Tren Sistem Pembayaran Online Hingga e-Wallet untuk Pengembangan Bisnis

2 September 2021
Perputaran ekonomi digital yang terus meningkat membuat bisnis online terutama di marketplace kian menjanjikan. Bank Indonesia telah memproyeksikan transaksi daring melalui marketplace akan tumbuh hingga 33,2% di 2021. salah satu faktor pertumbuhan ini adalah kehadiran Open API untuk support marketplace yang memudahkan pebisnis dalam menyediakan sistem pembayaran online di marketplace pilihan mereka. Lebih lanjut, data dari BI tersebut juga menunjukkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang berpotensi besar di sektor ekonomi digital. Menurut riset Google, Temasek dan Bain yang berjudul E-conomy SEA 2019, nilai ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan mencapai angka US$130 Miliar pada tahun 2025. Ditambah lagi, menurut Bank Indonesia, nilai transaksi digital akan mengalami pertumbuhan double digit dengan e-commerce meningkat 33,2% dan perbankan 19,1% year-on-year pada tahun ini.

Tiga Hal yang Harus Bisnis Anda Lakukan di Era Digital

24 Agustus 2021
Tak bisa dipungkiri lagi, digital disruption akibat Revolusi Industri 4.0 memberikan dampak bagi bisnis lintas industri. Digital disruption yang secara harfiah berarti ‘gangguan digital’ benar-benar menimbulkan kondisi baru bagi bisnis akibat mudahnya akses dan arus informasi mengalir lewat platform digital. Tak sampai disitu, serangan pandemi COVID-19 di tahun 2020 juga seakan-akan semakin memaksa kita untuk mentransformasi bisnis menjadi lebih siap menghadapi era digital. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk mentransformasi bisnis Anda demi menyambut era digital:

Langkah Strategis BRI untuk Ciptakan Inklusi Finansial

2 Agustus 2021
Inklusi keuangan merupakan sebuah kondisi dimana setiap masyarakat memiliki akses untuk menjangkau berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas, tepat waktu, lancar, dan aman dengan biaya terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Berdasarkan Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, indeks inklusi keuangan Indonesia berada di angka 76,19%. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 8,39% jika dibandingkan dengan 3 tahun sebelumnya. Kenaikan indeks inklusi keuangan ini tentunya menjadi pertanda positif terkait pemerataan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Tiga Faktor Kunci Kesuksesan Bisnis E-Commerce

2 Agustus 2021
Seiring dengan bertumbuh pesatnya angka pengguna Internet di Indonesia, jumlah pengguna e-commerce juga mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Menurut data yang dirilis oleh GlobalWebIndex tahun 2019, Indonesia merupakan negara dengan tingkat adopsi e-commerce tertinggi di dunia. Dimana sebanyak 90% dari pengguna internet berusia 16-64 tahun sudah pernah berbelanja secara online. Menurut McKinsey, nilai kapitalisasi pasar e-commerce Indonesia akan mencapai nilai USD 40 miliar pada tahun 2022. Hingga tahun 2020 ini, setidaknya telah ada 50 platform e-commerce di Indonesia.  Bahkan, pengguna aktif salah satu e-commerce telah mencapai angka 90 juta. Untuk dapat mengikuti kesuksesan bisnis e-commerce, berikut 3 hal yang harus Anda perhatikan untuk kesuksesan bisnis e-commerce:

Cara Paling Efektif Memantau Nilai Kurs untuk Bisnis Anda

2 Agustus 2021
Berbeda dengan perdagangan dalam negeri yang hanya menggunakan satu mata uang, sebuah bisnis yang telah menembus pasar internasional diharuskan untuk memantau nilai kurs dari negara yang sedang menjalani hubungan dagang dengan bisnisnya. Dikarenakan, nilai mata uang asing kerap kali mengalami fluktuasi setiap harinya. Ada saatnya rupiah mengalami penguatan dibanding dengan mata uang lain atau yang disebut apresiasi, dan ada pula saatnya rupiah melemah dibanding dengan mata uang lain atau yang disebut depresiasi Dengan perkembangan internet dan dunia digital yang sangat pesat, proses pengecekan nilai kurs mata uang asing juga semakin mudah. Anda bisa memantau nilai kurs ini dengan beberapa cara melalui internet, berikut tiga diantaranya:

