Mengenal Indomaret

Indomaret, jaringan mini market waralaba dibawah naungan PT Indomarco Prismatama, merupakan salah satu anak perusahaan Salim Group yang sudah berdiri sejak tahun 1988. Indomaret merupakan pioneer bisnis gerai waralaba dan salah satu yang terbesar di Indonesia, dengan mengusung model bisnis toko convenience (toko serba ada). Model bisnis ini memungkinkan Indomaret menjual berbagai macam produk kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari.

Berdasarkan data periode Agustus 2023, Indomaret memiliki jumlah toko sebanyak 22.077, sehingga Indomaret sangat mudah ditemukan di daerah  perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum. Sebagian besar pasokan barang dagangan untuk seluruh gerai berasal dari 42 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 5.000 jenis produk. 

Indomaret memiliki visi untuk “menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global”, serta dengan motto “mudah dan hemat”. Oleh karena itu, untuk mendukung realisasi dan ekspansi visi tersebut, Indomaret melakukan kolaborasi dengan BRIAPI guna mempermudah mekanisme pembayaran pelanggan mereka, salah satunya dengan menerapkan metode pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

 

Tantangan dalam Mempermudah Layanan Pembayaran Pelanggan
 

Selaras dengan visinya untuk menjadi waralaba yang unggul dalam persaingan era global, Indomaret tentunya perlu meningkatkan layanan kepuasan pelanggannya. Di era digital saat ini, pelanggan cenderung menginginkan layanan yang serba cepat dan mudah, misalnya dalam hal transaksi. Hal ini juga linier dengan tujuan yang diusung oleh Indomaret, semakin mudah layanan yang diberikan kepada pelanggan, idealnya akan membantu Indomaret dalam memperluas market-nya di Indonesia.

Akan tetapi, meningkatkan kepuasan pelanggan tentu tidaklah mudah, karena dibutuhkan proses yang panjang dan kontinu. Selain itu, upaya peningkatan kepuasan pelanggan juga perlu diikuti dengan menghadirkan mekanisme pembayaran yang mudah dan cepat. Terlebih, Indomaret saat ini telah memiliki jumlah outlet yang banyak dan tersebar di seluruh pelosok Indonesia, sehingga kolaborasi BRIAPI dalam layanan open API diharapkan dapat membantu Indomaret untuk mempermudah mekanisme pembayaran transaksi pelanggan di setiap outlet-nya.


Solusi untuk Mempermudah Layanan Pembayaran Pelanggan

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah suatu metode pembayaran yang didasarkan pada penyatuan berbagai macam Quick Response (QR) dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menjadi satu sentral QR Code. Dengan adanya standardisasi pembayaran ini, seluruh pembayaran dari Aplikasi Bank maupun Non Bank dapat ditransaksikan dengan mudah, cepat dan terjaga keamanannya.

QRIS merupakan salah satu metode pembayaran yang ada di aplikasi BRImo, yang saat ini telah memiliki pengguna aktif sekitar 30 juta orang. Angka ini dapat memberikan dukungan yang cukup signifikan dalam frekuensi transaksi retail di Indonesia. Linear dengan Indomaret yang memiliki lebih dari 22.000 outlet, kolaborasi ini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat, khususnya bagi pelanggan Indomaret yang telah aktif menggunakan BRImo. Selain itu, kolaborasi ini juga nantinya diharapkan dapat memberikan efek domino, yaitu dapat meningkatkan literasi keuangan di masyarakat Indonesia secara merata.

Dengan adanya kolaborasi ini, BRI dan Indomaret berkomitmen untuk terus melakukan kolaborasi dengan program-program yang menarik lainnya guna menjadi value added penggunaan BRImo sebagai alat pembayaran bagi masyarakat Indonesia. Kolaborasi juga diharapkan dapat memberikan dampak besar dan positif bagi perekonomian masyarakat.

Kolaborasi ini juga menghadirkan berbagai program menarik yang dapat dimanfaatkan pelanggan, salah satunya pemberian promo bagi pelanggan yang menggunakan pembayaran QRIS BRImo. Promo ini juga diselaraskan dengan promo ulang tahun BRI yang ke-128. Hadirnya promo ini diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk bertransaksi di Indomaret menggunakan QRIS BRImo.

 

Kesimpulan

BRIAPI berusaha terus mendukung dan mengutamakan pendekatan bisnis berbasis pelanggan, dan akan terus membuka kolaborasi dengan banyak merchant di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat membantu merchant dalam mempermudah dan memperluas jaringan pembayaran di setiap bisnisnya, salah satunya Indomaret yang saat ini telah memiliki lebih dari 22.000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kolaborasi antara BRIAPI dengan merchant ini juga menjadi bagian dari strategi BRI untuk menjalankan kerja sama yang dapat berdampak positif untuk perekonomian masyarakat, sehingga BRI dapat berkontribusi dalam pemenuhan capaian inklusi finansial di Indonesia.

We found 124 APIs based on your keyword and filter choices.
BRIApi Icon_Account Information.png Informasi Rekening

Memberikan Informasi mengenai pengecekan nama, status, dan juga saldo rekening anda

Akun Informasional SNAP BI
View More

Informasi Rekening

Notifikasi Transaksi Merchant Presented Mode Notifikasi

Layanan API yang memungkinkan untuk memberikan notifikasi setiap terdapat transaksi QRIS.

Pembayaran Ritel UMKM Transaksional
View More

QRIS

TF TO BRI Transfer Antar Rekening BRI

Fasilitas transfer antar rekening BRI yang praktis dan mudah.

SNAP BI Transfer Transaksional
View More

Transfer Antar Rekening BRI

Related Case Study

Berkat BRIVA BRIAPI, K24Klik Sukses Tingkatkan Transaksi hingga 200 Persen

K24Klik adalah aplikasi beli obat secara online pertama dan terlengkap di Indonesia. Untuk menambah variasi metode pembayaran digital bagi pelanggan, K24Klik mengintegrasikan BRIAPI. Hasilnya, terjadi kenaikan transaksi hingga 200% selama periode implementasi BRIVA di aplikasi K24Klik.

BRIAPI Team

Mei 27, 2022
Baca Lebih Lanjut
Logo K24 Klik

Integrasi Fiberconnect-BRIAPI Permudah Pembayaran Pelanggan Internet

PT. Bina Informatika Solusindo (Fiberconnect) adalah perusahaan penyedia jasa Internet Service Provider (ISP). Telah berdiri sejak tahun 2014, Fiberconnect memiliki visi untuk menjadi yang terdepan di industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Untuk mempermudah pembayaran pelanggan mereka, Fiberconnect mengintegrasikan BRIAPI sejak tahun 2022. Hasilnya, sebanyak 70% dari total pelanggan Fiberconnect kini menggunakan BRIVA sebagai metode pembayaran melalui virtual account.

BRIAPI Team

Mei 09, 2022
Baca Lebih Lanjut
logo Fiberconnect

Adopsi Sistem Pembayaran Digital untuk Rantai Logistik, Dunex Integrasikan BRIAPI

Sebagai perusahaan 'total logistic', Dunex berusaha mewujudkan visinya dalam menciptakan sistem logistik yang lebih efisien dan efektif. Berkolaborasi dengan BRIAPI, Dunex memulai langkah awal dengan melakukan otomasi dan digitalisasi di sistem internal perusahaan sekaligus mengurangi proses manual.

BRIAPI Team

April 08, 2022
Baca Lebih Lanjut
Suasana warehouse Dunex di Sunter

Siap Kembangkan Bisnis Anda?

Masuk Sekarang