Pengenalan QRIS Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis v1.1

Buat API Lihat Docs

Apa itu QRIS Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis  ?

Quick Response Code Indonesian Standard atau disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjag​a keamanannya.

Dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

QRIS Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis sendiri adalah kode QR dengan metode yakni kode QR dikeluarkan melalui suatu device seperti mesin EDC atau smartphone. Merchant harus me-masukkan nominal pembayaran terlebih dahulu, kemudian pelanggan melakukan scan QRIS yang tampil atau tercetak.

BRI juga menyediakan API fitur notifikasi untuk pembayaran menggunakan QRIS MPM dinamis.

Contoh Penggunaan API QRIS Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis

QRIS Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis sangat cocok untuk merchant skala usaha menengah dan besar atau dengan volume transaksi tinggi. Dengan QRIS MPM Dinamis merchant perlu me-masukkan nominal pembayaran lalu mencetak kode QRIS dengan detail sesuai yang merchant masukkan sebelumnya selanjutnya pelanggan dapat melakukan scan QRIS untuk melakukan pembayaran.