manfaat Payment Gateway?

pembayaran cashless credit card

 

Bagi Pemilik Bisnis

 

1. Menyederhanakan Proses Pembayaran

Manfaat terbesar dari menggunakan payment gateway adalah terwujudnya proses pembayaran yang lebih mudah. Seluruh prosedur akan disederhanakan, mulai dari permintaan, otorisasi, penerimaan, hingga konfirmasi. Selain itu, karena sistem pembayaran telah serba terintegrasi, proses transaksi pun menjadi lebih cepat, baik itu untuk pembeli maupun untuk penjual.

2. Customizable

Manfaat selanjutnya, seller juga dapat menyesuaikan proses checkout di toko atau bisnis dengan keperluan dan preferensi masing-masing.

Jika Anda adalah seorang pebisnis yang ingin mempertahankan branding yang konsisten di website Anda, maka Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk segera menerapkan payment gateway.

3. Pengalaman Transaksi Yang Lebih Aman

Inovasi payment gateway dilengkapi fitur keamanan dan pencegahan penipuan yang canggih. Ini karena data pembeli dan informasi terkait transaksi tersebut tidak disimpan oleh merchant, melainkan penyedia sistem.

4. Mendukung Beberapa Jenis Transaksi

Beberapa payment gateway dapat mendukung berbagai jenis transaksi sekaligus, bukan hanya pembayaran tertentu saja. Saat ini, semakin banyak pilihan metode pembayaran alternatif yang digunakan oleh orang-orang, sehingga dengan mengimplementasikan payment gateway, semakin banyak pula yang dapat Anda fasilitasi.

Baca Juga: Optimalkan Peluang Bisnis Digital dengan API Terstandarisasi BI dari BRI

 

Bagi Konsumen

 

1. Menghadirkan Kemudahan dalam Bertransaksi

Konsumen dapat berbelanja dan melakukan pembayaran kapan saja dan di mana saja berkat payment gateway. Alhasil, pembayaran secara online pun menjadi jauh lebih nyaman dan mudah dari sebelumnya.

Selain itu, tidak seperti toko fisik yang memiliki jam operasional, pelanggan tidak terhalang batasan waktu untuk bertransaksi.

2. Mempercepat Proses Pembayaran

Dengan layanan ini, pembayaran dapat dilakukan hanya dengan sekali klik. Pembeli juga mempunyai lebih dari satu opsi untuk melakukan pembayaran secara berulang. Oleh karena itu, prosesnya pun semakin nyaman dan cepat tanpa harus meng-input informasi dari nol.

3. Keamanan yang Terlindungi

Anda perlu memastikan bahwa Anda bekerja sama dengan provider payment gateway yang memiliki kredibilitas dan keamanan yang terjamin, dengan melihat standar keamanan yang berhasil dipenuhinya. Salah satu standar keamanan yang berlaku internasional adalah Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS), yakni seperangkat ketentuan yang mengatur agar semua perusahaan yang memproses, menyimpan, atau mengirimkan informasi transaksi menciptakan lingkungan transaksi yang aman.

Bagi penyedia API, Bank Indonesia juga telah meluncurkan Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) yang bertujuan menciptakan industri sistem pembayaran yang sehat, inovatif, dan kompetitif guna menyediakan layanan payment system yang bukan hanya mudah dan efisien, melainkan juga terjamin keamanannya.

Hasilnya, keamanan data nasabah selama proses transaksi terjamin. Juga, kepercayaan pembeli pada pedagang pun meningkat.

4. Transaksi yang Lebih Cepat

Daya tarik lainnya dari payment gateway adalah bahwa semua transaksi terjadi lebih cepat daripada pemrosesan secara manual. Nah, di samping menghemat waktu, metode ini juga membawa kenyamanan nomor satu bagi pembeli.

 

Cara Kerja Payment Gateway

Layanan ini bertindak sebagai antarmuka antara situs web merchant dan bank pemrosesan pembayaran atau pengakuisisi. Payment gateway sendiri dapat digunakan untuk berbagai jenis metode pembayaran, akan tetapi uraian di bawah ini akan fokus pada pembayaran online menggunakan kartu kredit.

Pertama, payment gateway mengenkripsi detail kartu kredit yang tergolong “sensitif” untuk memastikan bahwa informasi bergulir dengan aman antara pembeli, penjual, dan pengakuisisi. Lalu, ketika konsumen membeli produk atau layanan di website yang terhubung ke gateway, perangkat lunak akan memproses transaksi tersebut.

Setelah pelanggan mengonfirmasikan pesanan mereka serta melakukan checkout, website akan mengarahkan mereka ke halaman pembayaran untuk memasukkan detail kartu kredit.

