Sistem pembayaran e-commerce menggunakan open banking menjadi salah satu jawaban untuk berbagai permasalahan pembayaran secara tunai. Mulai dari kesalahan nominal transfer hingga berkurangnya efisiensi waktu.

Open banking seperti open banking BRI turut mengubah bagaimana cara konsumen dalam menggunakan layanan keuangan. Apalagi open banking BRI memiliki banyak peran vital untuk perkembangan dan kemajuan sistem pembayaran e-commerce di Indonesia.

 

Open Banking, Solusi Kemudahan Metode Pembayaran E-Commerce

Dalam perkembangannya, ada berbagai cara untuk melakukan pembayaran secara online di e-commerce. Agar semakin memudahkan pemilik bisnis dan pelanggan, perbankan menawarkan berbagai fitur menarik agar experience belanja di e-commerce jadi lebih nyaman, menyenangkan, dan efisien. Salah satunya yaitu menghadirkan teknologi open banking.

Open banking merupakan salah satu jenis layanan keuangan yang populer. Layanan ini memungkinkan sistem pembayaran e-commerce untuk diintegrasikan dengan layanan transaksi keuangan oleh bank secara terbuka. Integrasi ini dapat dilakukan lewat teknologi application programming interface atau API.

Solusi Open Banking untuk Sistem Pembayaran E-Commerce

pembayaran e-commerce dengan solusi open banking

Memiliki ekonomi digital yang sangat potensial serta terus tumbuh, Indonesia turut mengadopsi penggunaan sistem open banking. Penerapan sistem open banking ini bermula pada tahun 2019.

Saat itu, Bank Indonesia sebagai regulator utama di bidang pembayaran nasional meresmikan blueprint sistem pembayaran Indonesia atau BSPI 2025. Dalam peluncuran BSPI 2025 ini, sistem pembayaran online open banking masuk dalam salah satu inisiatifnya.

Pada tahun 2020, Bank Indonesia sudah memulai proses pelaksanaan program open banking. Salah satunya yaitu dengan penerbitan dokumen konsultatif paper standar Open API dan interlink bank sebagai sistem pembayaran e-commerce di Indonesia dengan fintech seperti yang disebutkan oleh aws.amazon.com

Baca juga: Pembayaran Virtual Account untuk Transaksi Digital yang Lebih Cepat dan Aman

 

Kelebihan Penggunaan Open Banking sebagai Sistem Pembayaran E-commerce

Berikut adalah beberapa kelebihan penggunaan open banking dalam sistem pembayaran e-commerce.

1. Perubahan Signifikan untuk Layanan Keuangan Indonesia Sektor Digital

Open banking memberikan perubahan yang besar bagi industri jasa keuangan. Selain Bank Indonesia, otoritas jasa keuangan atau OJK yang berperan sebagai regulator dalam bidang pengawasan industri jasa keuangan di Indonesia turut merujuk bahwa open banking merupakan salah satu standar konektivitas antar sistem elektronik. Lewat open banking, layanan keuangan sektor digital menjadi terbuka dan dapat digunakan oleh berbagai pihak secara aman.

2. Lebih Mudah Mengakses Layanan Perbankan

Penggunaan open banking membuat pihak bank merasa lebih dekat dan hadir lebih banyak ke konsumen melalui sistem integrasi ke berbagai aplikasi pihak ketiga.

Dengan proses integrasi yang dilakukan oleh lembaga perbankan, konsumen bisa merasakan berbagai kemudahan untuk mengakses setiap pelayanan perbankan yang menjadi milik bank tersebut. Bagi pemilik bisnis, open banking juga mempermudah penerimaan pembayaran dan perluasan jangkauan konsumen.

3. Pembayaran yang Lebih Aman 

Lewat pemanfaatan API yang bersifat terbuka, ketika menggunakan platform e-commerce misalnya, konsumen bisa terhubung dengan sistem pembayaran secara aman.

 

BRIAPI, Open Banking BRI yang Mempermudah Pembayaran E-commerce

 open banking briapi

BRIAPI merupakan sebuah pemrograman sistem pembayaran untuk e-commerce serta sistem keuangan lainnya dengan antarmuka aplikasi atau application programming interface milik Bank BRI. Sistem ini memungkinkan proses integrasi antara sistem bank BRI dengan berbagai aplikasi pihak ketiga.

