Tak bisa dipungkiri bahwa transaksi digital semakin marak di Indonesia. Menurut Bank Indonesia, tingkat pertumbuhan transaksi digital mencapai 50% pada tahun 2021. Dibarengi dengan meningkatnya kesadaran internet, faktor-faktor tersebut pada akhirnya mendorong penggunaan dan peningkatan transaksi pada layanan payment gateway Indonesia.

Payment gateway merupakan teknologi yang digunakan oleh bisnis untuk menerima pembayaran non-tunai menggunakan kartu debit, kartu kredit, atau dompet elektronik dari konsumen. Dengan interface yang lengkap, teknologi ini memungkinkan bisnis untuk dapat mengakses layanan-layanan perbankan berbeda sekaligus.

Anda dapat melihat bagaimana inovasi ini secara khusus berkontribusi pada pertumbuhan e-commerce di Indonesia pada penjelasan di bawah ini. Di samping itu, anda juga dapat mempelajari ragam fitur yang BRI tawarkan untuk mengembangkan sistem payment gateway Indonesia.

 

Peran Payment Gateway dalam Bisnis Online

payment gateway dalam bisnis digital

Payment gateway berperan penting untuk bisnis online, termasuk dalam bentuk toko online. Ia merupakan saluran yang menerima transaksi kapan saja dan di mana saja. Payment gateway Indonesia juga sangat membantu dalam berbagai tugas terkait transaksi digital di samping menjadi solusi pembayaran dalam jumlah tak terbatas dengan aman, cepat, dan nyaman.

Inovasi dalam teknologi finansial tersebut menyimpan detail konsumen untuk keperluan pelacakan di saat yang berbeda dan meningkatkan kepuasan pelanggan berkat alur pembayaran yang sederhana.

Sebagai pemilik bisnis, Anda akan memerlukan layanan ini untuk pemrosesan kartu debit, kartu kredit, dan e-wallet secara daring. Pada dasarnya, payment gateway bekerja persis sesuai prosedur yang Anda jumpai pada perangkat point of sale (POS) saat Anda membayar makanan di restoran atau berbelanja di gerai ritel.

Oleh karena itu, bisa dibilang peran utama payment gateway Indonesia adalah untuk memastikan dan mengamankan transaksi Anda kapan pun.

 

Pentingnya Payment Gateway Di Indonesia

Meskipun teknologi ini biasanya identik dengan perusahaan besar, payment gateway Indonesia juga penting dimiliki bisnis kecil dan menengah. Ada lima manfaat menggunakan payment gateway bagi bisnis online, yaitu:

1. Menjangkau Basis Pelanggan yang Lebih Besar

Payment gateway Indonesia akan memungkinkan Anda untuk menerima pembayaran online dari mana saja di seluruh penjuru dunia.

2. Menjadikan Pengalaman Jual Beli Lebih Nyaman

Pembeli dapat menyelesaikan transaksi dengan nyaman mengikuti gaya hidup, jadwal, dan preferensi mereka.

3. Mempercepat Proses Transaksi

Anda dapat menerima pembayaran dari ujung jari Anda—lewat smartphone atau laptop—menjalankan transaksi di website Anda, yang aman untuk menerima pembayaran dari pembeli. Jika marketplace atau e-commerce Anda terintegrasi dengan payment gateway, terutama yang melalui API seperti BRIAPI, konsumen Anda dapat menyelesaikan transaksi dalam waktu 5-10 menit saja.

4. Menjamin Keamanan Transaksi

Anda dapat berbisnis tanpa was-was karena layanan ini akan memastikan sistem keuangan Anda selalu dienkripsi.

5. Memungkinkan Penagihan Berulang

Jika bisnis Anda menawarkan jasa yang bersifat langganan, Anda dapat mengumpulkan pembayaran secara otomatis menggunakan mekanisme autodebet. Alhasil, sistem penagihan menjadi lebih sederhana dan Anda dapat menerima uang ke rekening bank lebih cepat.


Baca Juga: Open Banking BRIAPI Bantu Perkembangan Bisnis di Indonesia

 

BRIAPI Open Banking Dukung Payment Gateway Indonesia

 open banking untuk payment gateway

BRIAPI, sebuah teknologi open banking yang menghadirkan cara baru untuk nasabah dapat mengakses layanan perbankan.