Berikutnya, payment gateway memproses transaksi dan mengirimkan semua informasi ke bank melalui pengakuisisi dan skema kartu yang berlaku. Setelah pembayaran dikonfirmasi, gateway mengirimkan transaksi yang valid kembali ke situs web merchant.

Akhirnya, merchant memberitahu pelanggan bahwa pembelian telah berhasil.

Hebatnya, seluruh proses ini hanya membutuhkan waktu sekitar tiga detik, menjadikan payment gateway inovasi termutakhir.

Baca Juga: Tren Pembayaran Digital di Indonesia dan Peran BRIAPI di Dalamnya

 

Contoh Pemain Payment Gateway di Indonesia

pembayaran debit card

Dengan maraknya penggunaan payment gateway Indonesia, BRI turut hadir untuk menawarkan fitur dan layanan perbankan terbaik guna mendukung berkembangnya sistem pembayaran digital. Salah satunya adalah melalui BRIAPI, teknologi open banking yang dikembangkan oleh BRI.

BRIAPI sendiri sudah meluncurkan berbagai produk untuk mengakomodasi ragam proses transaksi yang ada, di antaranya BRI Direct Debit dan BRIVA.

Tak hanya itu, BRIAPI telah berkolaborasi dengan banyak mitra dan bertindak sebagai saluran pemroses yang aman selama proses pembayaran. Dengan kata lain, BRIAPI memungkinkan pemilik bisnis untuk mempermudah proses pembayaran bagi pelanggan dengan mengintegrasikan semuanya di satu tempat.

Adapun contoh brand yang bekerja sama dengan BRIAPI adalah:

 

1. Indomaret

BRIAPI menawarkan solusi pembayaran untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan Indomaret Group. Tepatnya di Indogrosir online. Produk BRIAPI BRIVA diintegrasikan di sini karena Indogrosir ingin memperkaya pilihan channel pembayaran bagi konsumen mereka.

Lewat BRIVA, konsumen Indogrosir bisa melakukan pembayaran yang lebih aman dan simpel. Selain itu, sistemnya otomatis sehingga tidak mereka tidak perlu melakukan konfirmasi secara manual.

2. Tokopedia

BRIAPI juga hadir di Tokopedia, salah satu marketplace terbesar di Indonesia. API yang digunakan adalah BRIVA dan Transfer Antar Bank. Dengan integrasi tersebut, otomatisasi dan pemrosesan pembayaran untuk transaksi di marketplace ini menjadi lebih cepat.

3. Shopee

BRIAPI juga mendukung transaksi online di Shopee. Di sini, BRIAPI mempermudah layanan transaksional lewat BRIVA, Direct Debit, Transfer Antar Bank, hingga BRIZZI. Lewat e-money BRIZZI yang diimplementasikan di Shopee, user Shopee dapat melakukan top up dan mengakses BRIZZI lewat akun Shopee mereka.

4. Doku

Doku sejatinya adalah payment gateway yang juga berfungsi sebagai e-wallet. Doku diintegrasikan dengan salah satu produk BRIAPI, yaitu BRIVA. Sehingga, apabila konsumen ingin top up saldo Doku, pengguna dapat top up saldo via BRIVA, tanpa harus berpindah aplikasi.

5. LinkAja

Sama halnya dengan top-up saldo Doku, pengguna LinkAja yang juga merupakan nasabah BRI dapat memanfaatkan BRIVA untuk menyelesaikan transaksi dengan mudah.

6. OVO

BRIVA, yang notabene salah satu produk unggulan BRIAPI, juga dapat dinikmati oleh pengguna OVO untuk berbagai keperluan selama menggunakan super app sekaligus dompet digital tersebut.

7. Xendit

Xendit menyediakan solusi pembayaran digital. Xendit berkolaborasi dengan open banking API milik BRI, yakni BRIAPI. Dua produk BRIAPI yang diintegrasikan oleh Xendit adalah BRI Direct Debit dan Transfer Antar Rekening BRI.

8. K24Klik

K24Klik adalah aplikasi tempat konsumen dapat membeli obat secara online. Apotek online milik PT K-24 Indonesia ini diintegrasikan dengan BRIVA. Selama periode tersebut, aplikasi K24Klik mengalami kenaikan transaksi hingga 200%.

 

Penutup

Dengan memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang payment gateway, kini Anda dapat mengarahkan bisnis Anda ke haluan yang lebih menguntungkan dengan memilih opsi yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Di saat yang bersamaan, Anda pun turut menunjukkan kepedulian Anda terhadap keamanan data-data pelanggan selagi bertransaksi di toko online Anda.

Dan, apabila Anda sudah siap untuk menjajaki opsi tersebut, BRIAPI ada sebagai solusi tepat untuk menumbuhkan bisnis Anda. Amankan transaksi, tingkatkan pengalaman belanja, dan perluas basis pelanggan Anda dengan mendaftar ke BRIAPI sekarang.