Studi Kasus

Mendukung Pembayaran Sistem Penerimaan Negara Mitra Pajakku melalui BRIAPI

“BRIAPI sangat mempermudah proses integrasi sistem pembayaran digital. Kami mengimplementasikan berbagai API transaksional BRIAPI untuk memperkaya sistem pembayaran digital dalam aplikasi kami, terutama untuk pembayaran dalam portal MPN G3 (Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga).” 

  • Mitra Pajakku

Pembayaran penerimaan negara secara digital oleh Mitra Pajakku didukung oleh BRIAPI.

Kelancaran arus penerimaan negara, baik dari pajak dan nonpajak, merupakan hal yang vital bagi negara yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan seperti Indonesia. Di sisi lain, penerimaan negara juga berperan penting dalam mengatur pertumbuhan ekonomi hingga kepentingan umum.

Pemerintah saat ini melalui Direktorat Jenderal Pajak Indonesia (DJP) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) telah mendigitalisasi proses sistem pembayaran untuk memaksimalkan penerimaan negara melalui portal MPN G3 (Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga). Portal ini memberikan kemudahan bagi warga negara penyetor untuk dapat melakukan pembayaran untuk seluruh jenis penerimaan negara dengan single sign-in, dan dapat melayani hingga 1,000 transaksi penyetoran per detik.

Sebagai mitra resmi DJP, Mitra Pajakku bekerja sama dengan BRIAPI untuk melengkapi dan mempermudah pembayaran dalam MPN G3 melalui e-wallet, transfer bank, hingga virtual account.

API yang digunakan:

  • Direct Debit
  • BRIVA
  • Transfer Antar Rekening BRI
  • Transfer ke Bank Lain

Selain penerimaan pajak, BRIAPI juga mendukung kelancaran pembayaran untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) seperti perpanjangan SIM hingga pembayaran e-tilang.

debit

Fitur pembayaran yang menghubungkan aplikasi Anda dengan kartu debit BRI
Brizzi

Uang elektronik pengganti uang tunai yang berfungsi sebagai alat pembayaran yang bisa dipakai untuk membayar transaksi belanja di aplikasi Anda
BRIVA

Kode unik untuk pembayaran pembelanjaan langsung di aplikasi Anda