Introduksi:

Pendidikan formal merupakan suatu hal yang penting untuk dijalani oleh anak, karena hal tersebut menjadi menjadi faktor utama yang akan menentukan karakter, pengetahuan, serta keterampilan yang dikuasai oleh anak ketika mereka telah beranjak dewasa. Oleh karena itu, segala aspek yang terlibat dalam kelancaran pendidikan formal anak tidak boleh luput dari perhatian orang tua, salah satunya adalah pembayaran biaya pendidikan anak. 

Jika dahulu orang tua murid harus kerepotan untuk datang ke sekolah atau universitas yang bersangkutan agar bisa menyelesaikan masalah administrasi pembayaran, kini hal tersebut sudah tak perlu lagi dilakukan. Berkat kemajuan teknologi perbankan, saat ini pembayaran biaya pendidikan bisa diselesaikan kapanpun dimanapun melalui smartphone.

Tantangan:

Walaupun begitu, masih banyak instansi pendidikan yang mengadopsi cara transfer konvensional. Padahal, hal tersebut masih akan merepotkan kedua belah pihak dalam menyelesaikan proses pembayaran. Di sisi instansi pendidikan, Anda harus kembali mengidentifikasi pembayaran dari masing-masing siswa. Di sisi lain, mereka yang melakukan pembayaran harus kembali melakukan verifikasi bahwa biaya pendidikan sudah dilunaskan.

Solusi:

Sebagai bentuk apresiasi BRI kepada instansi pendidikan, BRI merilis BRIAPI. Open API yang dapat membuat segala proses pembayaran menjadi lebih praktis, modern, dan dapat diandalkan. Open API (Application Programming Interface) sendiri adalah program aplikasi yang memungkinkan perusahaan terintegrasi antar sistem. Kepraktisan pembayaran melalui Open API ini bisa diwujudkan melalui API BRIVA dan API Direct Debit. 

Dengan kedua API tersebut, instansi pendidikan dapat menyelesaikan masalah pembayaran biaya pendidikan tanpa perlu melalui proses yang berbelit, API BRIVA akan memungkinkan pembayaran terdeteksi secara otomatis tanpa harus diidentifikasi satu persatu karena hal tersebut akan terdeteksi secara otomatis oleh sistem. API Direct debit akan memungkinkan pembayaran sekolah atau universitas terjadi cukup dengan memasukkan kode one time password yang diterima oleh pembayar. Dengan demikian, pihak instansi pendidikan dan pembayar tidak lagi direpotkan dengan proses pembayaran pendidikan. Seluruh API dari BRIAPI di atas telah memiliki sertifikasi keamanan berstandar internasional yaitu ISO 27001 dan PADSS (Payment Application Data Security Standard)

We found 124 APIs based on your keyword and filter choices.
BRIApi Icon_Account Information.png Informasi Rekening

Memberikan Informasi mengenai pengecekan nama, status, dan juga saldo rekening anda

Akun Informasional SNAP BI
View More

Informasi Rekening

Notifikasi Transaksi Merchant Presented Mode Notifikasi

Layanan API yang memungkinkan untuk memberikan notifikasi setiap terdapat transaksi QRIS.

Pembayaran Ritel UMKM Transaksional
View More

QRIS

TF TO BRI Transfer Antar Rekening BRI

Fasilitas transfer antar rekening BRI yang praktis dan mudah.

SNAP BI Transfer Transaksional
View More

Transfer Antar Rekening BRI

Related Case Study

Perkuat Upaya Penerimaan Negara dari Portal Lelang Indonesia, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Gunakan Layanan BRIVA WS dan BRIVA Push Notification dari BRIAPI

BRIAPI berupaya terus memberikan layanan yang prima dan optimal berbasis pendekatan bisnis secara customer-oriented, dan akan terus membuka kolaborasi dengan banyak merchant, lembaga, dan instansi di seluruh Indonesia. BRIAPI saat ini sudah memiliki lebih dari 124 layanan API yang digunakan oleh lebih dari 700 mitra, dengan berbagai klasifikasi ekosistem, seperti pendidikan, financial technology, koperasi, pemerintahan, BUMN, dan lain-lain. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu pelanggan dalam mempermudah dan memperluas jaringan pembayaran di setiap bisnisnya, salah satunya DJKN yang saat ini menjadi kontributor perkembangan perekonomian nasional melalui pengelolaan aset dan kekayaan negara.

BRIAPI admin

Maret 21, 2024
Baca Lebih Lanjut
djkn-kemenkeu-ri

Indomaret Gunakan Sistem QRIS BRIAPI untuk Mempermudah Metode Pembayaran ke Pelanggan

BRIAPI berusaha terus mendukung dan mengutamakan pendekatan bisnis berbasis pelanggan, dan akan terus membuka kolaborasi dengan banyak merchant di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat membantu merchant dalam mempermudah dan memperluas jaringan pembayaran di setiap bisnisnya, salah satunya Indomaret yang saat ini telah memiliki lebih dari 22.000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

BRIAPI admin

Desember 04, 2023
Baca Lebih Lanjut
Indomaret Gunakan Sistem Pembayaran QRIS BRIAPI untuk Mempermudah Metode Pembayaran ke Pelanggan

Berkat BRIVA BRIAPI, K24Klik Sukses Tingkatkan Transaksi hingga 200 Persen

K24Klik adalah aplikasi beli obat secara online pertama dan terlengkap di Indonesia. Untuk menambah variasi metode pembayaran digital bagi pelanggan, K24Klik mengintegrasikan BRIAPI. Hasilnya, terjadi kenaikan transaksi hingga 200% selama periode implementasi BRIVA di aplikasi K24Klik.

BRIAPI Team

Mei 27, 2022
Baca Lebih Lanjut
Logo K24 Klik

Siap Kembangkan Bisnis Anda?

Masuk Sekarang