Permudah Transaksi Digital Dengan API BRIVA dari BRIAPI

10 November 2020

Hindari proses transaksi berbelit dengan API BRIVA dari BRIAPI.

Pembayaran melalui transfer bank secara manual seringkali merepotkan bagi para pengusaha maupun pelanggan. Di sisi pelanggan, mereka harus melakukan konfirmasi setelah menyelesaikan pembayaran dengan mengirimkan bukti transfer fisik atau screenshot mobile banking mereka. Para pemilik usaha juga harus kembali melakukan pencocokan transaksi secara manual. 

Selain prosesnya yang terlalu panjang, transfer bank secara manual juga dapat menimbulkan isu keamanan data karena rekening pengusaha akan ditampilkan secara gamblang di internet, sehingga rawan disalahgunakan. Transfer manual juga dapat meningkatkan peluang terjadinya human error karena pebisnis harus melakukan pengecekan transaksi secara manual.

Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa menerapkan penggunaan BRI Virtual Account atau BRIVA. Virtual account sendiri merupakan nomor rekening yang tidak benar-benar nyata (virtual), dibuka oleh bank atas permintaan suatu perusahaan untuk kebutuhan transaksi konsumen dari perusahaan tersebut. 

Penggunaan Virtual Account ini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan transfer secara manual. Sebagai contoh, Virtual Account dapat mendeteksi pembayaran otomatis, dimana setiap pembayaran yang masuk melalui Virtual Account akan diterima dan dideteksi secara real time oleh sistem tanpa perlu dikonfirmasi secara manual. Di samping itu, Virtual Account juga akan membuat keseluruhan proses transaksi menjadi lebih sederhana, karena pembayaran bisa dilakukan cukup dengan beberapa klik saja.

Anda bisa mengimplementasikan penggunaan Virtual Account BRI dengan mudah pada bisnis digital Anda dengan memanfaatkan produk open banking BRI atau BRIAPI (BRI Application Programming Interface). Dimana salah satu produk yang terdapat didalamnya adalah API BRIVA. Dengan menggunakan API ini, Anda bisa menjadikan aktivitas perbankan lebih cepat, praktis, modern, dan dapat diandalkan.