Studi Kasus

DOKU Perluas Jangkauan Bisnis dan Dukung Ekosistem Ecommerce Melalui Integrasi BRIAPI

DOKU berkolaborasi dengan BRIAPI untuk menghadirkan layanan BRI

Mengenal DOKU

DOKU adalah pionir perusahaan pembayaran berbasis teknologi di Indonesia, dengan payment gateway sebagai pilar layanan utama dalam ekosistem pembayaran yang terintegrasi. Sebagai perusahaan B2B, DOKU telah mendukung beragam bisnis dari berbagai skala usaha sejak 2007. DOKU berkolaborasi dengan perusahaan, komunitas, hingga konsumen personal melalui produk-produknya.

Bersama BRIAPI, DOKU sukses menjangkau area bisnis yang lebih luas, terutama setelah menyediakan kanal pembayaran BRI Virtual Account (BRIVA) dan BRI Direct Debit. Sebagai bisnis yang menghubungkan antara merchant dengan bank, kerja sama DOKU dengan BRIAPI turut membantu merchant DOKU karena mereka dapat menerima lebih banyak pelanggan, khususnya di wilayah-wilayah pelosok yang hanya memiliki akun BRI. 

Tantangan

Menurut Chief Innovation Officer DOKU Rudianto Thong, hanya satu masalah utama yang ingin diselesaikan DOKU sejak berdiri pada 2007: sistem pembayaran. Di tahun tersebut, sistem pembayaran secara online masih belum umum di Indonesia. Lantas, DOKU berusaha menyediakannya melalui sistem payment gateway.

Saat ini, DOKU mulai melihat permasalahan tersebut melalui helicopter-view dan meyakini bahwa sistem pembayaran di Indonesia masih berkutat di cara-cara konvensional seperti pembayaran tunai maupun transfer manual. Padahal, sistem pembayaran konvensional memiliki banyak kekurangan yang sebenarnya bisa diantisipasi dengan sistem pembayaran non-tunai (cashless).

Oleh karena itu, DOKU berupaya menyediakan pilihan sistem pembayaran yang lebih mudah sekaligus efisien melalui tiga pilarnya: Payment Gateway, Transfer Services, dan Collaborative Commerce (C-Commerce). Ketiganya membangun ekosistem pembayaran digital yang holistik bagi pemilik usaha, mulai dari skala enterprise hingga personal seller

Solusi

DOKU terintegrasi dengan API transaksional dan informasional BRIAPI

Berpegang pada tiga pilar bisnisnya, DOKU berupaya menciptakan ekosistem pembayaran digital tersebut melalui integrasi dengan BRIAPI untuk menghadirkan layanan BRI. DOKU menggunakan BRIAPI sejak 2020 dengan BRIVA sebagai produk pertama yang terintegrasi dengan DOKU. Layanan BRIVA kini menjadi produk BRI dengan penggunaan paling besar bagi DOKU karena memberikan opsi pembayaran terbaik bagi merchant DOKU maupun konsumen merchant, khususnya mereka yang merupakan nasabah BRI. 

Selain API BRIVA, DOKU juga memakai layanan API transaksional lain berupa API Direct Debit dan API Transfer Antar Rekening BRI. Ketiganya membuka peluang DOKU dalam menjalin kemitraan dengan merchant di berbagai wilayah, khususnya di pelosok Indonesia. Apalagi, dengan jumlah nasabah BRI yang mencapai 70 juta di seluruh Tanah Air, peluang tersebut semakin terbuka lebar. 

Di sisi lain, proses menerima dan meneruskan pembayaran saja tidaklah cukup. Perlu ada proses rekonsiliasi atau pencocokkan saldo antara catatan akuntansi entitas untuk akun kas dengan kesesuaian informasi pada laporan bank. 

Untuk itulah, DOKU turut memanfaatkan API informasional dari BRIAPI berupa API Informasi Mutasi dan API Informasi Rekening agar rekonsiliasi berjalan secara otomatis. Kedua produk tersebut berhasil memangkas proses manual dalam rekonsiliasi di DOKU sehingga memudahkan sekaligus mempercepat alur kerja perusahaan. 

