Terms and Conditions

admin's picture

I. Terms and Conditions (Akses ke Sandbox BRI API)

Ketentuan Penggunaan Web BRI API & Sandbox

Terima kasih telah mengunjungi BRI API. Terlebih dahulu kami jelaskan hal-hal sebagai berikut :
1. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk selanjutnya disebut “Bank BRI”
2. Website Application Programming Interface selanjutnya disebut “Layanan BRI API”
3. Pengunjung atau pengguna Layanan BRI API selanjutnya disebut “Client”
Demi keamanan dan kenyamanan, Bank BRI telah menyiapkan beberapa ketentuan penggunaan Layanan BRI API bagi Client melalui https://developer
s.bri.co.id

Tentang Ketentuan Penggunaan

Client wajib membaca ketentuan penggunaan dengan seksama sebelum menggunakan Layanan BRI API. Ketentuan penggunaan ini berlaku untuk semua Client baik individu maupun perusahaan yang mengakses atau menggunakan BRI API. Dengan mengakses atau menggunakan Layanan BRI API, berarti Client setuju untuk mematuhi seluruh ketentuan pengunaan ini.

Penggunaan Layanan Oleh Client Perusahaan atau Badan Usaha

Dalam hal penggunaan Layanan dilakukan oleh pihak yang ditunjuk atau wakil dari Client yang berbentuk perusahaan atau badan hukum lainnya, maka Client menyatakan dan menjamin bahwa perwakilan yang ditunjuk memiliki wewenang untuk bertindak untuk dan atas nama perusahaan Client.

Pendaftaran

Untuk mengakses dan menggunakan fitur-fitur Layanan BRI API, Client wajib memberikan informasi identitas yang valid dan menjamin bahwa setiap informasi pendaftaran yang diberikan kepada Bank BRI adalah data valid serta ter-update. Client wajib segera menginformasikan kepada Bank BRI apabila terjadi perubahan pada data Client.
Pendaftaran akses Sandbox dapat dilakukan melalui web (portal BRI API) sementara untuk akses Production harus mengisi dan menandatangani formulir yang telah disediakan dan mengirimkan ke Divisi Terkait.

Kepatuhan dengan Hukum

Client dan / atau pihak yang mewakilinya wajib mematuhi ketentuan penggunaan dan ketentuan hukum terkait lainnya yang berlaku. Client tidak diperkenankan menggunakan Layanan BRI API untuk perbuatan ilegal dan serta melanggar hukum. Penggunaan Layanan BRI API tunduk pada ketentuan dan peraturan perundang-undangan Negara Republik Indonesia yang berlaku.

Akses Sandbox BRI API

Sandbox BRI API merupakan bagian dari Layanan BRI API, Sandbox digunakan untuk menguji dan memverifikasi antara pengguna dan database pemilik Layanan BRI API (dummy database). Client hanya diperkenankan mengakses Sandbox BRI API melalui tata cara yang telah dijelaskan pada dokumentasi website BRI API. Client wajib menggunakan data yang diperoleh dari Bank BRI sesuai dengan hak dan kewenangan yang dimiliki, serta menjaga kerahasiaan data tersebut. Client tidak diperkenankan menutup dan/atau menyembunyikan identitas dalam bentuk apa pun ketika menggunakan Sandbox BRI API.

Data Sandbox BRI API

Client mengetahui dan menyetujui bahwa data yang diakses melalui Sandbox BRI API adalah informasi yang bersifat dummy (bukan data sebenarnya). Bank BRI berhak untuk mengubah dan/atau menghapus data tersebut sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Pembatasan Sandbox BRI API

Bank BRI berhak menentukan batas penggunaan BRI API pada masing-masing Client, misalnya jenis dan jumlah transaction per second (TPS) yang dapat diakses. Apabila Client ingin menggunakan jenis Layanan dan jumlah TPS melebihi batas yang telah ditentukan, maka Client dapat menghubungi tim support BRI API briapi@work.bri.co.id. Sehubungan dengan hal tersebut, Client menyetujui atas pembatasan dimaksud dan tidak akan mencoba untuk mengakses hal-hal diluar Layanan yang tersedia sebagaimana yang tecantum pada dokumentasi masing-masing Layanan BRI API.

