Raih Peluang Transaksi Digital dengan Open API BRIAPI

10 November 2020

Open API Indonesia bantu pemilik bisnis raih peluang transaksi digital

Maraknya transaksi digital ikut menggerakkan tren Open API Indonesia. Saat ini, tuntutan transformasi digital semakin menguat akibat kondisi pandemi yang mengharuskan banyak aktivitas dilakukan secara virtual. Mulai dari proses pendidikan hingga kegiatan jual beli harus dilakukan secara daring.

Menurut Bank Indonesia (BI), di tahun 2021 Indonesia diperkirakan akan mencatat pertumbuhan transaksi digital yang semakin meroket, dengan percepatan yang signifikan dari transaksi perbankan digital dan e-commerce, karena pandemi COVID-19 mendorong konsumen untuk beralih berbelanja di platform digital.

BI memperkirakan, nilai transaksi e-commerce di tahun 2021 akan meningkat 33,2 persen year-on-year (yoy) menjadi Rp337 triliun (US$24 miliar) dari perkiraan Rp253 triliun pada 2020. Sementara itu, transaksi perbankan digital diperkirakan tumbuh 19,1 persen yoy menjadi Rp 32,2 kuadriliun pada 2021. Hal inilah yang kemudian mendorong tumbuhnya ekosistem Open API Indonesia.

Ekosistem Open API Indonesia

Open API BRIAPI menjadi bagian dari ekosistem Open API Indonesia

Meningkatnya jumlah transaksi digital yang telah dijabarkan di atas semakin menguatkan fakta bahwa nasabah tidak perlu mengunjungi kantor cabang atau ATM untuk sekadar melakukan transaksi. Oleh karena itu, institusi finansial seperti perbankan harus memberikan inovasi agar tidak kalah oleh perubahan zaman.

Open API adalah jawaban dari tantangan tersebut. Open API (Application Programming Interface) atau API Terbuka adalah suatu sistem yang memungkinkan terjadinya integrasi sistematis antara institusi finansial dengan pelaku usaha dengan sejumlah ketentuan. Dengan integrasi ini, transaksi digital dapat dilakukan langsung melalui aplikasi atau website bisnis yang Anda miliki.

Open API  memungkinkan bank untuk hadir lebih dekat dengan konsumen melalui integrasi ke berbagai aplikasi pihak ketiga sehingga konsumen akan merasakan kemudahan mengakses layanan perbankan yang dimilikinya.

BRIAPI, Open API dari BRI

Di BRI sendiri, pertumbuhan transaksi digital juga meningkat secara signifikan. Tercatat, rata-rata ada enam juta transaksi digital yang dilakukan oleh nasabah BRI setiap harinya.

Anda bisa dapat memanfaatkan peluang pertumbuhan transaksi digital ini untuk mengembangkan bisnis Anda dengan menggunakan Open API Bank BRI, BRIAPI

Dengan BRIAPI, konsumen bisnis Anda dapat melakukan transaksi dan mengakses informasi mengenai produk-produk BRI langsung dari aplikasi Anda. Anda bisa menghadirkan fitur pembayaran lewat virtual account BRIVA BRIAPI dan Direct Debit BRIAPI, fitur isi ulang saldo BRIZZI BRIAPI, hingga fitur pengecekan lokasi Kantor Cabang dan lokasi E-Channel BRI. Di sisi internal perusahaan, Anda dapat memanfaatkan open API BRI untuk memudahkan proses pengecekan saldo dan mutasi rekening bisnis, hingga melakukan transfer baik menuju rekening BRI maupun bank lainnya.

Di sisi tim pengembang teknologi informasi bisnis Anda, Open API BRI akan sangat membantu proses pengembangan aplikasi. Sebab, dengan Open API BRIAPI tim Anda  dapat melakukan pengujian integrasi lewat sandbox yang sudah disediakan oleh BRI sehingga proses integrasi antara BRIAPI dengan aplikasi Anda dapat terselesaikan dengan cepat hanya lewat empat langkah mudah yaitu Registrasi, Buat aplikasi, Verifikasi, dan Terintegrasi.

Hingga Maret 2021, sudah ada 225 partner yang terintegrasi dengan BRIAPI. Bisnis Anda pun dapat bergabung dengan 225 partner tersebut karena inilah saat yang tepat untuk bisnis Anda berkembang dengan cara meningkatkan transaksi digital bersama BRIAPI. Kedepannya, BRI juga akan selalu mengembangkan variasi produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis berbagai skala baik skala kecil, menengah maupun besar.