Hingga tahun 2022, BRIAPI sudah bekerja sama dengan lebih dari 700 mitra, mulai dari perusahaan digital seperti e-commerce, fintech, ride-hailing, health tech, hingga perusahaan non-digital seperti institusi pendidikan, instansi pemerintahan, dan sebagainya. Kehadiran teknologi ini mempermudah mitra usaha dan masyarakat luas dalam menggunakan fitur pembayaran via layanan BRI.

Melalui BRIAPI, Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur pembayaran online milik Bank BRI, di antaranya:

1. BRIVA

BRIVA atau BRI Virtual Account merupakan salah pilihan sistem pembayaran e-commerce yang memanfaatkan nomor ID yang unik per transaksi. Layanan virtual account dari Bank BRI bisa memberikan lebih banyak kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen.

Lewat virtual account, nominal transaksi pun bisa tidak perlu dimasukkan lagi. Hal ini apabila tipe payment-nya bersifat close payment. Sementara itu, untuk tipe open payment, konsumen memasukkan nominal transaksi. Meskipun begitu, langkah ini tetaplah ringkas dan mudah bagi konsumen.

Pengguna juga tidak perlu melampirkan bukti pembayaran secara manual. Sistem akan secara otomatis ter-update dengan informasi pembayaran telah berhasil.

Konsumen bisa melakukan pembayaran BRIVA melalui ATM bank ataupun channel lainnya, seperti internet banking BRI dan mobile banking BRI, maupun pembayaran melalui agen BRILINK di seluruh Indonesia dan pembayaran BRIVA melalui teller bank.

Selain bagi konsumen, BRIVA juga memberikan keuntungan bagi pemilik bisnis karena akan mendapatkan informasi tentang pembayaran transaksi yang terjadi secara cepat. Untuk integrasinya, mitra bisa pilih menu BRIVA sebagai produk yang ingin digunakan.

2. BRI Direct Debit

Fitur pembayaran dari BRI Direct Debit memiliki cara kerja dengan mengintegrasikan Kartu Debit BRI sebagai sumber dana dengan akun aplikasi pihak ketiga milik konsumen. Dengan sistem direct debit, proses untuk transaksi yang berlangsung melalui aplikasi aplikasi pihak ketiga (contohnya e-commerce) jadi lebih cepat.

Proses penghubungan atau integrasi kartu debit BRI dengan aplikasi pihak ketiga cukup sederhana. Pengguna hanya perlu satu kali mendaftarkan 16 digit nomor yang ada di kartu debit BRI sebagai salah satu metode pembayaran. Selanjutnya, pengguna tinggal memasukkan kode OTP dan PIN untuk melakukan transaksi. Direct debit ini merupakan salah satu sistem pembayaran e-commerce yang paling praktis.

3. Fund Transfer

Fitur transfer dana atau fund transfer membantu kita untuk mempermudah proses transfer dana dari rekening BRI ke rekening bank yang lainnya. Fitur sistem pembayaran online open banking ini mengefisienkan waktu karena Anda tidak perlu mengunjungi cabang BRI ataupun mesin ATM.

 

Perkembangan Jumlah Pengguna Open Banking BRIAPI 

Pada era transformasi digital, proses transaksi melalui BRIAPI naik lebih dari 300% pada tahun 2021 berdasarkan situs CNBC. PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk mencatatkan adanya kenaikan volume penjualan melalui BRIAPI sampai sebesar 305,8% sepanjang tahun 2021. 

Volume penjualan ini tercatat mencapai lebih dari Rp174,5 triliun hingga Desember  2021. Pada waktu yang bersamaan, pihak BRI mencatatkan jumlah transaksi serta fee based income yang meningkat cukup pesat bahkan sampai tiga kali lipat.

Hampir semua sektor mendapat manfaat dari penggunaan teknologi yang satu ini. Mulai dari nasabah, pihak pengguna open banking, termasuk juga pihak perbankan itu sendiri.