Studi Kasus

Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Universitas Dayanu Ikhsanuddin (UNIDAYAN) adalah universitas swasta pertama di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Didirikan pada 1982, UNIDAYAN juga menjadi perguruan tinggi swasta pertama di Pulau Buton yang mengelola Program Pascasarjana. Dengan 8 fakultas terbaik untuk mahasiswanya, UNIDAYAN menempati urutan pertama perguruan tinggi swasta terbaik di Provinsi Sulawesi Tenggara.  UNIDAYAN menjalin kerja sama dengan BRIAPI untuk menyediakan akses pembayaran penerimaan mahasiswa baru secara online. Terbukanya akses semakin memudahkan masyarakat Buton dalam melakukan transaksi perkuliahan. Dengan layanan BRIAPI, UNIDAYAN sukses meningkatkan persentase transaksi pembayaran mahasiswa hingga 100 persen.

Studi Kasus

Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kepahiang

Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kepahiang merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dibentuk pada tahun 2016 berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kepahiang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kepahiang. Sebelumnya, BKD Kabupaten Kepahiang bernama Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Kepahiang. BKD Kabupaten Kepahiang telah berhasil membuka layanan penerimaan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) secara online berkat BRIAPI. Sebagai lembaga yang melaksanakan urusan pemerintah daerah di bidang keuangan, kolaborasi BKD Kabupaten Kepahiang dengan BRIAPI mempermudah Wajib Pajak (WP) Kabupaten Kepahiang dalam menuntaskan kewajiban pajaknya.

Studi Kasus

DOKU Perluas Jangkauan Bisnis dan Dukung Ekosistem Ecommerce Melalui Integrasi BRIAPI

DOKU adalah pionir perusahaan pembayaran berbasis teknologi di Indonesia, dengan payment gateway sebagai pilar layanan utama dalam ekosistem pembayaran yang terintegrasi. Sebagai perusahaan B2B, DOKU telah mendukung beragam bisnis dari berbagai skala usaha sejak 2007. DOKU berkolaborasi dengan perusahaan, komunitas, hingga konsumen personal melalui produk-produknya. Bersama BRIAPI, DOKU sukses menjangkau area bisnis yang lebih luas, terutama setelah menyediakan kanal pembayaran BRI Virtual Account (BRIVA) dan BRI Direct Debit. Sebagai bisnis yang menghubungkan antara merchant dengan bank, kerja sama DOKU dengan BRIAPI turut membantu merchant DOKU karena mereka dapat menerima lebih banyak pelanggan, khususnya di wilayah-wilayah pelosok yang hanya memiliki akun BRI. 

Apa Itu API: Pengertian, Cara Kerja, hingga Manfaat API

24 Agustus 2021
Saat ini, semua kebutuhan manusia dapat dipenuhi hanya melalui satu perangkat: gadget. Ingin membeli tiket pesawat? Cukup akses aplikasi online travel agent melalui gadget Anda. Ingin membeli berbagai barang? Tinggal pilih saja di marketplace favorit Anda. Atau Anda ingin melakukan pembayaran online di outlet makanan favorit? Beragam platform e-wallet dapat menjadi pilihan. Hanya dalam beberapa klik, semua kebutuhan dan keinginan berada di tangan Anda.

Studi Kasus

BRIAPI Perkuat Shopee dengan Sistem Pembayaran yang Aman dan Nyaman

Sektor e-commerce Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang luar biasa. Berdasarkan laporan Google, total nilai e-commerce Indonesia diperkirakan akan mencapai US$82 Miliar (~Rp1,2 Quadriliun) pada tahun 2025. Besarnya peluang ini juga menjadikan kompetisi sengit antar e-commerce. Sehingga, e-commerce harus memberikan pelayanan terbaik, termasuk didukung oleh logistik hingga sistem pembayaran yang kuat. Hal itu lah yang diprioritaskan oleh Shopee, platform e-commerce nomor 1 di Indonesia yang mengutamakan online shopping experience yang mudah, aman, dan cepat. Shopee melalui PT Airpay International Indonesia, menghadirkan ShopeePay sebagai metode alternatif pembayaran dan salah satu layanan e-wallet yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Studi Kasus

BRIVA Lengkapi Pilihan Pembayaran untuk Pengalaman Belanja Ritel & Grosir Mudah di Indogrosir

Perilaku belanja masyarakat telah bergeser di masa pandemi, termasuk dalam belanja ritel dan grosir, dimana semua menjadi serba digital. Berdasarkan data Bank Indonesia, tercatat transaksi melalui e-commerce meningkat hingga 42%, sedangkan transaksi di toko fisik berkurang hingga 49%. Transaksi digital berperan penting untuk meningkatkan aktivitas perekonomian, terlebih dengan berbagai pembatasan aktivitas selama pandemi. 

Studi Kasus

Tunas Dwipa Matra Perlancar Tata Kelola Keuangan Real Time dengan BRIAPI

Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat kepemilikan sepeda motor tertinggi di dunia. Berdasarkan data AISI, ada lebih dari 80 juta sepeda motor di Indonesia atau rata-rata sekitar 85% rumah tangga di Indonesia memiliki setidaknya satu sepeda motor di rumahnya. Di antara banyaknya brand sepeda motor, brand Honda menjadi salah satu pemenang market share Indonesia.

Studi Kasus

BRIAPI Dukung Fintech Penyedia P2P Lending KUFI Mempercepat Penyaluran Pendanaan

Fintech P2P lending telah menawarkan inovasi baru berupa akses yang cepat dan mudah bagi masyarakat terhadap pendanaan. Terlebih di tengah pandemi dimana mulai dari individu hingga bisnis UMKM membutuhkan pendanaan lebih untuk dapat bertahan. Kelancaran proses pinjaman mulai dari permohonan hingga pencairan pinjaman menjadi sangat vital. Karena itu lah, BRIAPI menyediakan berbagai macam API yang dapat mempercepat proses interlink antara perbankan dengan fintech, sehingga mendukung percepatan layanan kepada para peminjam.

Studi Kasus

Mendukung Pembayaran Sistem Penerimaan Negara Mitra Pajakku melalui BRIAPI

“BRIAPI sangat mempermudah proses integrasi sistem pembayaran digital. Kami mengimplementasikan berbagai API transaksional BRIAPI untuk memperkaya sistem pembayaran digital dalam aplikasi kami, terutama untuk pembayaran dalam portal MPN G3 (Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga).”  Mitra Pajakku

Studi Kasus

Hadirkan Kemudahan Pembayaran Biaya Pendidikan dengan BRIAPI

Pendidikan formal merupakan suatu hal yang penting untuk dijalani oleh anak, karena hal tersebut menjadi menjadi faktor utama yang akan menentukan karakter, pengetahuan, serta keterampilan yang dikuasai oleh anak ketika mereka telah beranjak dewasa. Oleh karena itu, segala aspek yang terlibat dalam kelancaran pendidikan formal anak tidak boleh luput dari perhatian orang tua, salah satunya adalah pembayaran biaya pendidikan anak.