Kembangkan Bisnis Anda dengan Menjangkau 70 Juta Nasabah BRI Bersama BRIAPI

2 Agustus 2021
BRI kembali diakui sebagai bank kelas dunia dengan menduduki urutan 112 bank terbaik di dunia dan menjadi bank nomor satu se-Indonesia dalam daftar “1000 Bank Terbaik Dunia Tahun 2020” yang dikeluarkan oleh The Banker. Peringkat ini dinilai berdasarkan angka pertumbuhan, keuntungan, kualitas aset, efisiensi kegiatan operasional, nilai return on risk, likuiditas, dan lain-lain. Kualitas BRI ini juga diakui oleh 70 juta nasabah BRI yang tersebar di seluruh Indonesia, baik di kota-kota besar maupun di pelosok daerah yang belum terjangkau oleh bank lainnya. Hingga saat ini, jumlah nasabah BRI tersebut membuat BRI menjadi bank dengan jumlah nasabah terbanyak se-Indonesia.

7 Keuntungan Transaksi Online Untuk Pemilik Bisnis

28 Juli 2021
Transaksi online adalah hal yang umum dilakukan di era digital. Hal ini tak dapat dipungkiri karena pandemi telah mempercepat proses digitalisasi di segala bidang termasuk bisnis. Di saat mobilitas masyarakat semakin terbatas, transaksi online menjadi pilihan untuk memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari kebutuhan primer seperti makanan, minuman, dan perlengkapan rumah tangga lainnya hingga ke kebutuhan tersier seperti belanja gadget, otomotif, atau pun hobi lainnya.

Tingkatkan Nilai Transaksi Bisnis Anda dengan Sistem Pembayaran Online BRIAPI

28 Juli 2021
Di masa pandemi, sistem pembayaran online adalah fitur mutlak yang harus Anda berikan kepada konsumen. Hal ini karena konsumen lebih memilih berbelanja online dibanding datang langsung ke toko. Bank Indonesia (BI) melaporkan selama pandemi jumlah transaksi lewat medium digital terus tumbuh. Tercatat, nilai transaksi digital banking telah mencapai Rp 2.774,5 Triliun. Ini artinya nilai transaksi digital banking meningkat sebesar 13,91% per Desember 2020.

BRI Jamin Keamanan Open Banking dengan BRIAPI

8 Desember 2020
Sebagai bank nomor satu di Indonesia, BRI turut serta dalam mewujudkan cetak biru Sistem Pembayaran Indonesia 2025 melalui pengembangan open banking dengan menghadirkan BRIAPI. Langkah ini diambil sebagai perwujudan pemanfaatan teknologi digital dan data untuk mendukung bisnis keuangan. Salah satu langkah pengembangan open banking yang dilakukan BRI adalah dengan mengembangkan layanan open API yaitu BRIAPI. Open API adalah sebuah sistem yang dapat memberikan akses data dan informasi keuangan nasabah melalui Application Programming Interface (API) kepada pihak ketiga yaitu pelaku bisnis yang telah memiliki izin dari nasabah.

Raih Peluang Transaksi Digital dengan Open API BRIAPI

10 November 2020
Maraknya transaksi digital ikut menggerakkan tren Open API Indonesia. Saat ini, tuntutan transformasi digital semakin menguat akibat kondisi pandemi yang mengharuskan banyak aktivitas dilakukan secara virtual. Mulai dari proses pendidikan hingga kegiatan jual beli harus dilakukan secara daring. Menurut Bank Indonesia (BI), di tahun 2021 Indonesia diperkirakan akan mencatat pertumbuhan transaksi digital yang semakin meroket, dengan percepatan yang signifikan dari transaksi perbankan digital dan e-commerce, karena pandemi COVID-19 mendorong konsumen untuk beralih berbelanja di platform digital.