News
BRI Jamin Keamanan Open Banking dengan BRIAPI

News
Open banking adalah sebuah terobosan teknologi di dunia institusi finansial termasuk perbankan. Dengan open banking, sebuah bank dapat menghadirkan sistem yang dapat memberikan akses data dan informasi keuangan nasabah melalui Antarmuka Pemrograman Aplikasi atau Application Programming Interface (API) kepada pihak ketiga yaitu pelaku bisnis yang telah memiliki izin dari nasabah. Dengan izin tersebut, konsumen Anda dapat melakukan transaksi secara mudah dan nyaman langsung lewat aplikasi Anda.
Open banking sendiri merupakan salah satu bagian dari visi cetak biru (blueprint) Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI). Dalam blueprint tersebut, Bank Indonesia menyatakan Sistem Pembayaran Indonesia 2025 memiliki lima visi yaitu:
Sebagai bank nomor satu di Indonesia, BRI turut serta dalam mewujudkan cetak biru Sistem Pembayaran Indonesia 2025 ini dengan menghadirkan BRIAPI. Dengan BRIAPI, Anda dapat menghadirkan berbagai layanan BRI mulai dari yang sifatnya transaksional atau berhubungan dengan pembayaran seperti BRIVA, transfer dana, dan direct debit maupun layanan BRI yang bersifat informasional seperti informasi mutasi, informasi saldo, hingga informasi valas.
BRIAPI tentunya telah mengikuti standarisasi yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia. Salah satunya pada faktor keamanan. Meski memberikan akses kepada pihak ketiga, BRI tetap berkomitmen untuk menjaga keamanan data nasabah. Langkah kongkrit ini ditunjukkan dengan diraihnya sertifikasi keamanan berstandar internasional yaitu ISO 27001 untuk layanan BRIAPI di tahun 2019 lalu.
ISO 27001 adalah sebuah standar keamanan Internasional pada penerapan sistem manajemen keamanan informasi pada suatu produk atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS). Sertifikasi ISO 27001 ini menunjukkan bahwa BRIAPI memelihara sistem manajemen keamanan informasi (ISMS) dengan baik yang tercermin dalam beberapa poin berikut
Kejelasan dalam hal alur operasional sistem. Artinya, alur yang dimiliki oleh layanan BRIAPI mudah dimengerti sehingga tidak akan menyulitkan para penggunanya dalam proses pengoperasian sehari-harinya.
Proses pengajuan integrasi BRIAPI sangat cepat. Anda hanya membutuhkan empat langkah mudah dalam proses pengajuan integrasi BRIAPI yaitu melalui proses registrasi, buat aplikasi, verifikasi, dan aplikasi Anda akan segera terintegrasi dengan BRIAPI.
Data yang tersimpan di BRIAPI terjamin aman dan tidak akan bocor ke pihak lain. BRI bisa menjamin tidak akan ada penyelewengan data nasabah dalam open banking
Menunjukkan kepatuhan akan keamanan sistem informasi terhadap aturan yang berlaku. Ini merupakan salah satu perwujudan code of conduct yang dimiliki dan dijalankan oleh seluruh lapisan karyawan BRI.
Memiliki manajemen risiko untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat terjadi pada sistem BRIAPI. Manajemen risiko dan pengelolaan aset yang dilakukan BRI secara antisipatif telah berdampak positif pada kinerja perusahaan
Meminimalisir potensi timbulnya fraud atau penipuan yang dapat membahayakan reputasi BRI
Selain itu, BRI juga merupakan bank pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan sertifikasi PA-DSS (Payment Application Data Security Standard) dari PCI Security Standard Council di Amerika Serikat. PA-DSS sendiri mengukur standar keamanan data pada aplikasi pembayaran dimana sertifikasi PA-DSS memastikan pengembang perangkat lunak (software) mengembangkan aplikasi pembayaran yang aman dan tidak menyimpan data penting, seperti strip magnetik, data CVV atau PIN.
Dengan keamanan berstandar internasional tersebut, Anda tak perlu ragu lagi mengintegrasikan bisnis Anda dengan berbagai layanan yang tersedia mulai dari fitur pembayaran Direct Debit dan BRIVA, transfer dana, fitur pengecekan dan pengisian saldo BRIZZI serta fitur informasi mutasi dan informasi valas dari BRIAPI untuk membantu pengembangan bisnis Anda.
Admin
Ajukan pertanyaan atau laporkan permasalahan ke Admin BRIAPI melalui email.
Sabrina
Dapatkan informasi produk dari asisten virtual BRI melalui WhatsApp.