Monitoring

Client mengetahui dan menyetujui bahwa Bank BRI memiliki hak untuk mengakses dan memonitoring akun Client dalam rangka menjaga keamanan dan kualitas Layanan atau hal lainnya yang dapat mempengaruhi kegiatan operasional Bank BRI. Dengan pertimbangan dan alasan tersebut Bank BRI berhak untuk menghentikan akses akun Client dan menghapus akun tersebut.

Larangan

Dalam menggunakan Layanan BRI API, Client dilarang :

  1. Mengalihkan hak dan kewenangan penggunaan Layanan BRI API kepada pihak lain dengan caraapa pun.
  2. Membuat Layanan API yang berfungsi sama dengan BRI API dan menawarkannya untuk digunakanoleh pihak lain manapun.
  3. Melakukan tindakan dengan maksud mengganggu kegiatan operasional dan/atau Layanan BRI API dengan virus, worm, trojan, spyware, malware ransomware atau dengan cara apapun yang bersifat merusak.
  4. Mengganggu operasional dan Layanan BRI API dengan menggunakan cara dan bentuk apapun.

Dalam hal Client melakukan hal – hal yang dilarang tersebut di atas, maka segala kerugian yang  diderita oleh Bank sebagai akibat dari dilakukannya larangan oleh Client akan menjadi tanggung jawab Client, dan Bank berhak untuk mengambil langkah – langkah hukum atas terjadinya pelanggaran larangan oleh Client.

Pemberhentian

Bank BRI dengan pertimbangan tertentu berhak untuk mengakhiri dan/atau memberhentikan akses Client ke Layanan BRI API. Setelah Bank BRI mengakhiri dan/atau memberhentikan akses Client ke Layanan BRI API, Client harus segera menghapus cache atau konten yang disimpan.

Pembatasan Tanggung Jawab

A. Bank BRI tidak bertanggungjawab atas hal-hal sebagai berikut :

  1. Tuntutan dari pihak ketiga akibat hilangnya keuntungan, pendapatan dan atau akibat penggunaan Layanan BRI API
  2. Segala beban dan kerugian baik langsung maupun tidak langsung akibat dari penggunaan Layanan BRI API oleh Client.

B. Client wajib bertanggung jawab dan membebaskan Bank BRI, Direktur, Komisaris dan karyawan BRI terhadap semua kewajiban, kerusakan, kerugian, biaya (termasuk biaya hukum) dan biaya lain yang berkaitan dengan segala tuduhan dari pihak lain yang mungkin timbul akibat antara lain:

  1. Penyalahgunaan penggunaan Layanan oleh Client atau pengguna akhir Client; dan/atau
  2. Pelanggaran ketentuan penggunaan oleh Client atau pengguna akhir Client

Tentang Penggunaan Promosi dan Pemasaran

Untuk mempromosikan, memasarkan, atau menunjukkan Layanan yang digunakan, Bank BRI dapat memproduksi dan mendistribusikan antara lain gambar, foto, video dan kontent lainnya terkait nama, merk/logo serta tagline perusahaan Client. Dengan ini Client memberikan kepada Bank BRI semua hak dan persetujuan yang diperlukan untuk tujuan sebagaimana dimaksud di atas.

Penambahan dan Perubahan Aturan

Bank BRI berhak untuk mengubah dan/atau menambah ketentuan penggunaan Layanan BRI API, hal – hal yang tidak dan belum diatur pada ketentuan ini akan disampaikan oleh Bank BRI melalui sarana apapun dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Hubungi kami
PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk
briapi@work.bri.co.id