Proses Integrasi

“Fitur yang ada di BRIAPI terbilang lengkap. Semua dokumen terkait teknis dan integrasi sudah tersedia di dokumentasi,” ucap Rudianto mengenai kesan pertamanya saat DOKU terintegrasi dengan BRIAPI. Hal ini memang menjadi keunggulan BRIAPI yang sudah menyediakan semua yang dibutuhkan penggunanya dalam satu dashboard.

Dokumentasi yang lengkap ini membuat DOKU dapat terintegrasi ke BRIAPI lebih cepat dibanding ke API bank-bank lain. Dengan sistem Open API, BRIAPI memberikan kesempatan kepada DOKU sebagai perusahaan fintech untuk melakukan integrasi secara system to system demi memperoleh manfaat maksimal dari produk-produk BRIAPI. 

Dari sisi teknis, Rudianto juga menggarisbawahi standar keamanan BRIAPI yang telah tersertifikasi PA-DSS (Payment Application Data Security Standard) dan ISO:27001. Sebagai aggregator yang membantu mendaftarkan merchant-nya ke BRI, DOKU memperoleh manfaat maksimal dari standar keamanan terkini BRIAPI yang memastikan keamanan data pribadi dan keuangan pelanggan dalam setiap transaksi. Lagi-lagi, semua benefit tersedia dalam satu dashboard BRIAPI. 

Pada akhirnya, kelengkapan fitur yang terpusat di satu tempat beserta jaminan keamanan turut menggaransi kepercayaan antara DOKU dengan BRIAPI. Persis seperti cara pandang DOKU: “kemitraan bermula dari sebuah kepercayaan.” 

Visi Bersama BRIAPI

DOKU memiliki visi bersama BRIAPI menuju cashless society 2025

Ke depannya, DOKU memiliki visi untuk mengaktifkan semua orang agar bisa melakukan pembayaran secara online. Hal ini sebagai upaya konkrit DOKU dalam mendukung visi cashless society milik Bank Indonesia yang tertuang dalam Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025. Sejalan dengan visi tersebut, DOKU pun akan memaksimalkan penggunaan berbagai layanan BRIAPI sebagai salah satu mitra terpercaya. 

Dengan BRIAPI, DOKU sukses memangkas banyak proses operasional manual. Namun, mereka tidak mau menikmati kemudahan tersebut sendirian. Sebagai jembatan antara BRI dan para penjual, DOKU selalu berupaya menjalin hubungan win-win solution dengan mitranya. Ini karena sebenarnya, para mitra DOKU pun ingin memotong biaya operasional dan risiko-risiko lain dari sistem pembayaran manual yang bisa diantisipasi dengan penggunaan BRIAPI. 

“Kami berusaha untuk mereplikasi kisah sukses kami bahwa ‘semua tidak perlu manual’. Perlahan tapi pasti, kami mentransfer ilmu yang kami punya kepada mitra-mitra kami, para merchant. Semua akan serba otomatis demi mendukung visi cashless society 2025,” ujar Rudianto. 

Lantas, visi tersebut menjadi kekuatan tidak hanya bagi DOKU, tetapi bagi seluruh pemain di industri sistem pembayaran. “Visi kita harus sama, yakni membantu Indonesia menuju cashless society. It’s a strong vision and very hard to do, but not impossible.” 

“Kami yakin bisa menuju ke sana, salah satunya dengan terus berkolaborasi bersama BRIAPI.” 

debit

Fitur pembayaran yang menghubungkan aplikasi Anda dengan kartu debit BRI
Brizzi

Uang elektronik pengganti uang tunai yang berfungsi sebagai alat pembayaran yang bisa dipakai untuk membayar transaksi belanja di aplikasi Anda
BRIVA

Kode unik untuk pembayaran pembelanjaan langsung di aplikasi Anda