#SneakPeek API Certification: Inovasi Terbaru untuk Memudahkan Partner dalam Proses Pengujian SIT Layanan BRIAPI

BRIAPI API Certification yang kami kembangkan memudahkan otomasi tahap pengujian SIT tersebut. Kami menyediakan pengujian runner melalui test case yang telah disiapkan, sehingga para developers hanya perlu memasukkan request API sesuai dengan test case tersebut dan menjalankan hit API endpoint untuk proses pengujian SIT sesuai dengan produk yang dipilih. Jika request API yang dikirimkan oleh partner sesuai dengan expected result yang telah kami tetapkan, maka test case tersebut dinyatakan berhasil. Jika semua test case telah berhasil dijalankan, dan semua request API tersebut telah berstatus passed, maka proses pengujian SIT yang dilakukan oleh partner dianggap selesai. Partner kemudian dapat mengunduh dokumen sertifikat online sebagai bukti keabsahan pengujian yang telah dilakukan tersebut.

#SneakPeek BRIAPI Developer Studio: Inovasi Terbaru dalam Integrasi Pengembangan Produk dan Layanan API

BRIAPI DevStudio adalah sebuah platform berbasis Integrated Development Environment (IDE) yang memudahkan developers mengintegrasikan bisnisnya dengan layanan BRIAPI. Platform ini diharapkan dapat membantu partner BRIAPI dalam mengatasi lack of knowledge saat proses awal integrasi, seperti kesulitan implementasi teknis, kesulitan memahami spesifikasi teknis atau alur layanan API, dan lain-lain. Dalam mengatasi masalah tersebut, tentunya dapat membantu partner BRIAPI dalam mempercepat peluncuran produk atau layanan yang dikembangkan.

#LookingBack BRIAPI Awards 2022: Apresiasi BRI terhadap Capaian Mitra dan Tenaga Pemasar terhadap Produk dan Layanan BRIAPI

Penghargaan BRIAPI Awards 2022 ini merupakan salah satu bentuk manifestasi dari komitmen BRI dalam memberikan layanan perbankan digital yang prima dan optimal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Hal ini juga dimaksudkan untuk turut berkontribusi dalam terciptanya perluasan implementasi layanan inklusi ekonomi di seluruh bidang keuangan Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan nantinya layanan BRIAPI dapat turut memajukan perekonomian Indonesia melalui ekosistem digital yang efisien, aman, dan andal.

#LookingBack BRIxGoogle Hackathon 2020: Kompetisi untuk Mendorong Digitalisasi Ekonomi bersama UMKM Indonesia

Melalui kompetisi Hackathon ini, BRI ingin mengajak para pegiat teknologi di Indonesia untuk berkontribusi secara inline dalam mendorong digitalisasi ekonomi bersama UMKM. Hal ini juga sejalan dengan tema yang diambil dalam kompetisi ini, yaitu Supporting Indonesia Digital Economy based on Small Medium Enterprises (SME) untuk Indonesia BRilian. BRI berharap kegiatan ini dapat memunculkan aplikasi-aplikasi yang menjawab permasalahan para pelaku UMKM, dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat umum yang ada di Indonesia.

BRI kembali Sosialisasikan Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) secara Online ke Kantor Cabang untuk Membantu Perluasan Implementasi Standar Open API

Meskipun BRIVA telah menjadi salah satu produk yang memiliki profitabilitas tinggi bagi bank BRI, namun BRIAPI terus berusaha meningkatkan optimalisasi pada layanan tersebut, salah satunya dengan menghadirkan sosialisasi terkait pengajuan BRIVA sesuai ketentuan SNAP untuk meningkatkan pemahaman pekerja BRI dalam proses onboarding pengajuannya. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang prima dan optimal bagi bagi seluruh mitra BRIAPI dan seluruh nasabah BRI di seluruh Indonesia

Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP): Urgensi Standar API bagi Perkembangan Open Finance di Indonesia

Penggunaan SNAP memiliki potensi yang baik untuk menjaga ekosistem pembayaran di Indonesia. Implementasi SNAP tidak hanya bermanfaat bagi pelaku usaha saja, tetapi juga dapat bermanfaat bagi nasabah. Selain itu, implementasi penggunaan dari SNAP juga beragam, mulai dari penyedia jasa pembayaran (PJP), perbankan, non-PJP, merchant yang meliputi UMKM hingga nasabah individual. Dengan adanya standardisasi ini,  pemerintah dapat melakukan pengawasan secara kontinu dalam mekanisme pembayaran di Indonesia untuk melindungi konsumen, nasabah, dan para penyelenggara dari kemungkinan cybercrime dan fraud. 

Dukung Eksistensi standar Open API pembayaran di lingkungan perbankan, BRIAPI adakan sosialisasi SNAP BI ke seluruh kantor wilayah kerjanya

BRI menyadari bahwa dalam mendukung perkembangan layanan SNAP BI di Indonesia, tidak hanya dilakukan dengan mengoptimalkan teknologi yang digunakan. Oleh karena itu, BRI juga melakukan optimalisasi terhadap sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan sosialisasi SNAP BI kepada para pegawai di lingkungan kantor wilayah kerjanya, khususnya kepada pegawai yang bersinggungan langsung dengan implementasi layanan SNAP BI pada level operasional.