Studi Kasus

Transaksi E-Commerce Cukup Sekali Klik dengan BRIAPI

Introduksi:

Di era digital 4.0 ini, berbagai aktivitas masyarakat telah banyak beralih dari cara-cara yang konvensional menjadi digital, salah satunya adalah aktivitas berbelanja kebutuhan sehari-hari. Faktanya, menurut data yang dirilis oleh We Are Social, 96% pengguna internet di Indonesia sudah pernah menggunakan e-commerce. Tingginya angka pengguna e-commerce tersebut membuka peluang yang lebar bagi para pengusaha untuk berbisnis e-commerce.

Tantangan:

Peluang berbisnis e-commerce yang tinggi juga menghasilkan kompetisi yang tinggi antar pebisnis e-commerce. Untuk memenangkan kompetisi tersebut, Anda diwajibkan untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna e-commerce. Salah satunya adalah memberikan pelayanan transaksi yang mudah, praktis, dan cepat. 

Solusi:

Sebagai solusi atas kebutuhan tersebut, Anda bisa mengintegrasikan pembayaran e-commerce Anda dengan Open API dari BRI, BRIAPI. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan API BRIVA serta API BRI Direct Debit. Dengan kedua API ini, transaksi bisa dilakukan dengan lebih nyaman. 

API BRIVA akan memungkinkan pengguna e-commerce Anda menyelesaikan transaksi, karena hal tersebut dapat dilakukan tanpa perlu mengunggah bukti transfer pembayaran. Lebih lanjut, API Direct Debit juga akan memudahkan proses transaksi, karena pelanggan tidak perlu melakukan proses transfer konvensional yang terkesan berbelit, mereka cukup memasukkan nomor kartunya satu kali, dan untuk transaksi berikutnya hanya perlu mengisikan kode one time password (OTP).

Selain kedua API tersebut, Anda juga bisa meningkatkan kenyamanan pengguna e-commerce Anda dengan menambahkan fitur terkait penggunaan electronic money BRI, BRIZZI. Sebagai informasi tambahan, hingga saat ini BRI telah menyalurkan 16 juta kartu BRIZZI dengan nilai transaksi Rp 5,7 triliun. Hal ini membuka peluang baru untuk mengembangkan bisnis e-commerce Anda. Anda bisa memanfaatkan situasi ini melalui API Brizzi. Dengan API ini, pelanggan Anda dapat melakukan top up kartu BRIZZI langsung dari e-commerce Anda tanpa perlu ke mesin ATM maupun minimarket. Seluruh API dari BRIAPI di atas telah memiliki sertifikasi keamanan berstandar internasional yaitu ISO 27001 dan PADSS (Payment Application Data Security Standard)

Siap kembangkan bisnis Anda?

Cukup gunakan email Anda

debit

Fitur pembayaran yang menghubungkan aplikasi Anda dengan kartu debit BRI
Brizzi

Uang elektronik pengganti uang tunai yang berfungsi sebagai alat pembayaran yang bisa dipakai untuk membayar transaksi belanja di aplikasi Anda
BRIVA

Kode unik untuk pembayaran pembelanjaan langsung di aplikasi Anda