Bagi #PartnerBRIAPI yang sudah menggunakan layanan kami di lingkungan production, pasti sudah tahu kan kalau saat ini pengujian System Integration Testing (SIT) untuk semua produk dan layanan BRIAPI masih dilakukan secara manual. Proses ini cukup panjang, karena partner perlu membuat dokumentasi setiap request dan response layanan API yang dikembangkan sesuai panduan dan skenario dari tim BRIAPI, kemudian mengirimkan hasil pengujian tersebut untuk divalidasi dan diuji kelayakannya.

Nah, kondisi inilah yang terkadang masih menyebabkan tingginya potensi human error saat proses validasi dan pengujian layanan. Hal ini juga dapat memicu miss communication antara partner dan tim BRIAPI saat proses pengujian. Tenang, karena BRIAPI selalu berupaya memberikan layanan yang prima dan optimal kepada semua partnernya, kini kami memiliki platform baru yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

BRIAPI API Certification atau API Certification adalah inovasi terbaru dari BRIAPI untuk mempermudah tahap pengujian SIT saat pengajuan integrasi produk dan layanan API. Platform ini mempercepat integrasi bisnis Anda dengan layanan kami melalui kemudahan akses langsung ke tahapan pengujian di environment layanan BRIAPI.

Dengan adanya platform ini, kami dapat membantu memperluas bisnis Anda melalui kemudahan integrasi API, tools pengembangan, dan sumber daya yang handal dari PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI).

 

Deskripsi Produk

Setelah developers mencoba layanan BRIAPI di lingkungan sandbox, dan ingin beralih ke lingkungan production, maka partner perlu mengajukan permintaan akses. Dalam salah satu tahapannya, partner harus melewati pengujian SIT sebelum diberikan akses ke lingkungan production. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa layanan BRIAPI dapat diimplementasikan dengan benar, tepat dan aman ke dalam sistem atau aplikasi partner.

BRIAPI API Certification yang kami kembangkan memudahkan otomasi tahap pengujian SIT tersebut. Kami menyediakan pengujian runner melalui test case yang telah disiapkan, sehingga para developers hanya perlu memasukkan request API sesuai dengan test case tersebut dan menjalankan hit API endpoint untuk proses pengujian SIT sesuai dengan produk yang dipilih. Jika request API yang dikirimkan oleh partner sesuai dengan expected result yang telah kami tetapkan, maka test case tersebut dinyatakan berhasil. Jika semua test case telah berhasil dijalankan, dan semua request API tersebut telah berstatus passed, maka proses pengujian SIT yang dilakukan oleh partner dianggap selesai. Partner kemudian dapat mengunduh dokumen sertifikat online sebagai bukti keabsahan pengujian yang telah dilakukan tersebut. 

 

Keunggulan Produk

Untuk mempermudah seluruh #PartnerBRIAPI, Platform API Certification memiliki beberapa keunggulan yang dapat Anda manfaatkan dalam proses integrasi bisnis Anda. Berikut adalah beberapa keunggulan yang kami tawarkan:

  • Otomasi SIT Layanan BRIAPI: Platform ini mampu melakukan otomasi SIT dan uji coba layanan API yang dikembangkan oleh partner, sehingga dapat meminimalisir human error dari Tim BRIAPI saat proses validasi dan pengujian layanan. Namun saat ini hanya tersedia layanan pengujian SIT melalui mekanisme outbound API, dan selanjutnya akan kami tambahkan lagi untuk mekanisme inbound API.
  • Kemudahan Manajemen Data: Platform ini memudahkan BRIAPI dalam mengelola data produk dan layanan API, sehingga layanan integrasi data ke partner menjadi lebih konsisten dan stabil.
  • Sertifikat Online untuk Integrasi API yang sudah Terverifikasi: Platform ini dapat menerbitkan sertifikat online dari hasil layanan API yang telah berhasil diuji oleh sistem. Developers dapat mengunduh dokumen sertifikat online tersebut sebagai bukti keabsahan pengujian yang telah dilakukan.

 

Ajakan ke Komunitas

Tertarik untuk mencoba BRIAPI API Certification? Daftarlah sekarang untuk mendapatkan akses layanan kami saat dirilis nanti dan rasakan sendiri manfaatnya. 

Mari bergabung dengan BRIAPI dan perluas konektivitas bisnis Anda secara luas dengan lebih dari 150 juta nasabah BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.