BRIAPI, sebagai salah satu pioneer implementasi Open API di Indonesia, telah mengalami perkembangan yang cukup pesat saat ini. Dalam capaian income per data Juli 2022, BRIAPI mencatatkan transaksi annual volume hingga Rp. 575,68 triliun, atau bertumbuh sekitar 433,3% jika dibandingkan dengan tahun 2021 sebelumnya. Selain itu, perkembangan mencapai triple digit growth ini juga linier dengan pertumbuhan dalam jumlah transaksi dan fee-based income (FBI). Tercatat berdasarkan data per bulan Juli 2022 sebelumnya, intensitas annual transactions melalui BRIAPI telah melebihi dari 540 juta transaksi, dan angka ini meningkat signifikan sekitar 239,6% dari periode yang sama di tahun 2021 sebelumnya. Pengaruhnya, hasil pertumbuhan yang signifikan ini  mampu menghasilkan nilai FBI sebesar Rp 142,19 miliar. Disisi lain, pertumbuhan ini juga linier dengan bertambahnya jumlah akuisisi mitra yang meningkat hingga 57% di tahun 2022, hingga total mitra BRIAPI pada tahun berjalan tersebut sebanyak 656 mitra.

Dalam mengapresiasi hasil pertumbuhan layanan BRIAPI yang cukup signifikan tersebut, BRI menyelenggarakan BRIAPI Awards 2022 sebagai salah satu bentuk manifestasi apresiasi atas capaian kinerja dari Tenaga Pemasar, Kantor Cabang (KC), Kantor Wilayah (Kanwil) dan seluruh mitra BRIAPI yang telah berkontribusi positif dalam pertumbuhan tersebut.

 

Tujuan Penghargaan BRIAPI Awards 2022

Penghargaan BRIAPI Awards 2022 ini dihadirkan sebagai salah satu bentuk manifestasi komitmen BRI untuk mengapresiasi kinerja KC, Kanwil BRI, serta seluruh mitra BRIAPI yang berkontribusi dalam pertumbuhan income selama tahun 2022. Puncak acara penghargaan ini berlangsung pada hari Jumat, 25 Desember 2022, dan diresmikan secara daring melalui Zoom oleh Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, yaitu Bapak Arga M. Nugraha. Prosesi acara penghargaan ini berjalan cukup meriah, karena dihadiri oleh perwakilan dari KC, Kanwil BRI dari seluruh Indonesia, serta tenaga pemasar dan seluruh mitra BRIAPI.

sc-peserta-zoom

Dengan adanya acara penghargaan BRIAPI Awards 2022 ini, BRI berharap dapat memberikan dampak yang positif terhadap beberapa hal berikut:
1) Menampilkan pertumbuhan dan pencapaian BRIAPI yang signifikan, baik kepada pihak internal maupun eksternal.
2) Memperkuat citra BRIAPI dan BRI sebagai pemimpin industri perbankan terbuka di era open finance saat ini.
3) Mengembangkan lebih banyak keterlibatan pemasar dan pelanggan melalui apresiasi yang relevan
4) Mendorong lebih banyak penyerapan dan intensitas volume penjualan yang dihasilkan oleh layanan BRIAPI dari sisi KC dan Kanwil, sehingga dapat berkontribusi positif terhadap perkembangan dan perluasan inklusi finansial di lingkungan perbankan Indonesia.

 

Penerima Penghargaan BRIAPI Awards 2022

Berdasarkan hasil capaian penggunaan layanan BRIAPI tahun 2022, BRIAPI memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang berkontribusi positif tersebut ke dalam beberapa kategori. Untuk kategori pertama adalah penghargaan Best Partner BRIAPI tahun 2022. Penghargaan ini berhasil dimenangkan oleh PT Sinar Digital Terdepan (Xendit) karena telah berkolaborasi dengan produk dan layanan BRIAPI dengan intensitas tertinggi selama tahun 2022. Selanjutnya, Shopee berhak menjadi pemenang kedua, dan PT. Muba Electric Power QQ Miota berhak sebagai pemenang ketiga. Selain itu, tahun ini BRIAPI Awards juga memiliki penghargaan tambahan yang diberikan kepada mitra, yaitu kategori Most Rising Star 2022. Pada kategori ini, pemenang pertama adalah Shopeepay, pemenang kedua adalah PT Visionet Internasional (OVO), dan pemenang ketiga adalah PT Tri Usaha Berkat (LinkQu).

 

juara-kategori-1

 

Penghargaan berikutnya adalah kategori Best Branch Office dan Best Regional Office. Kedua penghargaan ini diberikan kepada KC dan Kanwil dengan capaian kinerja terbaik dalam memenuhi layanan BRIAPI selama tahun 2022. Berdasarkan capaian tahun 2022, pemenang penghargaan Best Branch Office tahun 2022 adalah KC Lebak Bulus sebagai peringkat pertama. Kemudian, pemenang kedua dan ketiga dari kategori ini adalah KC Medan Putri Hijau dan KC Jakarta Krekot. Berikutnya, pemenang pertama pada kategori Best Regional Office diberikan kepada Kanwil Semarang. Pemenang kedua dalam kategori ini adalah Kanwil Jakarta 1, sedangkan pemenang ketiga adalah Kanwil Yogyakarta.

 

juara-kategori-2

 

Kategori selanjutnya adalah penghargaan Best BRIAPI Marketer. Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi tenaga pemasar yang telah memiliki capaian pemasaran layanan BRIAPI tertinggi selama 2022. Pemenang pertama pada penghargaan ini adalah Patria Yudha dari KC Lebak Bulus, diikuti oleh Bapak Moh. Yanuar Rizqi Afifa dari KC Jakarta Krekot sebagai pemenang kedua, dan Ibu Retina Adhi Prahastuti dari KC Malang Martadinata.

 

juara-kategori-3

 

Selanjutnya, BRIAPI Awards 2022 tahun juga mengusulkan kategori baru yakni Best API Use Case Impact For Sustainability untuk meningkatkan pengakuan dari dampak sosial dengan hadirnya BRIAPI. Pada kategori ini, PT Inklusi Keuangan Nusantara berhasil menjadi pemenang pertama, PT Geoff Maksimal Jaya berhasil menjadi pemenang kedua, dan Yayasan Kita Bisa berhasil menjadi pemenang ketiga.

 

juara-kategori-4

 

Kesimpulan

Penghargaan BRIAPI Awards 2022 ini merupakan salah satu bentuk manifestasi dari komitmen BRI dalam memberikan layanan perbankan digital yang prima dan optimal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Hal ini juga dimaksudkan untuk turut berkontribusi dalam terciptanya perluasan implementasi layanan inklusi ekonomi di seluruh bidang keuangan Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan nantinya layanan BRIAPI dapat turut memajukan perekonomian Indonesia melalui ekosistem digital yang efisien, aman, dan andal.

foto-bersama-1


Melalui BRIAPI, saat ini BRI juga telah menghadirkan layanan open finance yang mengikuti regulasi SNAP dari Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan Bank Indonesia. Untuk mengintegrasikan bisnis Anda dengan berbagai kemudahan sistem transaksi digital, BRIAPI dapat menjadi solusi optimal dalam meningkatkan fleksibilitas bisnis Anda pada masifnya era perkembangan open finance saat ini. 

Marilah bergabung dengan BRIAPI dan buat bisnis Anda semakin terkoneksi secara luas dengan lebih dari 150 juta nasabah BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.