Mulai Sekarang

BRIAPI adalah Application Programming Interfaces (API) yang dikembangkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. yang memudahkan integrasi antara layanan perbankan BRI dengan aplikasi atau website yang Anda miliki. Mulai petualangan Anda dengan BRI API. 

Register

Pertama-tama, Anda harus mendaftarkan diri ke website BRIAPI. Klik registrasi di pojok kanan atas homepage dan lengkapi data diri mulai dari Nama Depan, Nama Belakang, ID Pengguna, Email serta form registrasi yang mewajibkan Anda menyatakan bahwa Anda telah menyetujui Syarat dan Ketentuan yang berlaku.

Registration Form

Tunggu email aktivasi terkirim ke inbox Anda, kemudian ikuti tautan yang tersedia untuk melakukan aktivasi akun BRIAPI Anda.

Setting Password

Selamat, Anda selangkah lebih dekat dengan pengembangan BRI API

 

Buat Portal App

Anda akan mendapatkan key dan secret untuk menggunakan Sandbox BRI yang memungkinkan Anda membuat aplikasi pada web developer portal. 

Add New App

Kemudian klik "New App". Isi nama aplikasi dan biarkan Callback URL kosong. Pada contoh ini, kita bisa memilih inquiry-sandbox. Anda juga dapat mengubah dan menambahkan produk lain sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda dapat membuat portal app baru untuk mendapatkan key dan secret yang akan digunakan.Create App Form

Setelah itu, akan ada portal app baru yang terbentuk di menu My Apps. Klik nama aplikasi yang Anda buat untuk melihat detil terkait aplikasi.

App Detail

Penting untuk selalu mengingat Consumer Key dan Consumer Secret. key dan secret ini  karena akan dibutuhkan untuk mengakses Sandbox Environment Anda.

 

Coba API Request Pertama Anda

Langkah terakhir untuk memulai integrasi BRIAPI dengan aplikasi Anda. Semua endpoint di BRIAPI menggunakan REST-based dan format JSON. Kami merekomendasikan penggunaan Postman sebagai salah satu aplikasi untuk mencoba produk dari BRIAPI. 

Sebelum Anda memulai, mohon unduh Postman collection & environment. Impor file-file yang sudah terunduh ke Postman Anda

Import Collection Import Environment

Isi id_key dengan Consumer Key kemudiansecret_key dengan Consumer Secret Anda.

Input Key and Secret

Setelah mengimpor dan mengisikan key dan secret, Anda dapat memulai membuat request ke BRIAPI. Pertama-tama, panggil Get Token. Setiap endpoint BRIAPI akan mengecek token untuk menentukan Anda memiliki hak akses atau tidak.

Input Key and Secret

curl -X POST 'https://sandbox.partner.api.bri.co.id/oauth/client_credential/accesstoken?grant_type=client_credentials' \
    -H 'Content-Type: application/x-www-form-urlencoded' \
    -d 'client_id={{KEY}}&client_secret={{SECRET}}'

Jika anda menggunakan collection Postman yang sudah disediakan, yang perlu Anda lakukan hanyalah buka endpoint Get Token dan tekan ‘Kirim’. Anda akan mendapatkan informasi detail terkait akun BRIAPI Anda. Perhatikan pada variabel access_token yang berisi token untuk digunakan dalam setiap API request. Hal ini akan dijelaskan lebih detail di bagian Autentikasi.

 

Get Token example response:

{
    "refresh_token_expires_in": "0",
    "api_product_list": "[inquiry-sandbox]",
    "api_product_list_json": [
        "inquiry-sandbox"
    ],
    "organization_name": "bri",
    "developer.email": "furkorsan.gantheng@xyz.com",
    "token_type": "BearerToken",
    "issued_at": "1557891212144",
    "client_id": "8E20dpP7KtakFkShw5tQHOFf7FFAU01o",
    "access_token": "R04XSUbnm1GXNmDiXx9ysWMpFWBr",
    "application_name": "317d0b2f-6536-4cac-a5f0-3bc9908815b3",
    "scope": "",
    "expires_in": "179999",
    "refresh_count": "0",
    "status": "approved"
}

Kami juga menyediakan perintan Curl sebagai alternatif seandainya Anda tidak nyaman dengan Postman. Ganti {{KEY}} dengan Consumer Key dan {{SECRET}} dengan Consumer Secret. Abaikan tanda {{ dan }}.

Get Token

curl -X GET 'https://sandbox.partner.api.bri.co.id/v1/inquiry/888801000157508' \
    -H 'Authorization: Bearer {{TOKEN}}' \
    -H 'BRI-SIGNATURE: {{SIGNATURE}}' \
    -H 'BRI-TIMESTAMP: {{TIMESTAMP}}'

Anda dapat menggunakan Account Information setelah mendapatkan respon sukses dari Get Token. Masukkan token yang anda dapatkan ke Header Authorization. Jika anda menggunakan Postman collection Anda, semua akan selesai secara otomatis karena kami menambahkan beberapa script untuk mengotomasi proses tersebut. Tapi, jika anda menggunakan Curl, anda dapat copy dan paste secara manual pada token. Kami menyediakan potongan perintah curl di sebelah teks ini. Ganti{{TOKEN}} dengantoken yang Anda dapatkan dari Get Token request yang Anda buat sebelumnya. Ganti {{TIMESTAMP}} Anda dengan format waktu dalambentukISO8601 . Ganti{{SIGNATURE}} dengan tanda tangan yang dibuat berdasarkan algoritma Signature yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jangan lupa menghilangkan tanda{{ dan }}.

Account Information

Anda akan mendapatkan respon sukses jika anda memasukkan  tokensignature, dan timestamp yang valid. Untuk mempermudah implementasi, cukup gunakan Postman yang sudah kita sediakan sebelumnya.