Misi utama BRIAPI adalah untuk memberikan pengalaman transaksi perbankan yang lebih mudah, aman, dan cepat. Pada saat yang sama, BRIAPI juga berambisi untuk mendukung perkembangan pesat payment gateway Indonesia.

Dengan dikembangkannya BRIAPI, BRI tidak hanya memperbarui infrastruktur IT-nya, tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan, memperluas lini produk dan saluran distribusi, memberikan layanan dan dukungan pelanggan yang lebih baik, dan terus menjadi yang terdepan.

Di sisi lain, BRIAPI juga memungkinkan BRI untuk menghadirkan user experience yang inovatif yang mendorong BRI untuk tumbuh dan tetap relevan di era keuangan baru dengan persaingan yang semakin ketat.

 

Begini Cara BRI Perkuat Keamanan Open Banking dengan BRIAPI

API open banking merupakan metode komunikasi antara pihak ketiga dan sistem perbankan online yang terlindungi. Sistem ini menyediakan cara yang aman untuk memberi penyedia akses ke informasi keuangan pengguna seperti saldo, informasi rekening, arus kas, dan transaksi. Dengan demikian, API membantu bank menciptakan aliran pendapatan baru lewat distribusi layanan kepada pihak ketiga.

Dengan memanfaatkan BRIAPI, Anda dapat memperoleh kendali penuh atas penggunaan data finansial Anda dan siapa saja yang bisa mengaksesnya. Di samping itu, Anda juga dapat merasa tenang karena data Anda ditangani di bawah standar keamanan terbaik selama proses berlangsung.

BRI merupakan bank pertama di Asia Tenggara disertifikasi Poleh PCI Security Standard Council menggunakan Payment Application Data Security Standard (PA DSS).

PA DSS adalah standar keamanan data aplikasi pembayaran yang mengikat perusahaan di seluruh dunia. Standar ini berlaku untuk pengembangan software khusus aplikasi pembayaran.

Jika aplikasi tidak sesuai dengan standar, akibatnya informasi pribadi pengguna rentan terhadap pelanggaran data. Alhasil, Anda tidak perlu ragu untuk mengintegrasikan bisnis Anda dengan berbagai layanan BRIAPI yang merupakan API payment gateway Indonesia terbaik.

Baca Juga: Mengenal Framework Open API dalam Inisiatif Open Banking di Indonesia

 

Ragam Produk BRIAPI untuk Perkembangan Bisnis

Dengan BRIAPI, Anda selaku pemilik bisnis dapat melakukan transaksi digital dengan mudah. Teknologi termutakhir BRI ini melayani banyak fungsi yang dibutuhkan oleh pegiat UMKM, seperti informasi dan transaksional.

Anda dapat memperoleh wawasan terkait pengeluaran dan setoran dalam rekening Anda untuk mempermudah Anda mengelola cash flow melalui Informasi Mutasi. BRIAPI juga memungkinkan Anda untuk memverifikasi saldo akun secara real-time sebagai bagian dari produk informatifnya.

Selain itu, Anda dapat dengan mudah mentransfer uang dari perangkat apa pun. BRI Direct Debit, BRIZZI, dan BRIVA memudahkan urusan sehari-hari Anda melalui cashless payment.

Top-up saldo dompet elektronik pun semakin mudah. Jika Anda pengguna aplikasi Doku, misalnya, Anda tidak perlu pusing memikirkan cara transfer BRI ke Doku Wallet atau cara top up Doku Wallet. Semuanya ada dalam genggaman Anda.

Secara keseluruhan, BRIAPI sanggup memberdayakan pemilik bisnis dan UMKM, menghemat waktu dan uang dalam mengelola usaha, dan pada akhirnya memberikan lebih banyak kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan bisnis masing-masing.

 

Penutup

Memilih payment gateway yang tepat dapat merevolusi bisnis online Anda. Untuk menjangkau lebih banyak pembeli dan mendorong konversi yang lebih tinggi, BRIAPI yang juga adalah payment gateway Indonesia terbaik menawarkan sistem pembayaran yang canggih dan modern.

Daftar BRIAPI sekarang untuk menyederhanakan operasi bisnis Anda dan memberikan perlindungan keuangan yang menyeluruh.